Jakarta Datangkan 17.000 Ekor Sapi dari Kupang

Oleh : Irvan AF | Selasa, 21 Maret 2017 - 10:51 WIB

Ilustrasi Sapi
Ilustrasi Sapi

INDUSTRY.co.id, Kupang - Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur tahun ini mengirimkan 17 ribu ekor sapi ke Provinsi DKI Jakarta sebagai dukungan dari kerjasama yang telah dijalin antar NTT-DKI selama ini.

"Tahun ini jumlah sapinya yang kita kirim mencapai 17 ribu ekor. Dan ini lebih besar dari tahun 2016 yang hanya mencapai 12 ribu ekor saja," kata Bupati Timor Tengah Selatan Paul V.R Mella saat dihubungi dari Kupang, Selasa.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan jumlah sapi Bali yang dimiliki oleh kabupaten itu yang lebih tinggi jumlahnya dari Kabupaten lain yang juga memasok sapi ke DKI Jakarta.

Menurutnya, jumlah pengiriman sapi dari Kabupaten yang terkenal dengan cuaca dinginnya itu akan semakin bertambah jika memang program sapi betina wajib bunting dapat terealisasi.

"Saat ini jumlah sapi yang ada di Kabupaten TTS mencapai 170.000 ekor sapi. Nah kalau program itu (betina wajib bunting,red) bisa berjalan maka ke saya yakin akan bertambahnya," tambahnya.

Ia mengatakan, peluncuran program itu nanti direncanakan akan dilaksanakan di SoE, ibu kota dari Kabupaten TTS, dan peluncurannya akan dilakukan oleh gubernur NTT Frans Lebu Raya.

"Saya berharap agar pak gubernur bisa meluncurkan program ini, pada akhir bulan ini. Sebenarnya ingin pertengengah bulan tetapi karena gubernur ada acara lain saya agendakan pada akhir bulan. Semoga bisa berjalan dengan baik," tambahnya.

Menurutnya populasi ternak sapi di daerah tersebut sangat cocok untuk dikembangkan dan menjadi pemasukan bagi para petani dan peternak di daerah tersebut.

Untuk di Kabupaten TTS sendiri penghasilan utama dari masyarakat di daerah itu adalah dengan beternak dan ternak menjadi komoditi unggulan yang diperkirakan mencapai 70 persen.

NTT sendiri saat ini menjadi salah satu provinsi penghasil dan pemasok ternak terbesar secara nasional dengan mengadopsi teknologi inseminasi buatan.

Dinas peternakan NTT sendiri mendata pada 2017 ini kurang lebih 25.965 ekor sapi yang akan diberikan inseminasi buatan di daerah-daerah penghasil sapi di provinsi kepulauan itu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pandu Sastro Wardoyo Pakar Blockchain

Rabu, 18 Juli 2018 - 23:37 WIB

Membaca Peluang Baru di Era Blockchain

Blockchain berasal dari cryptocurrency, sehingga perkembangannya mendapatkan banyak sekali suntikan dana semenjak awal, tanpa harus meminta dari perusahaan atau bank

Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O'tania bersama Presiden Direktur PT Gaya Motor Ary Mariano (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 18 Juli 2018 - 20:34 WIB

Perkuat Pasar Kendaraan Premium di Indonesia, BMW Tambah Investasi Hingga Rp20 Miliar

BMW Indonesia secara konsisten terus menerus tingkatkan aktivitas produksinya di Indonesia melalui investasi senilai lebih dari Rp270 miliar sejak tahun 2011 hingga saat ini. Tambahan investasi…

Dirut BTN Maryono (Fot Rizki Meirino)

Rabu, 18 Juli 2018 - 19:50 WIB

BTN Tak Ikut Biaya Divestasi Saham PT Freeport

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk tidak akan ikut menyalurkan kredit ke PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) untuk membeli 51 persen saham PT Freeport Indonesia.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 18 Juli 2018 - 19:31 WIB

Rupiah Rabu Sore Melemah ke Rp14.414

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu sore, (18/7/2018) ditutup melemah besar 36 poin menjadi Rp14.414 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.378 per dolar AS.

Dirut Bank BNI Achmad Baiquni (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 18 Juli 2018 - 19:26 WIB

Januari-Juni 2018, Laba Bersih Bank BNI Tumbuh 16 Persen

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) mencatat kenaikan laba bersih 16% menjadi Rp7,44 triliun sepanjang Januari-Juni 2018 dibandingkan dengan realisasi laba bersih di periode yang sama pada 2017…