Smart Vending Machine untuk Smart Citizen

Oleh : Chyntia Agni Archiyesa | Jumat, 13 Desember 2019 - 16:35 WIB

Chyntia Agni Archiyesa
Chyntia Agni Archiyesa

INDUSTRY.co.id - Kini keberadaan smart vending machine sangat mudah ditemukan di sudut-sudut ruang publik perkotaan seperti di stasiun, supermarket, mall dan ruang publik lainnya.
 
Fenomena ini didukung oleh tren preferensi konsumen perkotaan dalam membeli kebutuhan produk seperti makanan dan minuman (product-oriented vending machine) atau memenuhi kebutuhan jasa seperti isi pulsa dan bayar tagihan ( service-oriented vending machine). 

Sebenarnya budaya menggunakan vending machine saja sudah lama ada sejak abad akhir ke 19. Namun, seiring berkembangnya revolusi teknologi, kemampuan Internet of Things (IoT) menambah kemampuan vending machine sehingga munculah istilah smart vending machine. 

Menurut Richard Nass, smart vending machine saat ini memiliki 4 komponen dasar yaitu display interaktif, sensor, pembayaran digital, and konektivitas. Secara bentukan luar, smart vending machine memiliki large lcd touch screen yang mudah mengambil perhatian konsumen. 

Infomasi dan desain grafis yang ditampilkan juga memudahkan konsumen memilih produk/ jasa dengan tampilan yang interaktif.  

Selain itu, biometrik sensor seperti face recognation, camera, fingerprint atau QR code yang dapat mendukung digital payments turut mendukung tren cashless society khususnya di kaum milenial perkotaan. 

Belum lagi promo dan flash sale menggiurkan dari pertarungan pasar pelaku dompet digital. Kecanggihan lainnya adalah konektivitas yang dapat menghadirkan fitur sinkron dengan mobile apps untuk menginformasikan lokasi persebaran smart vending machine dan melancarkan proses pembayaraan digital. 

Selain itu, konektivitas juga dapat membantu pengelolaan mesin, menganalisis ketersediaan produk/ jasa yang dijual, advertising dan lain-lain. 

Tidak heran jika prefrerensi smart citizen mulai membudayakan tren pengunaan smart vending machine yang telah banyak tersedia karena ingin merasakan pengalaman belanja dengan teknologi yang lebih efisien dalam segi finansial dan waktu. 

Di tahun 2019 ini, BLUEmart dan OVO turut meramaikan pasar smart vending machine di ruang publik perkotaan, khususnya Jabodetabek. BLUEmart hadir dengan konsep minimart dan E-Kios dengan aplikasi BluePay. 

Sementara OVO hadir dengan OVO SmartCube yang diklaim sebagai smart vending machine pertama di Indonesia yang dapat menganalisis data secara real-time. Sebelum tahun 2019 ini berakhir, apakah anda sudah pernah mencoba menggunakannya ? 


Penulis: Chyntia Agni Archiyesa 
Mahasiswi MM Tech President University  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

DI Bendungan Rajui

Senin, 24 Februari 2020 - 21:24 WIB

Telan Dana APBN Sebesar Rp 101,4 Miliar, Apa Saja Yang Dibangun di DI Bendungan Rajui?

Bendungan Rajui mempunyai kapasitas tampung sebesar 2,67 juta meter kubik (m3) untuk mengairi areal persawahan produktif di downstream bendungan yakni wilayah Seumayam Tanjung seluas 1.000 hektare…

Reinhard Ehrenberger, President Director of Menarini Indonesia

Senin, 24 Februari 2020 - 21:20 WIB

Penelitian Observasional Nebivolol Pada Pasien Asia, Menunjukkan Hasil yang Efektif

Penelitian observasional nebivolol sesuai kondisi praktik dokter sehari-hari yang dilakukan terhadap 3.011 pasien hipertensi di Korea. Penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan nebivolol…

Mendag Agus di india

Senin, 24 Februari 2020 - 21:15 WIB

Uber Target Perdagangan sebesar USD 50 miliar, Mendag Sambangi Konfederasi Industri India

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan, kolaborasi dengan Konfederasi Industri India (Confederation of India Industry/CII) merupakan salah satu upaya mencapai target perdagangan yang…

BCA Expoversary 2020 BSD

Senin, 24 Februari 2020 - 21:00 WIB

BCA Expoversary 2020 Dikunjungi Lebih 50.00 Pengunjung

Perhelatan BCA Expoversary 2020 yang digelar dalam rangka merayakan HUT BCA yang ke-63 sukses dipadati oleh lebih dari 50.000 pengunjung selama tiga hari, yakni dari tanggal 21 Februari hingga…

DMMX’s signage yang terpasang pada kafe yang terletak di dalam minimarket di Jakarta

Senin, 24 Februari 2020 - 20:56 WIB

Digital Mediatama Maxima - DMMX, Fokus Mewujudkan Pertumbuhan Bisnis

Bisnis utama dilengkapi pertumbuhan strategis Sekitar 1.600 layar year-to-date Pada 21 Februari tahun ini, bisnis cloud advertising DMMX berhasil memperluas jangkauannya ke 6.800++ lokasi, 49%…