Mengenali Batik Pesisir Melalui Pameran di Museum Tekstil

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 21 Maret 2017 - 17:07 WIB

Koleksi Batik Pesisir (Dinar Avriyani/INDUSTRY.co.id)
Koleksi Batik Pesisir (Dinar Avriyani/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Batik Indonesia banyak sekali jenisnya, dari berbagai jenis yang dimilki Indonesia, Batik Pesisir dikagumi karena kualitasnya yang tinggi, kekayaan warna, serta tingginya nilai estetik dari setiap ragam hiasnya. Banyak dari ragam hias itu memiliki makna simbolis yang berasal dari sistem kepercayaan Tionghoa, yang merupakan kombinasi dari Taoisme, Konfusianisme, dan Buddhisme.

Bagi pecinta Batik khas Indonesia, Museum Tekstil bekerja sama dengan Antropologi Indonesia dan Yayasan Batik Indonesia, menyelenggarakan pameran Batik Indonesia, mulai dari tanggal 21 Maret hingga 9 April 2017 bertempat di Museum Tekstil, Jakarta Barat, dengan mengusung tema "Pengaruh Kebudayaan Peranakan pada Corak Hias Batik Pesisiran."

"Kita tidak muluk-muluk, ya saya inginnya memberikan informasi kepada khalayak, pengen share, kita cuma ingin memberikan pengetahuan kepada masyarakat supaya lebih memahami Batik dan mencintai Batik," ujar Ketua Galeri Batik Indonesia, DR. Tumbu A. Ramelan, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Menurut Dia, asal muasal Batik tidak diketahui, karena banyak yang mengklaim Batik. Tetapi, UNESCO menetapkan Batik Asal Keraton, Jawa Tengah milik Indonesia. Bukan karena Batiknya, karena isi filosofinya yang terkandung dalam Batik tersebut.

Koleksi yang dipamerkan sangat beragam. Sebanyak 50 hingga 60 kain Batik Pesisir dari berbagai daerah milik Tumbu Ramlan dipamerkan.

"Koleksi yang dipamerkan sekitar 50 hingga 60 Batik milik saya pribadi. Semuanya berasal dari Pesisir Utara, seperti Pekalongan, Cirebon, Lasem, dan Kudus, untuk usia Batik Pesisir ini bervariasi dari tahun 40, yang tahun 30 juga ada" pungkasnya DR. Tumbu A. Ramelan

Selain mendapatkan pengetahuan lebih tentang Batik, pameran ini digelar secara gratis. Tak ketinggalan, pengunjung juga dapat berbelanja di bazar wastra yang menyediakan beragam jenis Batik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:38 WIB

Bank Mandiri Kucurkan Rp440 Miliar Kembangkan Layanan Pelabuhan

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyepakati pinjaman korporasi sebesar Rp440 miliar untuk belanja modal PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) guna mengembangkan fasilitas dan layanan non-tunai di…