RI-Singapura Wujudkan Kerja Sama MICE dan Cruise

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 25 Maret 2017 - 09:09 WIB

Tempat Wisata di Singapura (Thant Zaw Wai/Getty Images)
Tempat Wisata di Singapura (Thant Zaw Wai/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) segera mewujudkan kerja sama yang konkret dengan Pemerintah Singapura dalam bidang "MICE", "cruise", dan investasi pariwisata.

Kemenpar menyelenggarakan "The 1 st Joint Working Group Meeting (JWGM) on Tourism" bersama Singapura di Hotel Mercure Sabang Jakarta, Jumat (24/3/2017)

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana mengatakan pertemuan tersebut merupakan implementasi nota kesepahaman (MoU) antara Kemenpar RI dengan Kementerian Pariwisata Singapura yang ditandatangani di Semarang dan disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsein Loong pada akhir November 2016 yang diikuti "bilateral meeting" selama ATF 2017 di Singapura.

"Pertemuan ini juga untuk mendukung dan melaksanakan kerja sama pengembangan pariwisata yang telah disepakati," ujarnya kepada awak media di Jakarta.

Dalam pertemuan itu dibahas tiga topik utama yakni kapal pesiar, "Meeting Incentive Conference and Exhibition" (MICE), dan investasi di bidang pariwisata.

Untuk membahas ketiga topik tersebut delegasi Indoneia diwakili oleh Honorary Advisor Minister of Tourism, Dwi Suryo Indroyono Susilo untuk topik kapal pesiar dan MICE, sedang Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pengembangan dan Pembangunan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar Hiramsyah Sambudhy mengenai investasi.

Pitana berharap pertemuan itu menghasilkan program kegiatan yang "real" dan "deal" untuk diimplementasikan kedua pihak sekaligus sebagai upaya untuk menghilangkan kegiatan yang hanya bersifat seremonial.

"Harus ada satu program yang bisa langsung diimplementasikan apakah terkait dengan program kapal pesiar, promosi bersama bidang MICE ke Bintan, Batam atau Karimun, maupun penunjukan lokasi investasi di tiga destinasi yang diminanti investor Singapura, apakah Danau Toba, Mandalika, atau Yogyakarta terpenting jangan banyak seremonialnya," tuturnya.

Indonesia sendiri akan meminta operator cruise Singapura untuk dapat menaikkan dan menurunkan penumpangnya di 5 pelabuhan besar yaitu Belawan, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Benoa, dan satu pelabuhan lain yang diusulkan yaitu Tanjung Mas Semarang, sekaligus disiapkan paket-paket wisatanya.

Sebelumnya dalam pertemuan kedua negara di Singapura pada 20 Januari 2017, pihak Singapura menyatakan ketertarikannya terhadap tawaran Indonesia untuk berinvestasi di bidang pariwisata di tiga daerah yakni Danau Toba, Yogyakarta, dan Mandalika.

Untuk merealisaikan ketertarikannya tersebut Singapore Tourism Boarad (STB) telah melakukan kunjungan awal ke Danau Toba dan sektitanya pada 21-23 Maret 2017 untuk melihat lokasi berikut infrastruktur serta sarana penunjang lainnya terkait pariwisata. Kunjungan STB ini dampingi Dirut Badan Otorita Danau Toba.

Kegiatan JWGM on Tourism Indonesia-Singapura juga diharapkan akan meningkatkan kerja sama bidang pariwisata kedua negara yang pada gilirannya akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, pengeluaran dan lama tinggal melalui aktivitas "people to people contact" melalui program kapal pesiar dan MICE.

Selain itu, melalui investasi yang ditanam nantinya akan membuka kesempatan usaha dan lapangan kerja di bidang pariwisata yang berdampak langsung terhadap meningkatnya kesejahteraan masyarakat setempat.

Kegiatan JWGM on Tourism sebagai tindak lanjut dari hasil nota kesepahaman bersama (MoU) kedua negara saat "leader retreat" di Semarang pada November 2016, kemudian ditindaklanjuti dengan kunjungan kerja Menko Bidang Kemaritiman ke Singapura pada Desember 2016 serta hasil pertemuan bilateral Indonesia-Singapura saat acara ASEAN Tourism Forum (ATF) di Singapura pada 20 Januari 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…