Perkuat Posisi Pasar, PT Softex Indonesia Bangun Pabrik Baru

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 11 Desember 2019 - 10:12 WIB

PT Softex Indonesia mulai memproduksi dan memasarkan produk-produk pembalut wanita pertama di Indonesia pada tahun 1976.
PT Softex Indonesia mulai memproduksi dan memasarkan produk-produk pembalut wanita pertama di Indonesia pada tahun 1976.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-PT Softex Indonesia, produsen produk Perawatan Bayi, Perawatan Feminin, dan Perawatan Dewasa, di bawah merek terkenal seperti Sweety, Softex, Confidence, Happy Nappy, dan Softies, berkomitmen untuk terus memperkuat posisinya di pasar Indonesia dengan membangun pabrik baru yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian. Pembangunan tersebut dilakukan untuk mengimbangi terus meningkatnya permintaan di pasar domestik.

Menurut Hendra Setiawan, Direktur Utama PT Softex Indonesia, saat ini Perseroan sedang dalam tahap penyelesaian pembangunan pabrik terbaru yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Pabrik ini diharapkan akan beroperasi secara penuh pada kuartal ke-3 tahun 2020.

Hendra mengatakan, pabrik baru tersebut terletak di kawasan industri GT Tech Park Karawang. "Pabrik ini akan menerapkan teknologi terbaru dalam bentuk sistem penyimpanan dan pengambilan otomatis (Automated Storage and Retrieval Systems/ASRS),” ungkap Hendra.

Pabrik terbaru PT Softex Indonesia dibangun di atas lahan seluas 12 hektar (ha) dengan menerapkan teknologi ASRS untuk area warehouse-nya. Penerapan sistem dan mesin berteknologi baru ini diharapkan dapat meningkatkan volume produksi dan meningkatkan efisiensi penyimpanan barang.

Terkait dengan isu pelestarian lingkungan, Perseroan tidak hanya menghasilkan berbagai produk yang sekali dipakai dan dibuang begitu saja. Produk bekas pakai masih dapat dimanfaatkan. Produk popok bayi bekas misalnya, tidak dibuang begitu saja menjadi sampah tidak berguna.

“Popok bayi bekas yang selama ini dianggap sebagai sampah dapat berubah menjadi sesuatu yang fungsional dan bernilai,” kata Hendra.

Dimulai sebagai perusahaan tekstil, PT Softex Indonesia mulai memproduksi dan memasarkan produk-produk pembalut wanita pertama di Indonesia pada tahun 1976. Sejak itu, PT Softex Indonesia berkembang menjadi perusahaan consumer goods terkemuka di Indonesia dan di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Hendra Setiawan, Direktur Utama PT Softex Indonesia mengemukakan, "Kami memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsumen kami. Kampanye pemasaran dan program komunikasi PT Softex Indonesia telah memastikan bahwa merek kami adalah merek pilihan konsumen yang populer di kategori masing-masing," ujarnya.

Sebagai bentuk komitmennya untuk memberikan kepuasan tertinggi kepada konsumen, merek-merek PT Softex Indonesia secara konsisten telah memenangkan banyak penghargaan bergengsi.

Menurut Hendra, selama bertahun-tahun, PT Softex Indonesia telah mengembangkan produk menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu Perawatan Bayi, Perawatan Feminin, dan Perawatan Dewasa, di bawah merek terkenal seperti Sweety, Softex, Confidence, Happy Nappy, dan Softies.

“Sebagai pelopor di segmennya dan sekarang menjadi bagian yang terintegrasi, kami melayani jutaan keluarga Indonesia dan dipercaya oleh berbagai generasi,” papar Hendra.

Perseroan menyediakan produk higienis sekali pakai, yaitu popok bayi, pembalut wanita, pantyliner, pembalut bersalin, popok dewasa, dan tissue basah dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga Indonesia.

“Kami bangga menjadi pemilik berbagai merek pasar terkemuka di bidang perawatan bayi, perawatan dewasa dan perawatan feminin. Hal ini sejalan dengan visi strategis kami untuk melayani konsumen kami dalam seluruh tahapan siklus hidup manusia,” katanya.

Beberapa merek PT Softex Indonesia yang paling populer adalah Sweety, Happy Nappy, Confidence, Softex dan Softies.

Sweety merupakan produk perawatan bayi berupa popok yang dibuat PT Softex Indonesia pada akhir tahun 2003. Sweety hadir dengan dua varian produk, yaitu tipe perekat dan tipe celana. Dan hadir dalam tiga segmen dalam sub merek Sweety Gold, Sweety Silver, dan Sweety Bronze.

Happy Nappy merupakan produk popok bayi yang dibuat PT Softex Indonesia pada tahun 2009 dan hadir pula dalam dua varian, yaitu tipe perekat dan tipe celana.

Produk Confidence merupakan popok celana yang ditujukan untuk perawatan dewasa. Hadir dengan ekstrak lidah buaya untuk mencegah ruam dan inflamasi, Confidence juga memiliki dua varian produk, yaitu popok dewasa dengan tipe perekat dan tipe celana.

Tidak hanya itu, melalui merek Softex dengan varian Softex Daun Sirih, PT Softex Indonesia menawarkan produk pembalut dan pantyliner dengan ekstrak daun sirih. Ekstrak daun sirih telah lama dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu antiseptik alami sehingga dapat menghambat tumbuhnya bakteri dan mengurangi risiko timbulnya bau.

Varian pembalut wanita lainnya, yaitu Softex Comfort Slim yang dibuat dengan desain Hello Kitty yang menarik untuk menyasar pasar remaja. Lapisannya disesuaikan untuk remaja aktif yang membutuhkan kenyamanan, kebersihan, dan keamanan saat sedang datang bulan.

Selain itu, PT Softex Indonesia memiliki dua merek tisu basah, yaitu Sweety Baby Wipes yang sesuai untuk kulit bayi dan Softies yang memiliki kandungan anti bacterial.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

DI Bendungan Rajui

Senin, 24 Februari 2020 - 21:24 WIB

Telan Dana APBN Sebesar Rp 101,4 Miliar, Apa Saja Yang Dibangun di DI Bendungan Rajui?

Bendungan Rajui mempunyai kapasitas tampung sebesar 2,67 juta meter kubik (m3) untuk mengairi areal persawahan produktif di downstream bendungan yakni wilayah Seumayam Tanjung seluas 1.000 hektare…

Reinhard Ehrenberger, President Director of Menarini Indonesia

Senin, 24 Februari 2020 - 21:20 WIB

Penelitian Observasional Nebivolol Pada Pasien Asia, Menunjukkan Hasil yang Efektif

Penelitian observasional nebivolol sesuai kondisi praktik dokter sehari-hari yang dilakukan terhadap 3.011 pasien hipertensi di Korea. Penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan nebivolol…

Mendag Agus di india

Senin, 24 Februari 2020 - 21:15 WIB

Uber Target Perdagangan sebesar USD 50 miliar, Mendag Sambangi Konfederasi Industri India

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan, kolaborasi dengan Konfederasi Industri India (Confederation of India Industry/CII) merupakan salah satu upaya mencapai target perdagangan yang…

BCA Expoversary 2020 BSD

Senin, 24 Februari 2020 - 21:00 WIB

BCA Expoversary 2020 Dikunjungi Lebih 50.00 Pengunjung

Perhelatan BCA Expoversary 2020 yang digelar dalam rangka merayakan HUT BCA yang ke-63 sukses dipadati oleh lebih dari 50.000 pengunjung selama tiga hari, yakni dari tanggal 21 Februari hingga…

DMMX’s signage yang terpasang pada kafe yang terletak di dalam minimarket di Jakarta

Senin, 24 Februari 2020 - 20:56 WIB

Digital Mediatama Maxima - DMMX, Fokus Mewujudkan Pertumbuhan Bisnis

Bisnis utama dilengkapi pertumbuhan strategis Sekitar 1.600 layar year-to-date Pada 21 Februari tahun ini, bisnis cloud advertising DMMX berhasil memperluas jangkauannya ke 6.800++ lokasi, 49%…