Survival ala McDonald

Oleh : Ramadhan Subakti | Kamis, 19 Desember 2019 - 15:37 WIB

Ramadhan Subakti
Ramadhan Subakti

INDUSTRY.co.id - Pertumbuhan ekonomi harus sebanding dengan minat pelanggan, inilah permasalahan yang dihadapi suatu perusahaan, peran kreativitas menjadi penentu maju atau mundurnya perusahaan. 

Membangun kehadiran merek/ konten apapun di satu venue bisnis merupakan Strategi Brand Development yang luar biasa. Dan itu sudah dilakukan oleh McDonald.
Lalu inovasi atau strategi apa saja yang sudah dilakukan perusahaan McDonald dalam mencapai konsistensi usahanya dalam kuliner?
1. Kopi, hampir semua orang hobby minum kopi. Makna yang terkandung dalam aktivitas minum kopi yang membuat semua orang sepakat menggemari minuman tersebut. Apalagi ketika hadirnya Sturbuck, semua masyarakat focus terhadap brand tersebut, mungkin dari situ McDonald membuat McCaffe.
2. Pemesanan Digital, pelanggan bisa melakukan akses pean melalui layar sentuh pada layanan pemesananan. Technologi ini sudah ada dalam beberapa restoran, dianggap mempercepat proses dan menghindari antrian di counter order.
3. Dunia Anak, mempromosikan brand kepada usia dini, dengan melalui penyediaan fasilitas taman bermain mini dengan dilengkapi permainan-permainan. Jauh dari itu, McDonald juga menyediakan pula souvenir anak-anak.
4. Akses Private, layanan go food atau grab food sudah merupakan layanan yang tersebar dan terluas yang dipakai masyarakat, mungkin dari situ McDonald membuat jalur khusus drive thru.
Nah itu dia, beberapa hal yang berkaitan inovasi McDonald dengan beradaptasi terhadap selera pelanggan yang berubah. Selain itu program inovasi tidak hanya menegakan konsistensi, namun dapat meningkatkan produktivitas. 
 
 
Penulis : Ramadhan Subakti 
Mahasiswa Jurusan MM. Tech. Universitas President

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raffi Ahmad

Kamis, 27 Februari 2020 - 12:30 WIB

Nagita Slavina Berhasil Hentikan Sifat PlayBoy Raffi Ahmad

Jarang ada selebritis yang mengakui terus terang kalau kenakalannya dibuka secara terbuka di hadapan publik, apalagi yang masalah pribadi. Tapi Raffi Ahmad mengakui kalau dimasa remaja menjadi…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara Perluasan Investasi dan Pelepasan Ekspor ke Amerika Serikat oleh PT. Future Pipe Industries

Kamis, 27 Februari 2020 - 12:17 WIB

Telan Investasi USD40 juta, PT. Future Pipe Industries Memulai Ekspor Produk Industri Pipanya ke Amerika Serikat

PT. Future Pipe Industries mulai tahun ini akan mengekspor produk pipa ke Amerika Serikat untuk proyek pembangunan infrastruktur sistem pembuangan yang menghubungkan beberapa kota di area San…

Ariel Tatum

Kamis, 27 Februari 2020 - 12:00 WIB

Ada Apa Antara Ariel Tatum dan Glenn Fredly?

Setelah merasa nyaman di dunia akting, Ariel Tatum ingin mengembangkan sayap dengan terjun ke dunia tarik suara. Dan sebagai bukti keseriusan Ariel Tatum terjun ke dunia tarik suara ia akan…

Memperingati HUT ke-16 Majalah MIX Marcomm, menggelar diskusi di Auditorium London School Public Relations (LSPR) Jakarta, Rabu (26/2). Acara menghadirkan jurnalis dari berbagai media, serta para praktisi PR dan pengelola brand dari sejumlah korporat.

Kamis, 27 Februari 2020 - 11:30 WIB

Prita Kemal Gani: Ada 5 Tantangan Komunikasi Perusahaan di Era Digital

Jakarta-Era digital menciptakan peta media di Tanah Air semakin clutter. Hal ini dipicu oleh hadirnya beragam channel di luar media mainstream yang kerap mempengaruhi strategi komunikasi para…

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro (Foto Dok Humas)

Kamis, 27 Februari 2020 - 11:00 WIB

Terwujudnya Kemandirian Kesehatan dan Obat Nasional Didukung Menristek

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menegaskan dalam upaya meningkatkan inovasi mesti terjalin sinergi yang positif…