Launching Mobil Sapuangin, Gus Ipul Minta ITS Buat Grand Design Sistem Transportasi Jatim

Oleh : Hariyanto | Senin, 13 Maret 2017 - 09:59 WIB

Gus Ipul saat Launching Mobil Sapuangin (bj)
Gus Ipul saat Launching Mobil Sapuangin (bj)

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya membuat grand design sistem transportasi masa depan Jatim.Hal tersebut ia sampaikan saat Launching Mobil Sapuangin XI EVO 1 ITS Surabaya di Frontage Road Dinas Perhubungan Jatim, Minggu (12/3/2017).

"Semakin ke sini transportasi di Jatim semakin padat. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Jatim yang baik, jumlah manusia di Jatim makin banyak, jumlah kendaraan juga terus meningkat. Tapi di sisi lain, pertumbuhan ruas jalannya tidak sebanding dengan pertumbuhan manusia dan kendaraan," tegasnya.

Gus Ipul meminta agar memikirkan inovasi sistem transportasi masa depan, yakni mengintegrasikan transportasi untuk 100 km ke arah barat, 100 km ke arah selatan, 100 ke arah timur, dan 100 km ke arah utara. Tentunya, dengan sinergi bersama antara pemprov dan pemkab/kota seluruh Jatim.

"Saya minta ITS membuat grand design sistem transportasi Jatim di masa depan. Saya tidak ingin kita terlambat mengantisipasi kemacetan seperti di Jakarta, jika di sana ada subway, bukan tidak mungkin di sini juga ada. Untuk membuat grand design itu kita harus bersinergi, jangan sampai kota A transportasinya diurus dan sudah bagus, tapi kota B belum beres. Semua harus sejalan agar transportasi kita lancar di masa depan," katanya.

Secara khusus, Gus Ipul memuji ITS yang mampu menjadi andalan Indonesia karena sangat getol melakukan berbagai inovasi di bidang teknologi yang bermanfaat dan mampu berprestasi di tingkat dunia. Salah satunya adalah mobil irit bahan bakar yang dinamakan 'Sapuangin'.

"Inovasi utama adalah teknologi, kami sangat menghargai karya-karya anak bangsa yang luar biasa. Di mana di tengah-tengah produksi minyak dan gas dunia berkurang, ITS mampu menciptakan mobil Sapuangin yang memiliki BBM sangat efisien. 1 liter bisa mencapai 400 kilometer. Bayangkan jika bisa memproduksinya secara masal, tentu bisa lebih hemat dalam konsumsi BBM dan ramah lingkungan. Terima kasih ITS," pujinya.

Seperti diketahui, Tim Mobil Sapuangin ITS akan mengikuti lomba Shell Eco Marathon Asia 2017 yang dilaksanakan pada tanggal 16-19 Maret 2017 di Singapura. Sapuangin merupakan generasi mobil irit bahan bakar yang diinisiasi mahasiswa dari Jurusan Teknik Mesin ITS. Tim ini bermula dari keikutsertaan di Shell Eco-marathon (SEM) Asia pada tahun 2010.

Sapuangin rutin meraih prestasi dalam lomba tersebut, tahun lalu (2016), Sapuangin berhasil menjadi juara I dalam ajang EcoShell Marathon Challenge Asia 2016 di Filipina, pada 2015, Sapuangin juga mendapat juara pertama di kelas urban concept kategori diesel. Artinya, selama lima tahun berturut-turut selalu menjadi juara Shell Eco-marathon.

Launching Mobil Sapuangin pada kesempatan itu dihadiri Ketua Majelis Wali Amanah ITS, Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA, Ketua IKA ITS pusat Dwi Soetjipto, Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MSc ES, dan segenap civitas akademika ITS.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…