BPS: Transportasi Online Serap 500 Tenaga Kerja

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 23 Maret 2017 - 17:36 WIB

Grab Bike
Grab Bike

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Rencana perubahan Permenterian Perhubungan atau Permenhub Nomor 32 Tahun 2016 menuai pro dan kontra.

Ketua Fraksi PPP DPR Reni Marlinawati mengatakan bahwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2016 lalu, angka pengangguran di Indonesia berkurang yang salah satunya karena disumbang keberadaan moda transportasi berbasis online.

"BPS mencatat, sebanyak 500 ribu tenaga kerja terserap di sektor transportasi, pergudangan dan komunikasi. Harus diakui menjamurnya transportasi berbasis online telah mampu mengurangi angka pengangguran," kata Reni dalam pesan tertulisnya, Kamis 23 Maret 2017.

Atas dasar hal itu, Reni menilai sebaiknya pemerintah mengkaji secara mendalam dampak penerapan permenhub tersebut terhadap tenaga kerja yang terserap melalui transportasi berbasis online atau daring ini.

"Jangan sampai kebijakan tersebut justru membuat masalah sosial baru. Salah satunya dengan bertambahnya pengangguran karena omset transportasi online turun," ujar Reni.

Reni mengatakan, secara prinsip pengaturan transportasi online memang dibutuhkan. Namun di sisi lain, transportasi online dinilai menjadi pilihan favorit masyarakat karena murah, aman dan nyaman.

"Pertanyaannya, mengapa tidak didorong menjadikan transportasi konvensional dibuat lebih murah, aman dan nyaman?  Bukan justru membuat kebijakan dengan menjadikan tarif taksi online menjadi naik," kata Reni lagi.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan bakal mengatur tarif taksi online. Aturan tersebut tertuang dalam revisi Permenhub Nomor 32/2016 dan akan berlaku pada 1 April 2017 mendatang. Nantinya, tarif taksi online akan memiliki batas atas dan bawah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita serta Chief Executive Mitsubishi Motors Osamu Masuko saat pelepasan ekspor perdana Mitsubishi Xpander (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 11:18 WIB

Disaksikan Presiden Jokowi, Mitsubishi Lakukan Eskpor Perdana Xpander

Mitsubishi Motor hari ini, Rabu (25/4/2018) dengan bangga mengumumkan peluncuran ekspor atas model small MPV populernya Xpander, dari perakitan Mitsubishi Motors di Bekasi, Indonesia.

Sultra Tenun Carnaval 2018 Meriahkan Even Halo Sultra, di Kendari, Sulwesi Tenggara (Foto: Dok. Kementerian Pariwisata)

Rabu, 25 April 2018 - 11:15 WIB

Digelar, Halo Sultra 2018 Meriahkan Alun-Alun Kendari, Sulawesi Tenggara

Sebagai salah satu cara untuk mengenalkan kain Indonesia, Sulwesi Tenggara menggelar Halo Sultra 2018 di Kawasan Tugu Religi Alun-akun Kendari. Halo Sultra 2018 yang tahun ini dilaksanakan pada…

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) (Foto Ist)

Rabu, 25 April 2018 - 11:06 WIB

Mengawali Tahun 2018, Laba Bersih Waskita Karya Tumbuh Hampir Empat Kali Lipat

Tahun 2018 diawali secara positif, dengan laba bersih meningkat hampir empat kali lipat dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 25 April 2018 - 10:57 WIB

Mensesneg: Belum Ada TPA Dirut Perum Bulog

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan hingga saat ini belum ada rapat Tim Penilai Akhir (TPA) untuk Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog).

ITB Gandeng Swasta Bangun Science and Techno Park

Rabu, 25 April 2018 - 10:50 WIB

Menuju Entrepreneurial University, ITB Gandeng Swasta Bangun Science and Techno Park

Upaya Institut Teknologi Bandung menjadi pusat pengembangan kewirausahaan semakin nyata melalui peletakan batu pertama pembangunan gedung Science and Techno Park Astra Sinar Mas yang dilakukan…