Permenhub No 32 tahun 2016, Upaya Pemerintah Lindungi Transportasi Online

Oleh : Ridwan | Selasa, 21 Maret 2017 - 16:58 WIB

Grab Bike
Grab Bike

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Menteri Perhubungan, Budi Karya bersama Kapolri Jendral Tito Karnavian dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara hari ini melakukan video conference dengan Pemerintah Daerah.

Hal ini terkait sosialisai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek, khususnya yang mengatur operasional armada berbasis aplikasi online atau model bisnis e-hailing.

"Revisi Peraturan Menteri Perhubungan No 32 tahun 2016 disusun untuk melindungi layanan taksi online dan para supirnya," ungkap Menteri Perhubungan, Budi Karya di Jakarta Selasa (21/3/2017).

Peraturan Menteri Perhubungan No 32 pada dasaranya adalah upaya dari pemerintah untuk tetap hadir dalam mengatur dalam rangka melayani masyarakat.

"Kita tahu transportasi adalah kebutuhan mendasar masyarakat dan transportasi juga sarana berusaha para stakeholder," terang Budi.

Disisi lain Kapolri Jendral Tito Karnavian menegaskan, setelah rapat ini nantinya akan ada tindak lanjut ke depannya, baik di pusat maupun di daerah.

"Di tingkat daerah tadi kita sepakati para stakeholder daerah yaitu para kepala daerah yang ada taksi online bersama dengan polri, dishub, diskominfo masing-masing wilayah akan lakukan dialog lebih intens baik konvensional maupun online. Sehingga dicari titik temu, seperti ada aturan baru masalah tarif atas bawah, kuota taksi nanti mereka akan beri usulan," terang Tito.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan, yang patut kita syukuri PerMen No 32 ini lebih mengukuhkan secara legal transportasi berbasis aplikasi online itu boleh di Indonesia. Hanya harus ditata dengan prinsip kenyamanan, kemanan dan keselamatan agar tidak terjadi gesekan.

Rudiantara menambahkan, Agar transisi ini bisa berjalan baik, agar tidak terjadi friksi dengan transportasi konvensional, Pemanfaatan teknologi digital itu betul-betul harus bisa diberdayakan untuk kepentingan masyarakat

"Saya mengeksekusi dari sisi digitalnya saja, " terang Menkominfo

Selanjutnya, Rudiantara berharap revisi aturan tersebut bisa menciptakan keseimbangan antara bisnis taksi konvensional dengan taksi online.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Taman Laut Tumbak, Manado, Sulawesi Utara (Foto:traviamgz.com)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 16:00 WIB

Sriwijaya Air Optimis Jumlah Penumpang ke Manado Meningkat di Tahun 2018

Dengan dipermudahkannya akses menuju ke berbagai destinasi wisata di Indonesia, Sriwijaya Air Group mengatakan bahwa tahun ini jumlah penumpang dari dan menuju Kota Manado Provinsi Sulawesi…

PT Taspen. (Foto: IST)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:01 WIB

TASPEN Gandeng TelkomGroup Layani Pensiun

PT TASPEN (PERSERO) bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) serta Mitra Bayar Pensiun melakukan launching Digitalisasi…

Artport di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan (Foto:Park Hyun-koo/The Korea Herald)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:00 WIB

Terminal Dua Bandara Incheon Korsel Dihiasi dengan "Artport"

Salah satu hal yang menarik wisatawan selain destinasi wisata yang ada di daerah tersebut adalah bandaranya yang ada di daerah tersebut. Salah satunya yakni Bandara Internasional Incheon, Korea…

Walikota Bandung Ridwan Kamil (Foto Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:59 WIB

Jelang Jabar 1, Kang Emil Tinggalkan Rumah Dinas

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, meninggalkan rumah dinasnya di Pendopo seiring dengan keikutsertaan dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:37 WIB

1.126 Calon Kepala Daerah Lapor Harta Kekayaan

Beberapa jam sebelum batas akhir pendaftaran Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) hari Minggu (20/1/2018) baru 1.126 bakal calon kepala daerah yang melapor ke KPK.