Mei 2017 Groundbreaking Metro Capsule Bandung

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 14 Maret 2017 - 15:57 WIB

Ilustrasi Metro Capsule Bandung
Ilustrasi Metro Capsule Bandung

INDUSTRY.co.id, Bandung -Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan peletakan batu pertama (Groundbreaking) pembangunan transportasi massal Metro Capsule dilakukan Mei 2017, dan akan rampung pada 2018.

“Insya Allah mudah-mudahan kalau tidak ada halangan kita groundbreaking namanya LRT Metro Capsule. Pangaminkeun lah (tolong diamini) karena sampai ke titik ini susahnya luar biasa,” tutur Emil kepada media, Selasa (14/3/2017).

Ia menambahkan, rencananya Metro Capsule akan dibangun sepanjang enam kilometer dan dilaksanakan secara dua tahap. Pembangunan tahap pertama meliputi lintasan sepanjang tiga kilometer dari Stasiun Bandung hingga Jalan Dalem Kaum. Tahap kedua dilakukan dari Tegalega hingga kembali ke Stasiun Bandung dengan jalur sepanjang tiga kilometer juga.

“Nilai proyeknya kalau tiga kilometer Rp 500 miliar. Kalau enam kilometer itu Rp 1 triliun. Kalau Rp 500 miliar itu hanya sampai Alun-alun. Kalau Rp 1 triliun itu sampai Tegalega muter hingga kembali ke Stasiun Hall pulang pergi. Biayanya dari PT PP (Pembangunan Perumahan) Persero,” ungkapnya.

Rencana pembangunan moda transportasi modern tersebut diakui Emil seringkali mengalami hambatan. Emil pun harus menghadap langsung Presiden Joko Widodo untuk meminta dukungan melalui Perpres.

“Nah ini DED (Detail Engineering Design) nya sudah dan yang lainnya sudah, mudah-mudahan lancar,” katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:50 WIB

Dirjen Cipta Karya: Rehabilitasi dan Rekonstruksi Tuntas Dalam Satu Hingga Dua Tahun

Teknologi Risha menggunakan sistem modular sehingga mudah dipasang dan lebih cepat penyelesaiannya dibandingkan konstruksi rumah konvensional.

PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) (Ist)

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:30 WIB

Anak Perusahaan RNI Luncurkan Program Kemitraan Tebu Desa Penyangga

Anak Perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang bergerak dalam sektor agroindustri, PT PG Rajawali II meluncurkan Program Kemitraan Tebu Desa Penyangga dengan Pabrik Gula (PG)…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:30 WIB

Menteri Airlangga: APBN 2019 Akan Difokuskan pada Pembangunan SDM

Pemerintah telah menetapkan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019 akan difokuskan pada pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:25 WIB

Rehabilitasi Fasilitas Publik dan Rumah Tahan Gempa di Lombok Diintensifkan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya untuk merehabilitasi fasilitas publik dan rumah dalam rangka percepatan pemulihan kehidupan sosial-ekonomi masyarakat pasca…

Ditjen Cipta Karya tandatangani kontrak dengan para penyedia jasa untuk pelaksanaan konstruksi

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:10 WIB

Tiga Infrastruktur Ini Ditergetkan Rampung Akhir 2019, Ini Masing-masing Anggaranya

Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya tandatangani kontrak dengan para penyedia jasa untuk pelaksanaan konstruksi Stadion Manahan Kota Surakarta, Pasar Atas Kota Bukittinggi, dan Pasar…