Wow Tiga Siswi SMA Ini Sulap Jantung Pisang Jadi Obat Diabetes

Oleh : Hariyanto | Rabu, 29 Maret 2017 - 15:39 WIB

Ketiga siswi SMA NU 2 Gresik mengolah jantung pisang (bg)
Ketiga siswi SMA NU 2 Gresik mengolah jantung pisang (bg)

INDUSTRY.co.id - Gresik, Ditangan tiga siswi SMA NU 2 Gresik, jantung pisang yang biasanya cuma dijadikan sayur tersebut bisa disulap jadi obat kencing manis (diabetes).

Ketiga siswi SMA NU 2 Gresik itu, yakni Juliana Rosyiida, Andhini Nindya Putri dan Reza Silvia, mampu meracik bunga jantung pisang menjadi minuman yang dapat menyembuhkan diabetes.

Minuman tersebut adalah teh bunga jantung pisang yang dikemas seperti teh yang ada di pasaran. Mereka mengklaim minuman yang mereka ciptakan mempunyai manfaat menyehatkan tubuh.

Juliana menjelaskan, pembuatan minuman yang bermanfaat bagi kesehatan itu bermula dari tugas sekolah. Tugas itu meminta kepada para siswa untuk mengubah bahan yang dianggap tidak berguna menjadi bahan yang bermanfaat. Julianan mengaku terinspirasi pada neneknya yang sering membuat sayur dari jantung pisang.

“Tetapi yang dipakai bagian yang menutupi bunga saja. Bunganya dibuang,” ujar Juliana kepada wartawan di SMA NU 2 Gresik, Senin (27/3/2017).

Kemudian, Juliana mengajak Andhini dan Reza untuk mengimplementasikan gagasannya. Ia lantas mencari tahu lewat internet kandungan yang ada pada jantung pisang. Diketahui, bunga jantung pisang mengandung protein, kalsium, vitamin A, B1, dan C, saponin, serta flavonoid.

Juliana menjelaskan, sebelum dikemas seperti kantung teh celup, bunga jantung pisang terlebih dulu direndam dalam air kapur sekitar satu jam. Hal itu dilakukan untuk menghilangkan getah yang terdapat pada bunga jantung pisang.

Setelah itu, bunga jantung dijemur di terik matahari selama dua hari hingga warnanya berubah agak kecoklatan. Kemudian, bunga disangrai menggunakan wajan hingga kering. Bunga lalu diblender sampai halus, dan dimasukkan ke kantung agar mudah dicelup.

“Keunggulan teh kami ini kandungan saponin dan flavonoid di dalamnya. Kedua zat ini mampu mengobati penyakit kencing manis. Saponin dan Flavonoid akan mengoptimalkan kerja hormon insulin yang akan mengubah glukosa dalam darah menjadi energi,” terang Julia.

Produk olahan bunga jantung pisang yang diberi nama Ocha Thungsang’ ini pernah dilombakan. Mereka meraih juara harapan I Creative Business Competition Business Model Canvas yang diselenggarakan Universitas Negeri Surabaya setahun lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.