Harmoni yang Tak Dipengaruhi Sekat-Sekat Negara

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 05 Desember 2016 - 14:36 WIB

Festival Wayang Asean
Festival Wayang Asean

INDUSTRY.co.id - Seni tak memiliki tapal batas. Keindahan yang merayakan ‘rasa’. Pluralitas rasa (sense of plurality) yang bersentuhan dengan cita rasa estetik (sense of art). Inilah yang diperlihatkan para seniman yang tergabung di ASEAN Puppetry Association (APA), dalam pertunjukan bersama; cultural performances, di Pendopo Kabupaten Mojokerto, Jum’at malam (02/12/2016).
 
ASEAN Puppetry Association (APA) Joint Performance, yang mengisahkan lakon “Ramayana” tersebut sangat memberi makna; tentang persaudaraan sejati ASEAN. Tentang pentingnya integrasi ASEAN; keserasian fungsi yang lebih kuat – dalam rangka meningkatkan hubungan antar manusia di antara negara-negara anggota ASEAN melalui gerakan kebudayaan.
 
Pentas “Ramayana” tersebut merupakan bagian dari acara The 7th Meeting of ASEAN Puppetry Association (APA), Its 10th Anniversary and ASEAN Puppetry Festival 2016, yang digelar di kota Mojokerto Jawa Timur, sejak 30 November – hingga 6 Desember 2016 mendatang.
 
Joint Performance ini menampilkan para artis, Mr. Anucha Sumaman (Thailand), Mr. Pangna Phranakhone (Laos), Mr. Mann Kosal, dan Mr. Sang Thorn Chek (Kamboja), PG Kamarudin PG HJ Othman (Brunei Darussalam), Donarose Marzan, dan Kiarra Poblacion (Philippines), Tin Tin Oo, Thet Thet Htwe Oo, dan Myint Mo (Myanmar), Mr. Suzlaifan Sulaimin (Singapore), Bui Duy Hieu, Nguyen Hong Phong, dan Nguyen Ngoc Triu (Vietnam), dan Mr. Wahyu Dunung Raharjo, Mr. Bimo Sinung Widagdo, dan Ms. Santi Dwisaputri (Indonesia).
 
Ikut menyaksikan pertunjukan ini Presidium Chairman of ASEAN Puppetry Association (APA), Mr. Danny Liwanag (Philippines), Sekjen ASEAN Puppetry Association (APA), Suparmin Sunjoyo (Indonesia), Mr. Prof. Dr. Ghulam (Malaysia), Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, pejabat perwakilan dari Direktur Kerjasama ASEAN fungsional, Kementerian Luar Negeri RI, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, anggota dan Pengurus SENAWANGI (Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia), PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia), serta sejumlah tokoh, seniman, budayawan, dan masyarakat Mojokerto dan sekitarnya.
 
ASEAN Puppetry Festival 2016, sebelumnya juga menampilkan pragmen arak-arakan yang melibatkan 10 wakil-wakil organisasi pewayangan dari negara anggota ASEAN, meliputi Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Philipina, Singapore, Thailand dan Vietnam.
 
Menampilkan dalang cilik putri Ike Nur Kumalasari, siswi SMKN 12 Surabaya, dan Dalang Terbaik Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional,  Joko Wicaksono, siswa SDN Banyulegi Dawar Blandong Mojokerto. Kedua dalang cilik anggota dari Sanggar Candra Siswa Mojokerto ini, tampil melalui pakeliran padat, yang digelar di Pendapa Agung Trowulan, Sabtu (03/12/2016).
 
Hingga di penghujung acara Festival Wayang ASEAN 2016, masih ada sejumlah penampil dengan berbagai jenis pertunjukan Wayang ASEAN, diantaranya Wayang Air dari Vietnam, Black Theatre dari Philipina, String Puppet (Wayang Tali) dari Myanmar, Shadow Puppet dari Singapore, Human Puppet dari Thailand, dan beberapa jenis pertunjukan Wayang Indonesia.

AMZ

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…