Kemenperin Rangkul Generasi Muda Tumbuhkan IKM Alas Kaki

Oleh : Ridwan | Kamis, 23 Maret 2017 - 12:17 WIB

Alas Kaki (Ilustrasi)
Alas Kaki (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Direktorat Jenderal IKM, Kementerian Perindustrian melalui Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) akan menggelar Indonesian Footwear Creative Competition (IFCC) tahun 2017.

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan, ini merupakan salah satu upaya kami dalam peningkatan standard kompetensi dan penumbuhan wirausaha di sektor IKM alas kaki dalam negeri.

"Target dan sasaran kami adalah generasi muda, karena generasi ini memiliki peluang dan potensi jangka panjang" ungkap Gati saat acara temu pelanggan BPIPI di Tangerang (22/3/2017).

Seperti diketahui pada tahun 2025, populasi Indonesia akan didominasi oleh mereka yang berusia 20-39 tahun.

Selain itu, generasi muda mempunyai karakteristik yang unik, sehingga dibutuhkan pendekatan yang kreatif untuk menciptakan ketertarikan pada pembuatan produk alas kaki.

Kompetisi ini akan melombakan dengan paket 3in1, yaitu desain, fotografi, dan videografi. Dengan total hadiah yang disiapkan sebesar Rp120 juta.  

"Kami melihat ketiga bidang tersebut merupakan kecenderungan, tren, hobi dan perkembangan teknologi yang saat ini dan akan dikuasai oleh generasi muda" tambahnya.

Gati juga berharap melalui IFCC ini dapat mengenalkan lebih dekat tentang produk alas kaki kepada generasi muda, selain sebagai bagian dari perkembangan mode, juga bisa menjadi rencana bisnis yang menjanjikan sehingga akan tumbuh pelaku industri kreatif sektor alas kaki.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 20 November 2018 - 21:00 WIB

Pelindo 1 Terus Tingkatkan Sarana Sejumlah Pelabuhan

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana di sejumlah pelabuhan yang dikelola perusahaan tersebut dalam upaya meningkatkan layanan kepada konsumen.

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar

Selasa, 20 November 2018 - 20:40 WIB

Arcandra: Investasi Satu Sumur Bisa Capai Rp1,5 Triliun

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyebutkan nilai invetasi satu sumur minyak di perairan dalam (deep water) bisa mencapai Rp1,5 triliun

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Selasa, 20 November 2018 - 20:20 WIB

Indonesia Promosikan Industri Sawit Berkelanjutan kepada Eropa

Indonesia mempromosikan industri kelapa sawit berkelanjutan lewat program Regular Oil Palm Course 2018 yang diikuti 15 peserta dari 10 negara.

Perawatan Kesehatan Rs Siloam (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 20 November 2018 - 19:30 WIB

Setiap Bulan RS Siloam Silampari Adakan Layanan Kesehatan Gratis di Sejumlah Daerah Lubuklinggau

Peningkatan mutu kesehatan, khususnya di daerah menjadi hal prioritas yang senantiasa dilakukan Siloam Hospitals Group. Karenanya melalui Rumah Sakit Siloam Silampari bersama GMSS (Gerakan Musi…

Ilustrasi Beasiswa

Selasa, 20 November 2018 - 18:16 WIB

50 Mahasiswa Raih Beasiswa Penuh dari Sea Group, Induk Garena, Shopee dan AirPay

Sebanyak 50 mahasiswa berprestasi terpilih untuk menerima beasiswa penuh dari Sea, induk perusahaan dari Garena (platform online gaming), Shopee (e-commerce) dan AirPay (layanan keuangan).