Perum Jamkrindo Dukung Program Aksi Pangan di Payakumbuh

Oleh : Hariyanto | Minggu, 26 Maret 2017 - 11:40 WIB

Perum Jamkrindo Dukung Program Aksi Pangan di Payakumbuh (Rino/ INDUSTRY.co.id)
Perum Jamkrindo Dukung Program Aksi Pangan di Payakumbuh (Rino/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Payakumbuh, Perum Jamkrindo turut mendukung program AKSI (Akselerasi, Sinergi dan Inklusi) Pangan untuk sektor pertanian dan peternakan yang digagas oleh Otoritas Lembaga Jasa Keuangan (OJK). Hal ini merupakan wujud implementasi program 'Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat' yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Peluncuran ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo bersama dengan jajaran menteri dan juga Ketua Dewan Komisioner OJK dan juga jajaran pemerintah daerah Sumatera Barat.

Sebagai Lembaga pelaksana penjaminan resi gudang (LPP-SRG), Perum Jamkrindo mendapatkan tugas untuk melindungi hak Pemegang Resi Gudang dan/atau Penerima Hak Jaminan apabila terjadi kegagalan, ketidakmampuan, dan kebangkrutan Pengelola Gudang dalam menjalankan kewajibannya.

Dirut Perum Jamkrindo Diding S. Anwar mengatakan Jamkrindo ditunjuk  menjadi satu-satunya perusahaan penjaminan yang menjamin SRG.

"Kami berkomitmen untuk pemberdayaan UMKM dan Memelihara stabilitas dan Integritas Sistem Resi Gudang yang ada di seluruh Indonesia,  Jamkrindo siap mengakomodir penjaminan sistem resi gudang, penjaminan kredit beragun resi gudang," tutur Diding di Payakumbuh, Sumatera Barat, Jumat (24/3/2017).

Ia berharap, pemberian jaminan resi gudang mampu membantu meningkatkan kepercayaan  petani, poktan, gapoktan dan koperasi pada sistem resi gudang dan mempermudah petani, poktan, gapoktan dan koperasi para untuk dapat mengakses kredit dari Bank dengan beragun resi gudang. Disamping itu juga untuk meningkatkan daya saing petani, poktan, gapoktan dan koperasi sehingga mampu tumbuh menjadi usaha yang berkelanjutan dengan skala yang lebih besar.

“Dengan adanya sistem resi gudang maka akan mempercepat pengembangan sektor pertanian dan pemberdayaan petani, poktan, gapoktan dan koperasi. Untuk itu, penting kiranya adanya peningkatan akses pembiayaan dan mengembangkan petani, poktan, gapoktan dan koperasi kepada Lembaga Keuangan guna penanggulangan/pengentasan petani dari sistem ijon,” kata Diding.

Adapun komoditi yang bisa disimpan oleh pengelola gudang dalam rangka pelaksanaan SRG antara lain yaitu antara lain rotan, gabah, gambir, beras, teh, jagung, karet, rumput laut, kopi, kakao, timah, lada, kopra, dan garam.

Kredibilitas Jamkrindo sebagai lembaga penjaminan diakui dunia internasional. Dengan tagline Your TRUSTed Guarantee Partner, Jamkrindo mampu menembus produk usaha mikro kecil dan menengah-koperasi (UMKM-K) Indonesia ke pasar Amerika Latin.

Upaya  mengukuhkan sayap bisnis sekaligus mengimplementasikan SRG ini sudah mulai dilakukan dengan penjajakan berupa studi banding ke Bulgaria dan India.

Sebelumnya pada Agustus lalu Jamkrindo telah melakukan penandatangan Nota Kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) , PT POS dan PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI)  dalam rangka sinergi BUMN untuk meningkatkan kepakan sayap bisnis SRG.

Diding menjelaskan, pihaknya juga telah melakukan studi banding ke India dan Bulgaria itu untuk mengkaji tentang   manajemen SRG, yang secara kebetulan karakteristik  dua negara itu terutama India mirip  deernyata dalam pengelolaan SRG dilakukan oleh Pemerintah dan pihak swasta berjalan cukup bagus.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…