Gudang Garam Akan Bangun Bandara di Kediri

Oleh : Hariyanto | Jumat, 17 Maret 2017 - 10:15 WIB

PT. Gudang Garam Tbk (Ist)
PT. Gudang Garam Tbk (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta,  PT Gudang Garam berencana untuk membangun bandar udara di Kabupaten Kediri yang diproyeksikan untuk penerbangan komersial.

Rencananya, lahan dan anggaran untuk pembangunan bandara tersebut dipersiapkan tanpa menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) karena di sokong penuh oleh perusahaan rokok tersebut.

"Bandaranya nanti digunakan untuk umum, namun sebagian untuk privasi perusahaan," kata Gubernur Jawa Timur, Soekarwo di Surabaya, Kamis (16/3/2017).

Soekarwo mengatakan, pembahasan tentang pembangunan bandara itu dibahas dalam rapat terbatas yang diikutinya bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri di Istana Merdeka Jakarta baru-baru ini. Ada sejumlah opsi lokasi, namun pembangunan bandara di Kabupaten Kediri jadi prioritas.

"Dalam rapat kabinet, yang didahulukan pembangunan bandara di Kabupaten Kediri, karena tanah dan anggarannya sudah siap," kata Soekarwo.

Soekarwo menjelaskan, karena anggaran dan lahan akan disiapkan oleh Gudang Garam, perusahaan rokok besar berbasis di Kediri itu nantinya akan mengelola bandara tersebut.

Namun, ia enggan mengungkap rinci lokasi pasti bandara yang akan dibangun itu. Hal yang pasti, survei lokasi sudah dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, termasuk dari sisi lalu lintas udara kemiliteran.  "Sudah dicek Kementerian Perhubungan (Kemenhub)," ujar Soekarwo.

Rencananya, lanjut dia, landasan pacu bandara di Kabupaten Kediri itu sepanjang 2.300 meter. Cukup untuk pendaratan pesawat Airbush jenis kecil.

"Pesawat berpenumpang 128 sampai 130 orang," ungkap Soekarwo.

Rencana pembangunan bandara di kawasan selatan Jatim berhembus sejak beberapa tahun lalu. Selain Kediri, opsi lain yakni di Kabupaten Tulungagung.

"Kalau (bandara) Tulungagung (anggarannya pakai) APBN. Belum siap karena lahannya punya Perhutani, dan itu belum selesai (dibahas)," tutup Soekarwo.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…