Kekuatan Pasar Domestik dan Ekspor Jadikan Tekstil Industri Paling Potensial

Oleh : Hariyanto | Rabu, 15 Maret 2017 - 13:57 WIB

Produksi tekstil (vov5)
Produksi tekstil (vov5)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex) menyatakan, kekuatan pasar domestik dan peluang pertumbuhan ekspor menjadikan industri tekstil sebagai salah satu industri paling potensial di Indonesia.

"Industri tekstil dan garmen di Indonesia bukan sunset industry, tetapi sunrise industry," kata Direktur Utama PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex), Iwan Setiawan Lukminto di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Perusahaan dengan kode emiten SRIL tersebut terus meningkatkan penetrasi di pasar global. Dan Indonesia, merupakan salah satu negara yang bisa membukukan pertumbuhan pesat dari perubahan posisi AS karena pangsa pasar produk tekstil asal Tanah Air di pasar global baru 4%.

"Indonesia, didukung tingkat upah yang kompetitif. Pemerintah saat ini juga memastikan pergerakan tingkat upah pekerja bisa diprediksi lewat kontrol kenaikan upah minimum," tutur Iwan.

Perkembangan paling baru adalah keputusan pemerintah Amerika Serikat untuk mundur dari Trans Pacific Partnership (TPP). Langkah AS membuat industri tekstil dan garmen Indonesia bisa bersaing lebih ketat dengan industri serupa di Vietnam yang selama ini diuntungkan oleh TPP.

Data BPS menunjukkan produk garmen adalah produk industri manufaktur Indonesia dengan nilai ekspor kedua tertinggi. Nilai ekspor produk garmen Indonesia tahun lalu turun dari US$6,41 miliar menjadi US$6,23 miliar.(Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 20 November 2018 - 21:00 WIB

Pelindo 1 Terus Tingkatkan Sarana Sejumlah Pelabuhan

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana di sejumlah pelabuhan yang dikelola perusahaan tersebut dalam upaya meningkatkan layanan kepada konsumen.

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar

Selasa, 20 November 2018 - 20:40 WIB

Arcandra: Investasi Satu Sumur Bisa Capai Rp1,5 Triliun

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyebutkan nilai invetasi satu sumur minyak di perairan dalam (deep water) bisa mencapai Rp1,5 triliun

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Selasa, 20 November 2018 - 20:20 WIB

Indonesia Promosikan Industri Sawit Berkelanjutan kepada Eropa

Indonesia mempromosikan industri kelapa sawit berkelanjutan lewat program Regular Oil Palm Course 2018 yang diikuti 15 peserta dari 10 negara.

Perawatan Kesehatan Rs Siloam (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 20 November 2018 - 19:30 WIB

Setiap Bulan RS Siloam Silampari Adakan Layanan Kesehatan Gratis di Sejumlah Daerah Lubuklinggau

Peningkatan mutu kesehatan, khususnya di daerah menjadi hal prioritas yang senantiasa dilakukan Siloam Hospitals Group. Karenanya melalui Rumah Sakit Siloam Silampari bersama GMSS (Gerakan Musi…

Ilustrasi Beasiswa

Selasa, 20 November 2018 - 18:16 WIB

50 Mahasiswa Raih Beasiswa Penuh dari Sea Group, Induk Garena, Shopee dan AirPay

Sebanyak 50 mahasiswa berprestasi terpilih untuk menerima beasiswa penuh dari Sea, induk perusahaan dari Garena (platform online gaming), Shopee (e-commerce) dan AirPay (layanan keuangan).