Presiden Segera Ganti Aparat Tidak Berikan Pelayanan Terbaik pada Pemilik KIS

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 25 Maret 2017 - 20:22 WIB

Presiden RI Joko Widodo
Presiden RI Joko Widodo

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) berhak atas layanan yang baik dan layak dari fasilitas kesehatan yang telah ditunjuk pemerintah.

Penegasan itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke Tapian Siri-siri Syariah, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Sabtu (25/3/2017) sebagaimana disampaikan Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis.

Presiden Joko Widodo bahkan secara langsung menegaskan pentingnya menjaga kualitas pelayanan mulai dari pelayanan administratif hingga kesehatan.

Bahkan Kepala Negara tidak segan untuk mengganti aparat yang tidak memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat pemilik KIS.

"Pak ini yang melayani jelek banget di rumah sakit ini, beritahu saya. Pasti saya peringatkan. Kalau masih juga belum baik nanti pasti saya ganti itu yang melayani, saya copot, saya ganti," ujar Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Kepala Negara juga meminta masyarakat menggunakan bantuan tersebut secara bijak dan tepat guna.

"Ini untuk keperluan sekolah, keperluan pendidikan, gizi anak, usaha boleh," ungkapnya.

Mengingat besarnya manfaat yang dirasakan masyarakat, pemerintah berkomitmen terus memberikan bantuan tersebut pada masa mendatang.

"Ini akan terus kita pantau, akan kita lihat, kalau bagus akan kita tingkatkan lagi. Setiap tahun ada terus baik KIP, PKH, ada semuanya," ucap Presiden.

Berbagai program itu diterapkan Pemerintah sebagai upaya memenuhi kebutuhan dan hak-hak dasar masyarakat melalui bantuan sosial nontunai yang diberikan.

Bantuan sosial tersebut beragam mulai dari Kartu Indonesia Pintar (KIP), Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Bantuan sosial tersebut rutin diberikan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam setiap kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Tanah Air.

Namun, menurut Presiden, bantuan tersebut harus sejalan dengan kualitas pelayanan yang diberikan.

Dalam kunjungan kerja ke Mandailing Natal, sejumlah menteri dan pejabat yang mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…