Tampil dengan Rasa Baru, BBM Suguhkan Berbagai Fitur Menarik

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 Maret 2017 - 12:08 WIB

BBM
BBM

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Blackberry resmi merilis BBM versi terbaru untuk seluruh pengguna BBM di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Versi terbaru ini sudah dapat dinikmati di Google Play dan App Store.

Versi terbaru dan tercanggih ini meliputi beberapa update pada tampilan dan rasa - terutama pada iOS dan Android, chatbot API terbaru, lebih banyak analitik untuk para mitra, pelaporan spam, kemampuan pengguna untuk menambahkan nomor telepon ke profil mereka, dan masih banyak lagi.

Rasa dan Tampilan Baru yang Lebih Ramping, Versi terbaru ini dilengkapi sejumlah update dan pengembangan untuk meningkatkan pengalaman pengguna iOS, termasuk Ikon terbaru untuk Chats, Contacts, Feeds, Contacts dan Discover untuk menyederhanakan menu navigasi utama

Selain itu, Ikon Discover sekarang muncul pada menu navigasi utama, BBM Channels dipindahkan dari navigasi utama ke layar BBM Discover,  Foto profil pengguna, PIN, dan informasi lain pada pengaturan sekarang terdapat dalam menu “Me”

Kini, menonaktifkan suara percakapan cukup dengan menggeser item dalam daftar obrolan/chat ke kiri - ini merupakan sebuah fitur baru, Permintaan pertemanan sekarang muncul pada tab Contacts dan juga Notifikasi group chat sekarang sekarang mencantumkan nama anggota grup dan nama grup

“Pengguna iOS dan Android dapat melihat gabungan tampilan grup dan chat beberapa orang, termasuk menu Discover baru pada format daftar sebagai ganti format grid pada ikon. Tata letak (layout) baru akan memudahkan pengguna melihat layanan baru yang diluncurkan, sebagaimana yang sudah kami masukan ke dalam daftar,” ungkap Matthew Talbot, CEO BBM melalui keterangan resmi kepada INDUSTRY.co.id diterima selasa (14/3/2017).

Untuk pengguna Android, foto profil yang diperbarui pengguna akan muncul dalam bentuk full image untuk di Feeds, sehingga orang-orang dapat melihat gambar tanpa perlu memperbesarnya.

Versi terbaru ini sekarang juga memasukkan chatbot application programming interface (API). Jika sebelumnya, pengguna dapat mengobrol dengan pemilik tapi hanya melalui telepon, sekarang, program pengganti manusia atau chatbot menjawab pertanyaan dalam chat.

“Kami yakin bahwa chatbot akan menjadi cerita besar pada 2017. Jika Anda merupakan salah satu pemilik channel, sekarang waktunya untuk mengikuti tren teknologi menyenangkan ini,” ujar Matthew.

BBM mengintegrasi metode pengukuran (metriks) yang telah ditingkatkan melalui Google Analytics. Para mitra dapat dengan mudah melacak dan melihat traffic mereka, termasuk jumlah unique users, returning users, berapa lama orang menggunakan aplikasi mereka, dan lain sebagainya.

Pelaporan Spam, sekarang pengguna bisa melaporkan permintaan pertemanan yang tidak diinginkan sebagai “spam” di BBM.

“Kami menerima laporan dari beberapa pengguna bahwa mereka mendapatkan permintaan pertemanan yang tidak diinginkan di aplikasi BBM mereka. Sekarang ada cara mudah untuk melaporkan hal tersebut,” ungkap Mathew.

Menambahkan Nomor Telepon, pada Juli lalu, BBM menambahkan fitur registrasi nomor telepon yang memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan akun BBM baru hanya dengan menggunakan nomor telepon sebagai ganti alamat e-mail sebagai kontak utamanya. Jika pengguna menambahkan nomor telepon ke profil, mereka akan tetap bisa masuk menggunakan e-mail atau nomor telepon sendiri.

“Semua fitur baru ini melengkapi banyak fitur lain yang sudah kami luncurkan dalam beberapa tahun belakangan ini dalam upaya kami untuk membuat BBM menjadi pusat kehidupan digital pengguna. Dan kami punya lebih banyak lagi yang masih dalam proses pengerjaan,” tutup Matthew

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…