Kemenhub Skors Petugas Terkait Kebakaran Genset

Oleh : Irvan AF | Rabu, 15 Maret 2017 - 14:32 WIB

Maskapai Garuda Indonesia
Maskapai Garuda Indonesia

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan akan memberlakukan sanksi berupa skors atau "grounded" petugas yang dinilai bertanggung jawab terkait insiden kebakaran genset di milik PT Gapura Angkasa yang terbakar di apron Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (14/3) malam.

"Tim kita sedang melakukan investigasi ke lokasi, kalau memang hasilnya ditemukan pihak-pihak yang bertanggung jawab, kita akan 'grounded' (skors)," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Agus mengingatkan setiap operator di bidang penerbangan agar selalu mematuhi dan menjalankan standar dan prosedur operasi keselamatan dan keamanan kerja serta peralatan yang digunakan.

Hal itu karena keselamatan dan keamanan penerbangan merupakan hal yang utama dalam penerbangan.

"Keselamatan dan keamanan penerbangan merupakan hal yang mutlak karena menyangkut nyawa manusia. Pelanggaran dalam hal keselamatan dan keamanan penerbangan bisa mengakibatkan insiden, serius insiden dan kecelakaan," katanya.

Dia menegaskan kejadjan kecelakaan, insiden dan serius insiden harus dicegah sedini mungkin dengan selalu mematuhi standar dan prosedur  operasi keselamatan dan keamanan kerja dan peralatan yang digunakan.

Dia menambahkan pesan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bahwa keselamatan dan keamanan penerbangan Indonesia yang sudah mencapai standar Internasional harus dijaga dan ditingkatkan.

Pencapaian standar Internasional tersebut ditandai dengan dinaikkannya standar keselamatan penerbangan Indonesia oleh Otoritas Penerbangan AS (FAA) dari kategori 2 menjadi kategori 1 pada pertengahan tahun 2016 lalu.

Selain itu banyak maskapai-maskapai Indonesia yang sudah lolos dari larangan terbang ke wilayah Uni Eropa.

Menurut dia, meselamatan dan keamanan penerbangan juga bisa mempengaruhi bisnis penerbangan nasional yang saat ini sudah meningkat.

"Jika keselamatan dan keamanan penerbangan tinggi, masyarakat tidak takut menggunakan transportasi udara sehingga bisnis penerbangan meningkat," katanya.

Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Agoes Soebagio melaporkan adanya kejadian kebakaran genset atau GPU milik PT Gapura di G.39 Apron Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 23.30 WIB.

GPU tersebut sedang melayani pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus A330-300 dengan nomor registrasi PK-GPR.

Pesawat dengan nomor penerbangan GA421 tersebut terbang dari Denpasar dan mendarat di Bandara Soekarno Hatta pukul 19.24 WIB.

Agoes menambahkan pesawat tidak ada rencana terbang lagi sehingga tidak ada penerbangan yang terlambat (delay).

"Pesawatnya tidak terbakar hanya GPU nya saja yang terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut," katanya.

Pesawat sudah ditarik ke hangar untuk dilakukan inspeksi detil setelah tekanan panas.

"Laporan sementara pihak Garuda,  tidak ada kerusakan di pesawat. Dari visual inspeksi  dilaporkan ada stain Hitam  bekas Asap pada "fuselage span" kanan dan tidak ada kerusakan lain. Namun demikian pesawat masih akan dicheck lagi oleh GMF Aero Asia," katanya.

Adapun kronologis kejadian tersebut adalah sebagai berikut, pukul 23.30 WIB Petugas Apron Movement Center (AMC) bernama Hari Utomo melaporkan kepada petugas  WR PKP-PK bernama Samman bahwa ada kepulan asap/api di parking stand G.39 Apron T.3.  Ternyata diketahui GPU milik PT Gapura terbakar dan api semakin membesar dab dilakukan reaksi pertama pemadaman dengan menggunakan alat pemadan api ringan.

Pada pukul 23.31 WIB, petugas PBK T.3  bernama Ahmad S tiba di lokasi dan menghubungi F.2 (SPK Utama) untuk mengirim saru unit kendaraan PKP-PK F.I.03  dengan supir bernama Iskandar.

Pukul 23.36 WIB F.I.B dioperasikan namun ujung pancaran tak mencapai sumber api.

Pukul 23.39 WIB kendaraan PKP-PK tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman dan pada Pukul 23.42 WIB api padam total, kemudjan Pukul 23.45 WIB GPU ditarik dengan operator bernama Sugi Hariyanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.