Pengembangan Infrastruktur Berdampak Positif Bagi PT Jababeka

Oleh : Herry Barus | Kamis, 30 Maret 2017 - 14:46 WIB

Kawasan Industri Jababeka (Istimewa)
Kawasan Industri Jababeka (Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Kebijakan pemerintah menggenjot pengembangan infrastruktur akan berdampak positif bagi PT Jababeka Tbk (KIJA) dan mendatangkan banyak investor baru ke kawasan industri.

"Langkah pemerintah menggenjot pembangunan infrastruktur akan memberi stimulus kepada para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Kami optimis, meskipun ekonomi global belum pulih sepenuhnya, jumlah investor yang akan masuk ke Tanah Air semakin banyak," kata Direktur PT Jababeka, Sutedja S Darmono kepada awak media  di Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Sejak beroperasi pada 1989, kawasan industri Jababeka telah melayani 1.650 perusahaan lokal dan multinasional dengan total pekerja mencapai 730.000 orang.

"Rencana pengembangan jalan tol layang Cikampek, pembangunan kereta cepat, dan kereta ringan akan memudahkan akses transportasi investor yang berinvestasi di kawasan industri Jababeka," papar Sutedja.

Saat ini, lanjut Sutedja, kehadiran perusahaan-perusahaan besar seperti Mattel, Unilever, Samsung, L'Oreal, KAO, AkzoNobel, Kawan Lama telah berkontribusi meyakinkan investor baru untuk menanamkan modal di Indonesia.

"Pengembangan dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan progress yang sangat baik bagi kawasan industri Jababeka. Pembangunan infrastruktur menjadi kunci perkembangan kawasan industri Jababeka, apalagi infrastruktur dalam kawasan dikembangkan secara inhouse, seperti pembangkit listrik berdaya 130 megawatt (MW) yang dikelola oleh PT Bekasi Power, anak usaha PT Jababeka," ujarnya.

Selain pembangkit listrik, Jababeka juga mengembangkan fasilitas logistik yang melayani kegiatan ekpor-impor selain distribusi domestik, yaitu Cikarang Dry Port.

Cikarang Dry Port merupakan yang pertama dan satu-satunya Kawasan Pelayanan Pabean Terpadu (KPPT) di Indonesia, yang memungkinkan aktivitas bea cukai ekspor dan impor dapat diselesaikan dalam kawasan industri Jababeka.

Sukses mengembangkan Kota Jababeka sebagai kota baru yang mandiri, yang mampu menjadi pemicu pergerakan ekonomi setempat. Kesuksesan inipun akan dilanjutkan dengan visi dan misi membangun 100 kota baru di Indonesia.

Lebih dari dua dekade silam, kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi lebih banyak dikenal sebagai kawasan penghasil batu bata. Puluhan lubang galian tanah untuk bahan baku batu bata, serta gubuk-gubuk produksi dan tempat pembakaran menjadi pemandangan lazim jika kita melintas di kawasan Cikarang, khususnya jika melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api dari arah Timur pulau Jawa.

Kini tak lagi galian bahan baku batu bata yang terlihat, namun sebuah kawasan industri plus hunian yang terus menggerakkan perekonomian kawasan dan sekitarnya. Perubahan kawasan dengan nilai ekonomi yang rendah menjadi kawasan penggerak perekonomian daerah tersebut, bolehlah dikatakan merupakan hasil kerja PT Jababeka Tbk.

Sejak berdiri tahun 1989, PT Jababeka Tbk terus membangun reputasinya sebagai pengembang kawasan industri terdepan dan terpercaya. Alhasil, Jababeka berhasil menjadi pengembang kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, dengan memiliki Kota Jababeka di Cikarang, Jawa Barat yang seluas 5,600 Ha, dan telah menjadi sebuah kota mandiri terintegrasi (full integrated township). Brand Jababekapun kini menjadi jaminan bagi para pemodal untuk menanamkan investasinya.

Adalah SD Darmono yang sangat berperan dan memiliki jasa besar melahirkan hingga membesarkan Jababeka menjadi seperti sekarang. Chairman dan Founder Jababeka tersebut kini tengah mengejar visi pengembangan 100 kota baru di seluruh Indonesia.

Menurut Darmono, Untuk mewujudkan visi tersebut, kemitraan menjadi sangatlah penting, menjadi Key Factor bagi suksesnya pengembangan suatu kota. Karena pengembangan kawasan adalah suatu hal yang sangat sulit karena sifatnya jangka panjang, penuh risiko dan padat modal.

28 tahun yang lalu bentuk usaha Jababeka adalah usaha Gotong Royong atau Arisan. Dimulai dari 21 pemegang saham. Dan sampai sekarang masih demikian apalagi sebagai perusahaan publik, pemegang sahamnya puluhan ribu orang, ujarnya kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta beberapa waktu lalu.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…