Teknologi Blockchain dan Marketing Digital di Industri 4.0

Oleh : Ahmad Hudori, Mahasiswa Manajemen Teknologi S2 President University | Rabu, 20 November 2019 - 12:07 WIB

Ahmad Hudori, Mahasiswa Manajemen Teknologi S2 President University
Ahmad Hudori, Mahasiswa Manajemen Teknologi S2 President University

INDUSTRY.co.id, Era industri saat ini para pakar teknologi memprediksi bahwa industry apapun akan terdisrupsi oleh system yang bernama blockchain. Di bidang keuangan misalnya, blockchain akan menghilangkan beberapa fungsi di perbankan dalam proses transaksi dengan customer nya, dan pada industry  kesehatan seorang dokter untuk melakukan diagnosis kepada pasien nya memerlukan teknologi blockchain agar hasil nya menjadi lebih cepat dan akurat. Saat ini para perusahaan sedang melakukan beberapa perubahaan di bisnisnya, agar dapat menyusun strategi yang tepat untuk menerapkan blockchain bagi kemajuan bisnis di ekosistem digital saat ini.

Saat ini hal yang mustahil jika bagi setiap pemilik bisnis untuk tidak memakai dan meguasai  digital marketing di perusahaan nya. Kewajiban untuk dapat menguasai digital marketing berlaku baik bagi perusahaan besar, menengah, dan juga para ukm diindonesia. Hamper semua bisnis industri membutuhkan sebuah digital marketing. Hal tersebut tidak terlepas dari kenyataan bahwa saat ini di era 4.0 sudah lagi menerapkan system ddigital di segala aspek nya. Karena menurut informasi bahwa hampir penduduk Indonesia sudah terhubung dengan internet.

Pada saat terjadi harbolnas 11.11 jelas terlihat ketika banyak banjir promo di toko-toko online, sehingga sangat terlihat bahwa strategi marketing sangat terasa efek nya di ranah digital. Teknologi membuat orang menjadi mudah, dan juga dengan metode pembayaran fintech yang semakin memudahkan para konsumennya. Dengan memberikan pinjaman online hanya dengan memasukan data dengan very simple. Para user sudah bisa berbelanja di toko online tersebut.

Sempat saya merenung, apakah kedepannya memang para industry akan beralih semua ke online. Melihat miris nya saat ini juga para industry di banten menutup pabriknya, dan memindahkan pabriknya keluar banten. Karena mungkin saat ini di era 4.0 letak lokasi pabrik sudah tidak berpegaruh secara signifikan. Dengan akses internet yang mudah dan cepat dan juga transportasi yang sudah mennjang saat ini diluar pulau jawa, tidak menutup peluang para pelaku bisnis untuk memindahkan produsksi dan penjualannya di luar pulau jawa. 

Marketing era 4.0 menumbuhkan hubungan antara  machine to machine dan pada artificial intelligence untuk menunjang proses produktivitas nya. Intinya Hal tersebut harus dapat diimbangi dengan pengembangkan dari setiap konektivitas human-to-human yang akan memperkuat customer engagement. pengembangan teknologi tidak berhenti pada hal teknologi nya saja, tapi juga bagaimana teknologi tersebut dapat memperkuat brand identity produk tersebut untuk membentuk jaringan relasi dengan para customernya.

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkop dan UKM Teten Masduki bersama Staf Khusus Presiden Putri Tanjung saat berdialog dengan sejumlah pengurus Koperasi, di Desa Wisata Candirejo, Borobudur

Senin, 24 Februari 2020 - 20:31 WIB

Menkop dan UKM Ajak Pengurus Koperasi Kembangkan Wisata Super Prioritas

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan, dirinya ditugaskan Presiden Joko Widodo untuk membantu mengembangkan pariwisata super prioritas di Indonesia. Salah satunya adalah Borobudur…

Mendag Agus bertemua industri gula india

Senin, 24 Februari 2020 - 20:10 WIB

Mendag Agus Rayu Industri Gula India Benamkan Modal di Indonesia

ISMA adalah asosiasi industri tertua di India. Asosiasi ini beranggotakan lebih dari 650 pabrik gula dan memproduksi lebih dari 50 persen total gula India.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Senin, 24 Februari 2020 - 19:36 WIB

Menteri Teten Dorong Pelatihan SDM KUMKM di Daerah Wisata Super Prioritas

Menteri Teten minta kepada Deputi Bidang SDM pendidikan/pelatihan SDM KUMKM terutama untuk Kewirausahaan/Vocational untuk diperluas dan diperbanyak, khususnya daerah wisata super prioritas (bali…

Arind Kunto

Senin, 24 Februari 2020 - 17:32 WIB

Arind Kunto Presentasikan Dunia Otomotif Lewat Kanal Youtube

Arind YouTuber yang penuh eksplorasi, berorientasi dengan pandangan ke depan yang positif, dan fokus pada kualitas konten Vlog yang sajikan.

Samsung Giga Party Audio

Senin, 24 Februari 2020 - 16:06 WIB

Samsung Hadirkan Samsung Giga Party Audio

Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan Samsung Giga Party Audio, penambahan terbaru ke jajaran home audio dan entertainment. Dengan Built-in Woofer, Bass Booster, dan fungsi Karaoke Mode,…