GIMNI: Ada Peningkatan Permintaan CPO Olahan Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Rabu, 15 Maret 2017 - 14:31 WIB

kelapa sawit (ilustrasi)
kelapa sawit (ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Upaya peningkatan produk hilir atau turunan minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) ke pasar ekspor mulai menampakan hasil.

"Ada peningkatan permintaan ekspor CPO olahan di tahun ini. Target pertumbuhan produk CPO olahan tahun ini diperkirakan mencapai 10% dibanding tahun lalu," kata Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), Sahat Sinaga, di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Produk olahan CPO yang banyak peminatnya di pasar ekspor, yaitu minyak sawit olahan yang telah dimurnikan atau RBD Palm Oil. Produk ini merupakan bahan baku untuk membuat minyak goreng.

"Selain itu, minyak sawit olahan cair juga banyak diminati untuk bahan baku kimia atau oleochemical. Sebagian besar produk CPO olahan masih diperuntukkan bahan baku makanan, dan sisanya untuk industri kosmetik dan plastik," tutur Sahat.

Sahat menambahkan, pasar tujuan ekspor produk CPO olahan ini adalah Asia Tengah seperti India dan Pakistan serta negara Timur Tengah. Produk CPO olahan juga banyak diminati pasar Uni Eropa, namun sulit untuk digarap karena harga yang ditawarkan terlalu rendah sehingga banyak eksportir yang melirik pasar lainnya.

"Besarnya ekspor CPO olahan menandakan sektor hilirisasi kelapa sawit semakin bergairah di Tanah Air. Diperkirakan, porsi ekspor CPO mentah bakal terus menurun secara alamiah," ujarnya.

Berdasarkan data Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit tahun lalu, ekspor CPO mentah semakin mengecil. Tercatat, ekspor CPO mentah hanya sekitar 5 juta ton atau hanya 17,69% dari total ekspor 28,26 juta ton, jumlah ini jauh lebih kecil ketimbang ekspor CPO mentah 2015 yang mencapai 7,21 juta ton atau 27,32% dari total ekspor yang mencapai 26,39 juta ton.

Tren ini diprediksi bakal terus berlanjut tahun ini karena ekspor CPO mentah per Januari 2017 hanya 670.000 ton atau 20,55% dari total ekspor sebesar 3,26 juta ton. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…