Tahun Ini Target Penjualan United Tractors Capai 2.700 Unit

Oleh : Hariyanto | Rabu, 29 Maret 2017 - 11:44 WIB

United Tractors
United Tractors

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Hingga Februari lalu PT United Tractors Tbk (UNTR), penjualan Komatsu tercatat 534 unit atau tumbuh 53% dibanding penjualan periode yang sama tahun sebelumnya, sebanyak 348 unit.

"Target penjualan kami masih sama, sebanyak 2.700 unit untuk tahun ini. Tahun lalu penjualan alat berat mencapai 2.100 unit," kata Hubungan Investor United Tractors, Ari Setiyawan di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Terkait realisasi penjualan alat berat di dua bulan awal tahun ini, sebesar 39%, merupakan alat berat untuk sektor tambang. Porsi penjualan alat berat sektor tambang tersebut naik ketimbang kontribusi penjualan periode yang sama tahun lalu sebesar 20%.

Geliat penjualan alat berat di awal tahun tersebut membuat manajemen optimistis, bisa membukukan kenaikan penjualan 15% tahun ini. Adapun jenis alat berat yang dijagokan UNTR tahun ini adalah ekskavator, dump truck dan bulldozer.

Selain itu, geliat bisnis tambang mulai membawa hawa segar bagi produksi alat berat di dalam negeri. Meski belum berdampak signifikan, pengaruh kenaikan harga komoditas pertambangan tersebut berdampak positif ke penjualan alat berat sampai dengan Februari 2017.

Berdasarkan data Himpunan Alat Berat Indonesia (Hinabi), tren kenaikan permintaan alat berat terjadi di dua bulan pertama tahun ini sebesar 5%. Kenaikan penjualan terasa di sektor alat pertambangan.

Adanya geliat penjualan alat berat di sektor pertambangan tersebut menjadikan Hinabi optimistis, bisa mencapai target produksi tahun ini. Tahun ini Hinabi mematok produksi 4.200 unit, atau tumbuh 3,3% dibanding realisasi produksi tahun lalu sebanyak 4.066 unit.

Dari target produksi tersebut Hinabi berharap, penjualan alat berat dari sektor tambang bisa mencapai 30% atau 40%. Adapun tren kenaikan penjualan alat berat di dua bulan pertama tahun ini setidaknya terasa di luar Jawa, khususnya di wilayah Kalimantan. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…