Viky Sianipar : Konser Indonesia Harmoni Bukan Konser Biasa

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 17 Maret 2017 - 08:48 WIB

Para Pendukung Konser "Indonesia Harmoni"
Para Pendukung Konser "Indonesia Harmoni"

INDUSTRY.co.id - Harmoni masyarakat Indonesia saat ini tengah mengalami gelombang surut dalam kehidupan sosial politik. Tak lain disebabkan pengaruh Pemilihan Kepala daerah (PIlkada) yang membuat masyarakat terbagi dalam kubu mendukung calon tertentu dam tidak mendukung calon lain.  Tak pelak usai Pilkada disharmoni dikehidupan sosial terus berlanjut. Dan ini tidak produktif bagi kelanjutan berbangsa dan bernegara.

Keadaan seperti inilah yang mendorong sejumlah musisi akan menggelar konser bertajuk “Indonesia Harmoni” yang akan dilangsungkan di Ciputra Artpreneur Theater, tanggal 25 Maret mendatang. Konser ini digagas oleh Tulip Cipta Kreasi bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata, Kementerian Kemaritiman, Badan Ekonomi Kreatif serta pihak swasta lainnya.

“Ini bukan konser biasa,”kata musisi Viky Sianipar yang menjadi pengarah musik dan aransemen Indonesia Harmoni.

“Ini konser yang sepenuhnya dikerjakan dengan hati dan pikiran bahwa lewat music sebenarnya kita masih bersatu. Tidak disharmoni. Tapi kembali ke Harmoni kita sebagai bangsa Indonesia yang majemuk,” tambah peraih piala Usmar Ismail Award 2016 sebagai Penata Musik Terbaik.  

Soal harmoni, viky mencontohkan posisi sebuah band. “Tidak mungkin khan sebuah band hanya terdiri dari drum saja. Atau gitar saja. Sebuah band harus harmoni memadukan semua alat musik hingga enak terdengar. Begitu juga bangsa ini, semua harus kembali ke perannya hingg menciptakan harmoni yang indah dalah kehidupan,” katanya serius.

Lebih lanjut, lelaki kelahiran Jakarta pada 26 Juni 1976 itu menerangkan toleransi dalam bermusik. “Begitu juga tentang toleransi. Kita sebagai anak band tentu paling menjalankan. Dalam menciptakan musik yang harmonis, kita harus toleransi, tidak harus semua alat musik serentak dimainkan terus, tapi ada alat musik yang dimainkan, tapi ada juga tidak dimainkan. Semua itu untuk agar musik enak didengar dan harmonis,” katanya lagi.

Konser Musik yang mengusung tema Kebhinnekaan ini, menampilkan sejumlah nama penting dijagad hiburan tanah air. Yakni Viky Sianipar Ethnic Ensembel yang akan tampil  mengiringi solois terbaik lndonesia’, seperti di antaranya Once Mekel, Rio Febrian, Gita Gutawa, Nania Idol, Rayhan ‘The Rising Star’, Indonesia Pusaka Children Choir, serta pernyanyi cilik paling dikagumi saat ini, Naura.

 “Alhamdulillah Konser lndonesai Harmoni, bisa kami laksanakan. Keutuhan dan kekompakan dari setiap talent yang ada merupakan cermin dari keharmonisan yang mewakilkan harapan kami, yaitu spirit kebhinnekaan harus terus menerus digaungkan keseluruh pelosok negeri. Meski kita berbeda, tapi kita tetap satu utuh dalam keharmonisan. Inilah pesan yang ingin kami sampaikan dalam Konser ini,” ungkap Yohana Elizabeth Hardjadlnata dan Setia Budi Ace Nurdin, selaku pegagas dan pelaksana inti dari INDONESIA HARMONI.

 

Adapun pertunjukan konser INDONESIA HARMONI ini diarahkan oleh Ari Tulang, selaku Creative & Show Director, yang mengemas makna ”Kebhinnekaan Indonesia”, dalam konsep yang berbeda, baru, sekaligus unik, dibanding pertunjukan musik lainnya yang pernah digarapnya.

 

”Saya ingin menampilkan wajah Indonesia yang bersahaja, sederhana tapi eksotis, penuh dinamika dan keragaman, tapi sekaligus sangat harmonis. Setiap elemen dalam pertunjukan Indonesia Harmoni ini, akan saling kait-mengkait. Seperti Indonesia yang berbeda suku, agama, ras dan golongan, namun tetap dalam satu kesatuan Indonesia,” simpul Ari Tulang, seniman yang sudah malang melintang dalam dunia pertunjukan ditingkat nasional maupun mancanegara.

 

Acara yang diperkiran berlangsung selama lebih kurang 120 menit ini, akan menyajikan sejumlah lagu-lagu Indonesia, antara lain; lagu dengan tema kebangsaan, tentang keindahan alam nusantara yang diangkat dari lagu-lagu karya band legendaris, Koes Plus, serta Iagu-lagu yang ditulis oleh para komponis besar kebanggaan lndonesia.

 

Sampai saat ini, penjualan tiket sudah mencapi 75% dari target penonton sesuai kapasitas venue, sejumlah 1.500 orang. Tiket yang dijual dengan variasi harga; Platinum, Gold, Silver, Bronze dan Balcony, bisa diperoleh secara online melalui www.loket.com yang dibuka hingga 25 Maret 2017, menjelang konser berlangsung. (Amz)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

HARRIS Hotels Merayakan Hari Kesehatan Nasional 2018 Menyediakan Healthy Corner

Senin, 12 November 2018 - 20:15 WIB

HARRIS Hotels Merayakan Hari Kesehatan Nasional 2018 Menyediakan Healthy Corner

HARRIS Hotels mengadakan program Healthy Corner di semua hotel di dalam jaringannya yang kini berjumlah 23 hotel di seluruh pelosok Indonesia dengan tujuan untuk memberikan inspirasi kepada…

GE

Senin, 12 November 2018 - 19:54 WIB

GE Healthcare Resmikan Pemasangan 1000 CT Scan di Kawasan Asia Tenggara

GE Healthcare, penyedia teknologi dan solusi kesehatan, terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUN))

Senin, 12 November 2018 - 19:51 WIB

Tol Ngawi-Kertosono Bisa Dilalui Januari 2019

PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola tol Ngawi-Kertosono menyatakan tol seksi 3 Wilangan-Kertosono akan beroperasi pada awal 2019.…

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 12 November 2018 - 19:45 WIB

Urban Jakarta IPO di Kisaran Rp1.000-Rp1.250

PT Urban Jakarta Propertindo Tbk akan melepas sebagian sahamnya ke publik melalui skema penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) di kisaran harga Rp1.000-Rp1.250 per saham.

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 12 November 2018 - 19:40 WIB

BEI: Penghitungan Free Float Praktik Umum Bursa Dunia

Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai bahwa metode penghitungan terhadap kelompok saham atau indeks dengan memasukan rasio "free float" merupakan praktik umum di bursa dunia.