Tanoto Foundation Dukung Peneliti Lahirkan Inovasi Terapan

Oleh : Herry Barus | Rabu, 22 Maret 2017 - 05:29 WIB

Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Tanoto Foundation yang bergerak dalam bidang pendidikan mendorong terus munculnya peneliti baru di Indonesia sehingga dapat melahirkan inovasi-inovasi terapan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Peneliti kita jumlahnya masih kurang jika dibandingkan dengan jumlah penduduk secara nasional," kata Ketua Pengurus Tanoto Foundation Sihol Aritonang di Jakarta, Selasa (21/3/2017)

Di acara publikasi Tanoto Student Research Award (TSRA) 2017, dia mengatakan Bank Dunia mencatat Indonesia memiliki sedikit peneliti jika dibandingkan negara lain.

Indonesia, kata dia, hanya memiliki 550 peneliti per satu juta penduduk pada 2015 atau meningkat dari 213 peneliti per sejuta penduduk pada tahun 2000. Jika dibandingkan dengan Malaysia jumlah itu kalah jauh yaitu meningkat menjadi 1.793 per satu juta penduduk pada 2014 dari 274 peneliti per sejuta penduduk pada 2000.

Menurut Sihol, pertumbuhan jumlah peneliti di Indonesia kalah jauh dibandingkan dengan Malaysia. Untuk itu, diperlukan lebih banyak lagi peneliti terutama muncul dari kalangan sivitas akademika kampus.

Agar memiliki daya saing dengan negara maju, kata dia, Indonesia harus meningkatkan jumlah peneliti terutama yang bergerak dalam penelitian terapan yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat secara langsung.

Tanoto Foundation, kata dia, menggelar TSRA sebagai wadah kompetisi dari lima kampus di Indonesia melakukan kompetisi penelitian yang dilakukan mahasiswa. Secara langsung atau tidak hal ini dapat memicu bertambahnya peneliti di Indonesia.

Di antara kampus tersebut, kata dia, adalah Universitas Indonesia, Istititut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Hasanuddin dan Universitas Sumatera Utara.

Sihol mengatakan kemitraan Tanoto Foundation dengan lima kampus itu telah melahirkan 440 penelitian terapan di berbagai bidang di antaranya teknologi, kesehatan, pertanian dan lingkungan hidup.

Seperti dilansir Antara, saat ini TSRA 2017 telah muncul lima inovasi penting hasil penelitian mahasiswa dari lima perguruan tinggi yang menjadi mitra Tanoto Foundation.

Inovasi-inovasi itu, kata dia, di antaranya pesawat tanpa awak drone untuk pertanian (UI), pemanfaatan limbah batu alam untuk bangunan (ITB), pengebor tanah untuk bercocok tanam Silvator (IPB), teknologi laminasi bambu (Unhas) dan pengecek kadar gula darah melalui air seni dari USU.

Dia mengatakan ke depannya agar inovasi-inovasi peneliti mahasiswa itu dapat dikomersialisasikan. Kendati demikian, komersialisasi hasil riset bukan tujuan utama TSRA melainkan sebagai bonus. Tujuan utama dari TSRA adalah untuk memicu tumbuhnya jumlah peneliti sehingga ideal jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…