Jakarta Datangkan 17.000 Ekor Sapi dari Kupang

Oleh : Irvan AF | Selasa, 21 Maret 2017 - 10:51 WIB

Ilustrasi Sapi
Ilustrasi Sapi

INDUSTRY.co.id, Kupang - Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur tahun ini mengirimkan 17 ribu ekor sapi ke Provinsi DKI Jakarta sebagai dukungan dari kerjasama yang telah dijalin antar NTT-DKI selama ini.

"Tahun ini jumlah sapinya yang kita kirim mencapai 17 ribu ekor. Dan ini lebih besar dari tahun 2016 yang hanya mencapai 12 ribu ekor saja," kata Bupati Timor Tengah Selatan Paul V.R Mella saat dihubungi dari Kupang, Selasa.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan jumlah sapi Bali yang dimiliki oleh kabupaten itu yang lebih tinggi jumlahnya dari Kabupaten lain yang juga memasok sapi ke DKI Jakarta.

Menurutnya, jumlah pengiriman sapi dari Kabupaten yang terkenal dengan cuaca dinginnya itu akan semakin bertambah jika memang program sapi betina wajib bunting dapat terealisasi.

"Saat ini jumlah sapi yang ada di Kabupaten TTS mencapai 170.000 ekor sapi. Nah kalau program itu (betina wajib bunting,red) bisa berjalan maka ke saya yakin akan bertambahnya," tambahnya.

Ia mengatakan, peluncuran program itu nanti direncanakan akan dilaksanakan di SoE, ibu kota dari Kabupaten TTS, dan peluncurannya akan dilakukan oleh gubernur NTT Frans Lebu Raya.

"Saya berharap agar pak gubernur bisa meluncurkan program ini, pada akhir bulan ini. Sebenarnya ingin pertengengah bulan tetapi karena gubernur ada acara lain saya agendakan pada akhir bulan. Semoga bisa berjalan dengan baik," tambahnya.

Menurutnya populasi ternak sapi di daerah tersebut sangat cocok untuk dikembangkan dan menjadi pemasukan bagi para petani dan peternak di daerah tersebut.

Untuk di Kabupaten TTS sendiri penghasilan utama dari masyarakat di daerah itu adalah dengan beternak dan ternak menjadi komoditi unggulan yang diperkirakan mencapai 70 persen.

NTT sendiri saat ini menjadi salah satu provinsi penghasil dan pemasok ternak terbesar secara nasional dengan mengadopsi teknologi inseminasi buatan.

Dinas peternakan NTT sendiri mendata pada 2017 ini kurang lebih 25.965 ekor sapi yang akan diberikan inseminasi buatan di daerah-daerah penghasil sapi di provinsi kepulauan itu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST (Foto Ist)

Jumat, 24 November 2017 - 18:42 WIB

Penjualan Tanah Bekasi Fajar Industrial Estate Telah Lampaui Target 2017

PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST), perusahaan pengelola kawasan industri MM2100, hingga akhir November 2017 telah menjual lahan seluas 42 hektar. Padahal target penjualan tanah 2017…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto didampingi Sekjen Kemenperin Haris Munandar

Jumat, 24 November 2017 - 18:09 WIB

2018, Pertumbuhan Manufaktur Masih Ditopang Sektor Konsumsi

Industri makanan dan minuman diproyeksi masih menjadi salah satu sektor andalan penopang pertumbuhan manufaktur dan ekonomi nasional pada tahun depan. Peran penting sektor strategis ini terlihat…

Menuju Holding BUMN Industri Pertambangan

Jumat, 24 November 2017 - 18:00 WIB

Holding Tambang akan Resmi Efektif Akhir November

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan Holding BUMN Tambang akan resmi efektif mulai akhir November 2017.

PT Vivo Energy Indonesia (Ist)

Jumat, 24 November 2017 - 17:30 WIB

Vivo Energy Indonesia Akan Bangun 3 Kilang Minyak di Indonesia

PT Vivo Energy Indonesia semakin serius menggarap bisnis hilir migas dengan membangun sebanyak 3 kilang minyak di Indonesia mulai tahun depan.

Kikan Terlibat Drama Musikal Kolosal Tekad Indonesia Jaya,

Jumat, 24 November 2017 - 17:16 WIB

Demi Perannya di Drama Kolosal Kikan Ingin Dibenci Setengah Mati

Demi Penghayatan perannya dalam Drama Kolosal yang bertajuk Tekad Indonesia Jaya yang akan dipentaskan di The Kasablanka Hall Kuningan Jakarta Selatan, Sabtu 25 November 2017 pukul 20.00 WIB,…