Mengenali Batik Pesisir Melalui Pameran di Museum Tekstil

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 21 Maret 2017 - 17:07 WIB

Koleksi Batik Pesisir (Dinar Avriyani/INDUSTRY.co.id)
Koleksi Batik Pesisir (Dinar Avriyani/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Batik Indonesia banyak sekali jenisnya, dari berbagai jenis yang dimilki Indonesia, Batik Pesisir dikagumi karena kualitasnya yang tinggi, kekayaan warna, serta tingginya nilai estetik dari setiap ragam hiasnya. Banyak dari ragam hias itu memiliki makna simbolis yang berasal dari sistem kepercayaan Tionghoa, yang merupakan kombinasi dari Taoisme, Konfusianisme, dan Buddhisme.

Bagi pecinta Batik khas Indonesia, Museum Tekstil bekerja sama dengan Antropologi Indonesia dan Yayasan Batik Indonesia, menyelenggarakan pameran Batik Indonesia, mulai dari tanggal 21 Maret hingga 9 April 2017 bertempat di Museum Tekstil, Jakarta Barat, dengan mengusung tema "Pengaruh Kebudayaan Peranakan pada Corak Hias Batik Pesisiran."

"Kita tidak muluk-muluk, ya saya inginnya memberikan informasi kepada khalayak, pengen share, kita cuma ingin memberikan pengetahuan kepada masyarakat supaya lebih memahami Batik dan mencintai Batik," ujar Ketua Galeri Batik Indonesia, DR. Tumbu A. Ramelan, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Menurut Dia, asal muasal Batik tidak diketahui, karena banyak yang mengklaim Batik. Tetapi, UNESCO menetapkan Batik Asal Keraton, Jawa Tengah milik Indonesia. Bukan karena Batiknya, karena isi filosofinya yang terkandung dalam Batik tersebut.

Koleksi yang dipamerkan sangat beragam. Sebanyak 50 hingga 60 kain Batik Pesisir dari berbagai daerah milik Tumbu Ramlan dipamerkan.

"Koleksi yang dipamerkan sekitar 50 hingga 60 Batik milik saya pribadi. Semuanya berasal dari Pesisir Utara, seperti Pekalongan, Cirebon, Lasem, dan Kudus, untuk usia Batik Pesisir ini bervariasi dari tahun 40, yang tahun 30 juga ada" pungkasnya DR. Tumbu A. Ramelan

Selain mendapatkan pengetahuan lebih tentang Batik, pameran ini digelar secara gratis. Tak ketinggalan, pengunjung juga dapat berbelanja di bazar wastra yang menyediakan beragam jenis Batik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO TelkomGroup Alex J. Sinaga (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Jelang Pembukaan Asian Games, Telkom Pantau Kesiapan Infrastruktur dan Layanan

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018 memastikan bahwa layanan telekomunikasi milik TelkomGroup siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan…

Ilustrasi. Turis asal Amerika Serikat belajar membatik di kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/6). Antara Foto/Maulana Surya.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Pebisnis Wisata Yakin Kunjungan 17 Juta Turis Tercapai, Ini Alasannya

Kalangan pelaku usaha yang bergerak di bidang industri pariwisata optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.…

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:40 WIB

Kadin Ajak Pengusaha Konversikan Hasil Ekspor ke Rupiah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama pemerintah dan Bank Indonesia berupaya untuk memperkuat dan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Presiden Jokowi di DPR (Foto Dok Sitkab)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:30 WIB

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di DPR 2018

Jakarta - Berikut disampaikan versi lengkap pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD…

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:29 WIB

Pelindo III Incar Pemasok Air Bersih di Kawasan Industri Bersih dan Terminal Pelabuhan

Pelindo III terus mengeksplorasi berbagai potensi pasar di luar bisnis utamanya sebagai operator pelabuhan dan properti. Kini BUMN tersebut mulai mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih…