Permenhub No 32 tahun 2016, Upaya Pemerintah Lindungi Transportasi Online

Oleh : Ridwan | Selasa, 21 Maret 2017 - 16:58 WIB

Grab Bike
Grab Bike

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Menteri Perhubungan, Budi Karya bersama Kapolri Jendral Tito Karnavian dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara hari ini melakukan video conference dengan Pemerintah Daerah.

Hal ini terkait sosialisai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek, khususnya yang mengatur operasional armada berbasis aplikasi online atau model bisnis e-hailing.

"Revisi Peraturan Menteri Perhubungan No 32 tahun 2016 disusun untuk melindungi layanan taksi online dan para supirnya," ungkap Menteri Perhubungan, Budi Karya di Jakarta Selasa (21/3/2017).

Peraturan Menteri Perhubungan No 32 pada dasaranya adalah upaya dari pemerintah untuk tetap hadir dalam mengatur dalam rangka melayani masyarakat.

"Kita tahu transportasi adalah kebutuhan mendasar masyarakat dan transportasi juga sarana berusaha para stakeholder," terang Budi.

Disisi lain Kapolri Jendral Tito Karnavian menegaskan, setelah rapat ini nantinya akan ada tindak lanjut ke depannya, baik di pusat maupun di daerah.

"Di tingkat daerah tadi kita sepakati para stakeholder daerah yaitu para kepala daerah yang ada taksi online bersama dengan polri, dishub, diskominfo masing-masing wilayah akan lakukan dialog lebih intens baik konvensional maupun online. Sehingga dicari titik temu, seperti ada aturan baru masalah tarif atas bawah, kuota taksi nanti mereka akan beri usulan," terang Tito.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan, yang patut kita syukuri PerMen No 32 ini lebih mengukuhkan secara legal transportasi berbasis aplikasi online itu boleh di Indonesia. Hanya harus ditata dengan prinsip kenyamanan, kemanan dan keselamatan agar tidak terjadi gesekan.

Rudiantara menambahkan, Agar transisi ini bisa berjalan baik, agar tidak terjadi friksi dengan transportasi konvensional, Pemanfaatan teknologi digital itu betul-betul harus bisa diberdayakan untuk kepentingan masyarakat

"Saya mengeksekusi dari sisi digitalnya saja, " terang Menkominfo

Selanjutnya, Rudiantara berharap revisi aturan tersebut bisa menciptakan keseimbangan antara bisnis taksi konvensional dengan taksi online.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…