Rayakan 25 Tahun Berkarya, Garin Sajikan Film Mooncake Story

Oleh : Amazon Dalimunthe | Selasa, 21 Maret 2017 - 13:10 WIB

Bunga Citra Lestari dalam film "Moon Cake Story" (Foto: Ist)
Bunga Citra Lestari dalam film "Moon Cake Story" (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Sutradara papan atas Indonesia, Garin Nugroho, dalam rangka merayakan 25 tahun berkiprah di  jagat perfilman Indonesia menyajikan karya terbarunya yang berjudul “Mooncake Story” yang akan mulai edar Kamis, 23 maret 2017. Garin yang memulai debutnya lewat film “Cinta Dalam Sepotong Roti”, kembali menawarkan  gagasan baru lewat film ini yakni Bahagia Lewat Berbagi.

Menurut Garin, Mooncake bercerita tentang dua orang yang berasal dari dua kelas sosial yang berbeda kemudian bertemu dan saling menemukan arti kehidupan. “Ini bukan film percintaan secara fisik. Ini film tentang gagasan orang –orang yang mau memberi hidupnya untuk orang lain dan kemudian berbahagia meski akhirnya tidak hidup bersama,” papar Garin.  

Film yang dibintangi oleh Bunga Citra Lestari (sebagai Asih), Morgan Oey (David), Dominique Diyose (Linda kakak David), Melati Zein (Sekar, adik Asih), Dedy Sutomo (pak TRI supir David), Kang Saswi (Badut), Jaja Miharja (pak RT), dan Richard Oh itu, mencerminkan kehidupan yang sungguh terjadi  di bumi Indonesia.

Dato Sri Tahir selaku pimpinan Tahir Foundation yang menjadi produser eksektif film  ini, ada tiga makna yang ingin disampaikan dan diekpresikan kepada publik melalui film ini. "Pertama adalah hubungan tyang harmonis, bisa dibangun antara mayoritas dan minoritas. Kedua, adalah hubungan antara si kaya dan si miskin, kita perlu adanya kerjasama saling membantu antara si kaya dan si miskin. Dan ketiga, khusus untuk para pengusaha. Kita para pengusaha bisa berbuat lebih banyak lewat kemampuan kita, untuk membantu masyarakat di bawah lapisan yang paling rendah," katanya.

Atas dasar pemahaman itulah, Dato Sri Prof Tahir berharap film ini perlu disaksikan terutama oleh para pengusaha besar, dan pengusaha menengah, "Karena mereka mempunyai tanggung jawab moril untuk mengatasi jurang perbedaan antara masyarakat mampu dan tidak," tekannya.

Menurut Bunga Citra Lestari (BCL), pesan moral dari film ini adalah kita harus bisa saling menghargai antarsesama, "Meski tingkat sosial dan etnis kita berbeda. Atau dengan kata lain, kita tetap harus bisa saling mengisi satu sama lain," ujarnya. 

Sedangkan menurut Dominique Diyose, film ini sangat humanis. "Meski kalau kita ngomongin drama, tidak akan pernah terlepas dari kehidupan kita masingmasing. Tapi, yang mau kita bagi kepada publik dari film ini adalah kasih dan kebahagiaan," ujarnya.

Dan itu diamini oleh Morgan Oey, yang menilai film ini,"Sangat related dengan masyarakat Indonesia. “Sebagai warga keturunan Tionghoa, saya merasa terwakili lewat film ini. Saya bermain seakan ingin menyuarakan hal yang sama lewat bahasa Film. Dan mas Garin piawai meramunya. Tidak percaya? Silakan tonton deh,” ajak Morgan. (Amz)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…