Puluhan Lebih Wisman Kunjungi Sumenep

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 26 Maret 2017 - 12:04 WIB

Wisatawan Mancanegara Kunjungi ke Kabupaten Sumenep
Wisatawan Mancanegara Kunjungi ke Kabupaten Sumenep

INDUSTRY.co.id, Sumenep - Pariwisata yang terdapat di Indonesia semakin berkembang, dan banyak turis yang berdatangan. Pemerintah Kabupaten Sumenep, melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, tepat pada Sabtu, Kemarin (25/3/2017) menerima kunjungan wisaawan mancanegara.

Wisatawan mancanegara itu berasasal dari Eropa, dengan menggunakan Cruise Silver Sea. Lebih dari 60 wisatawan mancangera berlabuh di Sumenep melalui pelabuhan Kali Anget.

Melalui siaran persnya yang diterima Industry.co.id, I Nyoman Sudirman selaku Branch Manager Tour Operator Cruise Asia by Destiniton mengatakan, untuk tahun ini, pihak kami akan membawa tamu cruisenya sebanyak 10 kali ke Sumenep, dan kami selama ini sudah bekerjasama dengan dinas pariwisata Sumenep.

"Sumenep mempunyai daya tarik seni, budaya dan tradisi yang menarik, ternyata para wisatawanpun mengakui itu," ujarnya Sudirman, Sumenep, Sabtu (25/3/2017).

Kami menargetkan dari 10 kali kedatangan cruise ini ke Kabupaten Sumenep ini, nantinya akan dikunjungi 500 hingga 700 wisatawan cruise yang datangnya dari Bali.

Selama tiga jam wisatawan asal Eropa tersebut diajak untuk menikmati keindahan kesenian dan kebudayaan di Keraton Sumenep. Kemudian belanja souvenir dan dirakhiri dengan menyaksikan atraksi Karapan Sapi.

Wisatawan Cruise Silver Sea dari Brescia, Italia, Anna mengatakan, jika dirinya merasa di apresiasi sebagai wisatawan di Sumenep.

Anna pun menilai, bahwa kesenian dan kebudayaan di Sumenep sangat atraktif dan menarik.

"Sesampainya di Sumenep, saya disambut dengan dua tarian yang menurut saya spektakuler, dan sampai di Keraton pun kami disambut lagi dengan kesenian daerah yang begitu atraktif dan unik," ungkap Anna.

Saya merasa diapresiasi datang kesini. Jika saya kembali lagi ke Indonesia, saya pasti akan ke Sumenep, tegas Anna.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Sufiyanto mengungkapkan,  tahun 2017 ini Sumenep akan mendapat kunjungan sebanyak 11 cruise, tetapi, tahun 2016 hanya empat cruise, dengan wisatawan asing yang berasal dari Eropa, Amerika dan Australia.

"Cruise Silver Sea yang datang hari ini merupakan cruise yang kedua dari 11 cruise yang bakal datang ke Sumenep. Di bulan Maret ini kita sudah dua kali menerima wisatawan cruise. Sebelumnya pada tanggal 7/3/2017 sudah ada cruise yang berlabuh di Sumenep," kata Sufiyanto.

Pihak kami, akan memberikan tempat di Keraton Sumenep untuk menikmati jamuan makan siang, menikmati kesenian daerah, fasilitas transportasi dari pelabuhan dan pengamanan selama wisatawan tersebut di Sumenep.

"Dengan banyaknya wisman ini, kami menargetkan 3000 ribu kunjungan wisman ke Sumenep, dan untuk target tahun 2018 menjadi 10.000 ribu wisman. Sementara untuk wisnus pada tahun 2016, sebanyak 800.000 ribu dan tahun 2017, Kami menargetkan 1 juta wisnus," pungkas Sufiyanto

Di tahun ini, tour operator Cruise Asia by Destination Asia akan membawa beberapa cruise mewah lainnya seperti Coral Expedition, Caledonia Sky, Cruise Asia, Silver Sea, dan lainnya ke Sumenep.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…