18 Klub Dipastikan Tampil di Indonesia Liga 1 Bergulir 15 April

Oleh : Herry Barus | Jumat, 17 Maret 2017 - 10:41 WIB

 Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi (Foto:trentekno)
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi (Foto:trentekno)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia memastikan kompetisi liga tertinggi di Indonesia, Liga 1, mulai bergulir pada Sabtu, 15 April 2017.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Umum PSSI Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi dalam pertemuan dengan perwakilan 18 klub peserta Liga 1 di Markas Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Makostrad), Jakarta, Kamis (16/3/2017)

"Pertemuan dengan klub pada hari ini (Kamis) untuk membahas hal itu. Untuk rincian liga akan disampaikan dua minggu ke depan," ujar Edy usai pertemuan tersebut.

Terkait pelaksana liga, PSSI menunjuk PT Liga Indonesia Baru sebagai operator. Di jajaran pengurus ini, nama Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) Glenn T. Sugita dipilih sebagai Komisaris Utama. Sementara Bendahara Umum PSSI Berlinton Siahaan mengisi posisi Direktur Utama.

"Mereka dipilih karena profesional dan menguasai bidangnya. Terkait pembagian saham, PSSI memiliki satu persen saham PT Liga Indonesia Baru," tutur Edy.

Klub-klub yang mengikuti Liga 1, kata Edy, nantinya mendapatkan dana pembinaan masing-masing sebesar Rp7,5 miliar.

Untuk regulasi, PSSI menyatakan tidak jauh berbeda dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya seperti setiap klub hanya boleh mengontrak maksimal tiga pemain asing, di mana dua orang merupakan pemain non-Asia dan satu pemain Asia atau disebut aturan dua plus satu.

Namun, klub bisa memiliki empat pemain asing kalau bisa mendatangkan pesepak bola ternama atau disebut "marquee player".

Syarat "marquee player" yang ditetapkan PSSI adalah umur harus di bawah 35 tahun, pernah bermain setidaknya di tiga putaran Piala Dunia terakhir (untuk hal ini pada tahun 2006, 2010, dan 2014) dan bisa berasal dari negara mana saja.

Salah satu "marquee player" yang sudah mengonfirmasi kepastian bermain di Liga 1 adalah Michael Essien yang telah dikontrak Persib Bandung.

Kemudian, setiap klub diharuskan mengontrak sedikit-dikitnya lima pemain dengan umur di bawah 23 tahun (U-23) dan wajib memainkan paling sedikit tiga orang pada setiap laga.

"Aturan tentang ini sama seperti Piala Presiden 2017," kata Wakil Ketua Umum PSSI Djoko Driyono.

Jika benar demikian, maka para pemain U-23 itu wajib dimainkan dengan durasi total minimal 45 menit.

Terakhir, aturan yang akan diterapkan adalah pembatasan usia pemain. Satu tim mesti memiliki maksimal dua orang pemain dengan usia 35 tahun ke atas.

Perihal permasalahan sponsor dan lain-lain yang bersifat teknis, masih akan diputuskan kemudian. "Kami akan membicarakan lagi dengan klub," kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Berlinton Siahaan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…