Mengenali Batik Pesisir Melalui Pameran di Museum Tekstil

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 21 Maret 2017 - 17:07 WIB

Koleksi Batik Pesisir (Dinar Avriyani/INDUSTRY.co.id)
Koleksi Batik Pesisir (Dinar Avriyani/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Batik Indonesia banyak sekali jenisnya, dari berbagai jenis yang dimilki Indonesia, Batik Pesisir dikagumi karena kualitasnya yang tinggi, kekayaan warna, serta tingginya nilai estetik dari setiap ragam hiasnya. Banyak dari ragam hias itu memiliki makna simbolis yang berasal dari sistem kepercayaan Tionghoa, yang merupakan kombinasi dari Taoisme, Konfusianisme, dan Buddhisme.

Bagi pecinta Batik khas Indonesia, Museum Tekstil bekerja sama dengan Antropologi Indonesia dan Yayasan Batik Indonesia, menyelenggarakan pameran Batik Indonesia, mulai dari tanggal 21 Maret hingga 9 April 2017 bertempat di Museum Tekstil, Jakarta Barat, dengan mengusung tema "Pengaruh Kebudayaan Peranakan pada Corak Hias Batik Pesisiran."

"Kita tidak muluk-muluk, ya saya inginnya memberikan informasi kepada khalayak, pengen share, kita cuma ingin memberikan pengetahuan kepada masyarakat supaya lebih memahami Batik dan mencintai Batik," ujar Ketua Galeri Batik Indonesia, DR. Tumbu A. Ramelan, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Menurut Dia, asal muasal Batik tidak diketahui, karena banyak yang mengklaim Batik. Tetapi, UNESCO menetapkan Batik Asal Keraton, Jawa Tengah milik Indonesia. Bukan karena Batiknya, karena isi filosofinya yang terkandung dalam Batik tersebut.

Koleksi yang dipamerkan sangat beragam. Sebanyak 50 hingga 60 kain Batik Pesisir dari berbagai daerah milik Tumbu Ramlan dipamerkan.

"Koleksi yang dipamerkan sekitar 50 hingga 60 Batik milik saya pribadi. Semuanya berasal dari Pesisir Utara, seperti Pekalongan, Cirebon, Lasem, dan Kudus, untuk usia Batik Pesisir ini bervariasi dari tahun 40, yang tahun 30 juga ada" pungkasnya DR. Tumbu A. Ramelan

Selain mendapatkan pengetahuan lebih tentang Batik, pameran ini digelar secara gratis. Tak ketinggalan, pengunjung juga dapat berbelanja di bazar wastra yang menyediakan beragam jenis Batik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vivo V15 Pro

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:10 WIB

Sebelum Beli Smartphone, Ini Keunggulan Vivo V15 Pro yang Harus Kamu Tau

Vivo V15 Pro bukan hanya mengintegrasikan fitur kamera terbaru untuk selfie atau portrait saja, namun juga semakin eksploratif untuk berbagai kebutuhan mobile photography lainnya dengan fitur-fitur…

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…