Brand Creation Industri Perhotelan Melalui Word of Video

Oleh : Haris Ar-Rasyid | Jumat, 13 Desember 2019 - 16:28 WIB

Haris Ar-Rasyid
Haris Ar-Rasyid

INDUSTRY.co.id - Word of mouth telah lama menjadi bentuk pemasaran yang mapan di antara banyak industri termasuk diantaranya industri perhotelan.

Dengan menjamurnya internet, word of mouth berkembang menjadi konten yang dihasilkan konsumen dalam bentuk review dan komentar yang dibagikan melalui email, blog, dan ulasan situs web.

Generasi kedua dari word of mouth ini dikenal sebagai word of mouse.

Pesatnya kemajuan teknologi seluler dan evolusi situs web jejaring sosial, konten berbentuk gambar dan video yang dihasilkan oleh konsumen menghilangkan semua hambatan komunikasi dan seringkali konten tersebut mencapai jumlah penonton yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Konten visual dapat menghilangkan hambatan budaya dan bahasa. Berdasarkan penelitian Pantelidis (2009), pada akhirnya word of mouse berevolusi secara alami menjadi word of video.

Pengusaha perhotelan menyaksikan berlalunya era brand creation yang berasal dari teknik pemasaran tradisional menjadi review dan komentar tamu mereka.

Untuk produk yang tidak berwujud seperti hospitality, penggunaan video atau gambar berefek besar pada potensi pelanggan karena video membuat elemen tak berwujud seperti pengalaman menjadi nyata.

Tidak seperti viral marketing di mana pengusaha meyakinkan audiens bahwa konten viral tersebut dibuat oleh pengguna, esensi dari word of video adalah fakta bahwa konten yang ada benar-benar dibuat oleh pengguna.

Viral marketing mencoba untuk mengejutkan atau menggairahkan atau menawarkan produk atau layanan gratis atau mengarahkan pengguna ke situs web tertentu.

Meskipun word of video terkadang juga mengejutkan atau menggairahkan pengguna, sebagian besar word of video terkait industri perhotelan lebih sering berbentuk video biasa yang menceritakan pengalaman seseorang ketika menjadi tamu hotel.

Di era hyperconnected society, konsumen dapat dengan mudah membedakan upaya viral marketing yang dihasilkan oleh pengusaha dengan konten yang dibuat oleh pengguna yang sebenarnya.

Dalam beberapa kasus viral marketing dapat dengan mudah menghasilkan efek yang berlawanan dari yang diharapkan oleh pengusaha.

Saat ini pengusaha perhotelan tidak saja harus memfokuskan kegiatan pemasaran untuk mengantisipasi persaingan, namun juga harus memastikan word of mouth dan word of video yang positif.


Penulis: Haris Ar-Rasyid, Mahasiswa Master Program MMTek Universitas Presiden.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raffi Ahmad

Kamis, 27 Februari 2020 - 12:30 WIB

Nagita Slavina Berhasil Hentikan Sifat PlayBoy Raffi Ahmad

Jarang ada selebritis yang mengakui terus terang kalau kenakalannya dibuka secara terbuka di hadapan publik, apalagi yang masalah pribadi. Tapi Raffi Ahmad mengakui kalau dimasa remaja menjadi…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara Perluasan Investasi dan Pelepasan Ekspor ke Amerika Serikat oleh PT. Future Pipe Industries

Kamis, 27 Februari 2020 - 12:17 WIB

Telan Investasi USD40 juta, PT. Future Pipe Industries Memulai Ekspor Produk Industri Pipanya ke Amerika Serikat

PT. Future Pipe Industries mulai tahun ini akan mengekspor produk pipa ke Amerika Serikat untuk proyek pembangunan infrastruktur sistem pembuangan yang menghubungkan beberapa kota di area San…

Ariel Tatum

Kamis, 27 Februari 2020 - 12:00 WIB

Ada Apa Antara Ariel Tatum dan Glenn Fredly?

Setelah merasa nyaman di dunia akting, Ariel Tatum ingin mengembangkan sayap dengan terjun ke dunia tarik suara. Dan sebagai bukti keseriusan Ariel Tatum terjun ke dunia tarik suara ia akan…

Memperingati HUT ke-16 Majalah MIX Marcomm, menggelar diskusi di Auditorium London School Public Relations (LSPR) Jakarta, Rabu (26/2). Acara menghadirkan jurnalis dari berbagai media, serta para praktisi PR dan pengelola brand dari sejumlah korporat.

Kamis, 27 Februari 2020 - 11:30 WIB

Prita Kemal Gani: Ada 5 Tantangan Komunikasi Perusahaan di Era Digital

Jakarta-Era digital menciptakan peta media di Tanah Air semakin clutter. Hal ini dipicu oleh hadirnya beragam channel di luar media mainstream yang kerap mempengaruhi strategi komunikasi para…

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro (Foto Dok Humas)

Kamis, 27 Februari 2020 - 11:00 WIB

Terwujudnya Kemandirian Kesehatan dan Obat Nasional Didukung Menristek

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menegaskan dalam upaya meningkatkan inovasi mesti terjalin sinergi yang positif…