Pembangunan Pabrik Semen Rembang Tidak Ganggu Lahan Pertanian

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Maret 2017 - 08:41 WIB

Demonstrasi masyarakat Rembang mendukung pabrik semen, Selasa (14/3). (Foto: IST)
Demonstrasi masyarakat Rembang mendukung pabrik semen, Selasa (14/3). (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Rembang- Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia (Persero), Agung Wiharto menegaskan tidak ada satupun aktivitas pabrik maupun penambangan di Rembang Jawa Tengah akan mengganggu lahan pertanian bahkan kehadiran peruahaan akan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

"Kalau disebut lahan kami berlokasi di lahan pertanian. Hal itu sama sekai tidak benar karena lahan seluas 52 hektar itu sebenarnya milik PT Perhutani," kata Agung dalam penjelasannya terkait dengan rencana beroprasinya pabrik pada bulan April 2017.

Sedangkan untuk lahan di areal tambang kapur juga bukan areal pertanian, karena di lahan seperti itu hampir tidak ada tanaman apalagi pertanian, jelas dia.

"Sehingga kalau pabrik Rembang diangap melanggar AMDAL, maka harap ditunjukkan kepada kami bagian apa saja yang dianggap keliru agar sama-sama dapat dilakukan perbaikan. Apalagi di Rembang sendiri sudah ada pabrik semen yang telah melakukan aktivitas serupa," kata Agung..

Agung menyampaikan Rembang sendiri selama ini merupakan Kabupaten termiskin nomor tiga di Jawa Tengah persoalannya ada tiga yakni air, penyerapan tenaga kerja, serta lingkungan.

Berbeda dengan daerah tetangganya Kudus dan Pati lebih maju dikarenakan adanya industri besar yang beroperasi, sehingga memberi kontribusi tidak hanya ke masyarakat tetapi juga pemerintah daerah melalui PAD dan pajak, kata Agung.

Terkait dengan kesulitan air bersih terdapat enam desa yang masuk dalam wilayah operasi pabrik, telah di data terdapat 4300 kepala keluarga yang membutuhkannya, sebanyak 2.000 kepala keluarga telah mendapat bantuan, ke depan diharapkan terus ditambah.

Perusahaan saat ini selain membangunkan sejumlah embung selain untuk memasok kebutuhan pendingin mesin pabrk nantinya, juga dapat dimanfaatkan warga sebagai sumber air untuk pertanian atau perikanan, ujar dia.

Kebutuhan tenaga kerja kalau pabrik Rembang beroperasi organik 261 orang (produksi), non organik 1400 (non produksi), prioritasnya warga Rembang. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan pekerja PT Semen Indonesia membuka program D2 dengan target pengajar 22 orang, admin 6, dan jumlah siswa angkatan pertama 90 orang, jelas Agung.

Agung juga menyampaikan meskipun pabrik belum beroperasi, namun perusahaan telah menyelenggarakan program CSR untuk 2016 sebesar Rp25 miliar Rp14 untuk kemitraan dan Rp11 miliar sebagai dana bergulir. Program kemitraan yang dijalan diantaranya pembangunan sarana dan prasarana sanitasi, bedah rumah, beassiwa, kesenian, dan beberapa lainnya.

"Kami juga tengah membangun zona penyangga (buffer zone) rencana berkerja sama dengan perusahaan benih sayuran PT East West Seed Indonesia (Ewindo) untuk memanfaatkan lahan tersebut sebagai lahan pertanian," jelas dia.

Agung juga menyampaikan persoalan AMDAL secara hukum telah diselesaikan, pihaknya juga berkomitmen melaksanakan tata cara pertambanangan yang besar sepertihalnya pabrik-pabrik Semen Indonesia lainnya.

Sementara itu Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M Soemarno dalam kunjungan terakhir ke Rembang memastikan pabrik Semen Indonesia di Rembang, Jawa Tengah, mulai beroperasi pada April 2017.

Maka dari itu, ia menyampaikan bagi sekitar lima persen warga yang menolak keberadaan pabrik semen tetap harus dirangkul dan dicarikan solusi terbaiknya.

"Bagi sekitar lima persen warga yang kurang mendukung akan tetap kami carikan solusi untuk aktivitas mereka," kata Rini seperti dilansir Antara.

Setidaknya ada lima desa yang termasuk ring satu pabrik Semen Indonesia di Rembang, yakni Desa Tegaldowo, Desa Kajar, Desa Pasucen, Desa Kadiwono, dan Desa Timbrangan.

Mayoritas masyarakat di enam desa itu mendukung dan meminta pabrik semen segera beroperasi seiring izin lingkungan baru yang sudah diterbitkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…