Pola Pikir Milenial dalam Strategi Pemasaran

Oleh : Ichi Arie Nuranisa | Selasa, 19 November 2019 - 18:08 WIB

Ichi Arie Nuranisa, Mahasiswi MM.Tech President University
Ichi Arie Nuranisa, Mahasiswi MM.Tech President University

INDUSTRY.co.id, Dikenal sebagai generasi yang memprioritaskan pengalaman, milenial mengubah bagaimana dunia pemasaran bekerja. Hal ini didukung oleh perkembangan dunia teknologi khususnya dalam ranah komunikasi. Kemudahan dan bervariasinya proses komunikasi dengan gawai pun berimbas pada bagaimana strategi pemasaran yang menyasar milenial dapat dimaksimalkan.

Mengutip dari CampaignMonitor, terdapat beberapa konsep yang dapat menjadi rujukan untuk merancang strategi pemasaran. Konsep-konsep ini merujuk pada bagaimana pola pikir milenial memengaruhi strategi pemasaran yang teraplikasikan dalam kecanggihan gawai mereka.

Milenial atau generasi yang lahir pada periode antara 1981 hingga 1996 memiliki kertetarikan akan sesuatu yang lebih visual. Hal tersebut didukung dengan kepiawaian gawai masa kini yang dapat memberikan dukungan pada preferensi visual tersebut. Hal yang perlu diperhatikan, menurut CampaignMonitor, desain memiliki peran penting. Konsep desain menjadi pintu awal bagi para audiens untuk menentukan apakah mereka tertarik dengan produk tersebut atau tidak.

Desain yang sederhana dengan gaya minimalis menjadi pilihan milenial. Hal tersebut didukung dengan konsep bahwa perhatian milenial cenderung tertuju pada sesuatu yang scan-able. Ide scan-able merujuk akan bagaimana milenial dapat menangkap informasi secara cepat, tanpa membaca berparagraf-paragraf. Desain minimalis dan kasual menambah poin ekstra pada strategi pemasaran yang memanfaatkan kepiawaian gawai tersebut.

Selain desain dan tampilan wajah secara general, respons yang diberikan oleh penyedia jasa atau barang menjadi hal berikutnya yang dikritisi oleh kaum milenial. Respon yang jujur dengan kata-kata sedemikian rupa menjadi ujung tombak dari suatu usaha apabila terdapat suatu kendala yang dialami oleh kaum milenial sebagai konsumer. Hal ini kemudian merujuk pada pentingnya transparansi yang ditawarkan oleh pihak pemberi jasa atau barang dalam menampilkan ulasan.

Oleh sebab itu, desain yang baik dan didukung oleh respon serta transparasi yang jujur dapat menjadi pondasi awal bagaimana menyusun strategi pemasaran yang menyasar kaum milenial di era serba gawai.

Penulis adalah Ichi Arie Nuranisa, BA(Comm)., M.I.Kom, Mahasiswi President University

Komentar Berita

Industri Hari Ini

DI Bendungan Rajui

Senin, 24 Februari 2020 - 21:24 WIB

Telan Dana APBN Sebesar Rp 101,4 Miliar, Apa Saja Yang Dibangun di DI Bendungan Rajui?

Bendungan Rajui mempunyai kapasitas tampung sebesar 2,67 juta meter kubik (m3) untuk mengairi areal persawahan produktif di downstream bendungan yakni wilayah Seumayam Tanjung seluas 1.000 hektare…

Reinhard Ehrenberger, President Director of Menarini Indonesia

Senin, 24 Februari 2020 - 21:20 WIB

Penelitian Observasional Nebivolol Pada Pasien Asia, Menunjukkan Hasil yang Efektif

Penelitian observasional nebivolol sesuai kondisi praktik dokter sehari-hari yang dilakukan terhadap 3.011 pasien hipertensi di Korea. Penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan nebivolol…

Mendag Agus di india

Senin, 24 Februari 2020 - 21:15 WIB

Uber Target Perdagangan sebesar USD 50 miliar, Mendag Sambangi Konfederasi Industri India

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan, kolaborasi dengan Konfederasi Industri India (Confederation of India Industry/CII) merupakan salah satu upaya mencapai target perdagangan yang…

BCA Expoversary 2020 BSD

Senin, 24 Februari 2020 - 21:00 WIB

BCA Expoversary 2020 Dikunjungi Lebih 50.00 Pengunjung

Perhelatan BCA Expoversary 2020 yang digelar dalam rangka merayakan HUT BCA yang ke-63 sukses dipadati oleh lebih dari 50.000 pengunjung selama tiga hari, yakni dari tanggal 21 Februari hingga…

DMMX’s signage yang terpasang pada kafe yang terletak di dalam minimarket di Jakarta

Senin, 24 Februari 2020 - 20:56 WIB

Digital Mediatama Maxima - DMMX, Fokus Mewujudkan Pertumbuhan Bisnis

Bisnis utama dilengkapi pertumbuhan strategis Sekitar 1.600 layar year-to-date Pada 21 Februari tahun ini, bisnis cloud advertising DMMX berhasil memperluas jangkauannya ke 6.800++ lokasi, 49%…