Smart Home Jadi Pilihan Generasi Milenial

Oleh : Haris Ar-Rasyid | Jumat, 13 Desember 2019 - 16:21 WIB

Haris Ar-Rasyid
Haris Ar-Rasyid

INDUSTRY.co.id - PT PP Properti Jababeka Residence baru-baru ini me-launching produk apartemen terbaru mereka yaitu Little Tokyo yang berlokasi di Kota Jababeka, Cikarang.

Proyek ini akan dikembangkan dengan konsep berstandar Jepang dengan teknologi terbaru dan Eco City Smart Home System.

Seperti dikemukakan oleh Prof. Rhenald Kasali melalui buku terbarunya #MO, penggunaan teknologi berbasis revolusi industri 4.0 dianggap sebagai motivasi utama pengembangan ekosistem di masa depan. 

Tidak hanya bisnis telekomunikasi dan informasi, gencaran digitalisasi telah merambah pada bisnis real estat dan properti.

Arus digitalisasi ini memobilisasi para pengembang berlomba membangun properti berbasis teknologi yaitu sistem rumah pintar atau smart home.

Sistem ini memungkinkan untuk mengoperasikan peralatan elektronik seperti lampu, televisi, dan pendingin ruangan melalui perintah suara atau aplikasi smartphone.

Sebut saja Sinar Mas Land baru-baru ini melakukan convergence dengan Panasomic Homes membangun smart township yang bernama SAVASA.

Agung Podomoro Land (APL) dan Samsung Eectronics Indonesia juga menjalin kerja sama strategis membangun Podomoro Golf View Cimanggis.

Tidak mau ketinggalan, PT PGN Mas juga membangun 350 unit rumah di kawasan Vida Bekasi, Narogong, Bekasi memakai konsep smart home.

Tingginya antisipasi kehadiran properti berbasis teknologi ini mencerminkan generasi milenial sebagai generasi yang paling terhubung tetapi juga generasi yang paling kesepian.
Mereka memiliki gaya hidup yang membuat mereka mobile dan perkembangan teknologi yang ada saat ini tidak memberi mereka kedalaman interaksi.

Kurangnya kedalaman interaksi ini membuat milenial terus mencari kesempatan berinteraksi dengan lingkungan mereka, sehingga logis jika mereka mencari hunian yang, atau setidaknya mengkonfigurasi hunian mereka menjadi, "pintar" dengan perangkat Internet of Things (IoT).

Prospek smart home nampaknya akan terus berkembang mengingat generasi milenial akan segera menjadi konsumen properti menggantikan generasi sebelumnya.


Penulis: Haris Ar-Rasyid, Mahasiswa Master Program MMTek Universitas Presiden.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala sekolah Seminari Bunda Segala Bangsa (BSB) Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur membantah kabar kasus pendamping asrama yang mencekoki siswanya memakan kotoran manusia.

Rabu, 26 Februari 2020 - 06:35 WIB

Sekolah di Maumere Flores Bantah Kabar Siswa Dipaksa Makan Kotoran Manusia

Maumere- Kepala sekolah Seminari Bunda Segala Bangsa (BSB) Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur membantah kabar kasus pendamping asrama yang mencekoki siswanya memakan kotoran manusia.…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)

Rabu, 26 Februari 2020 - 06:00 WIB

Dankormar Menerima Tradisi Kenaikan Pangkat Perwira Tinggi Marinir

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) menerima langsung Acara Tradisi Kenaikan Pangkat (Kenkat) Dua Perwira Tinggi (Pati) Korps Marinir di Gedung…

Jokowi di Aceh bagi sertifikat tanah

Rabu, 26 Februari 2020 - 05:46 WIB

Marak Sengketa Tanah, Jokowi: Harusnya yang Pegang Sertifikat itu ada 126 juta, Tapi baru 46 juta

Memang di seluruh Indonesia ini harusnya yang pegang sertifikat itu ada 126 juta, tetapi di 2015 yang pegang baru 46 juta. Artinya masih ada 80 juta yang belum pegang sertifikat. Itu kenapa…

Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto

Rabu, 26 Februari 2020 - 05:00 WIB

Kasum TNI : TNI Bekerja Sesuai Visi Misi Kenegaraan dan Pemerintah

TNI sebagai institusi Negara yang bekerja berdasarkan visi dan misi kenegaraan dan pemerintahan di dalam Kabinet Indonesia Maju, harus dibangun dengan sistem dan manajemen yang tertata dalam…

Simulasi Pasien Corona di RSUP dr Kariadi Semarang

Rabu, 26 Februari 2020 - 04:27 WIB

Pemerintah Nego Jepang Evakuasi Sembilan WNI Terinfeksi Virus Corona di Diamond Princes

Saat ini juga terus bernegosiasi dengan pemerintah Jepang mengenai upaya, teknik, cara yang paling baik untuk bisa mengeluarkan mereka. Jadi ini nego terus. Kita nego tapi harus dengan caranya…