BTN Beri Bantuan Traktor Penggilingan Padi kepada Petani di Indramayu

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 13 Maret 2017 - 09:55 WIB

Bank BTN. (Foto: Istimewa)
Bank BTN. (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Indramayu – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) memberikan bantuan traktor penggiling padi kepada para petani di daerah Indramayu, Jawa Barat. Traktor tersebut adalah traktor penggilingan padi yang mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya, agar traktor tersebut dapat dipinjamkan kepada masyarakat lain untuk mempercepat pengolahan hasil panen.

“Kami saat ini memberikan bantuan berupa traktor penggiling padi kepada petani di Indramayu, selanjutnya kami juga akan melakukan hal yang sama untuk daerah lainnya, seperti Banten,” ujar Maryono, Direktur Utama BBTN, pada acara sinergi BUMN untuk mengembangkan Beras Organik dan pemberian Kartu Tani di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, dan dihadiri pula oleh Rini M Soemarno, Menteri BUMN, Jumat (10/03/2017).

Maryono mengemukakan, BTN akan mendorong kesejahteraan petani dengan memberikan bantuan traktor penggilingan padi. Jika kesejahteraan petani meningkat, maka hal tersebut diyakini akan berdampak positif terhadap bisnis BTN, terutama dalam menyukseskan program pembangunan sejuta rumah.

Maryono menjelaskan, penggunaan traktor penggilingan padi tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas petani. Jika para petani biasanya menggunakan alat manual, maka mereka hanya dapat memproduksi 4 ton gabah per hektar.

“Akan tetapi, jika mereka menggunakan traktor penggilingan padi ini, maka hasil panen mereka akan dapat mencapai 4,5 ton hingga 5,5 ton gabah kering per hektar,” tukas Maryono.

Maryono menuturkan, peningkatan produktivitas para petani tersebut diharakan juga dapat meningkatkan pendapatan mereka.Setelah pendapatan mereka naik, maka BTN akan menawarkan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Mikro, agar mereka dapat memiliki rumah yang layak untuk dihuni.

“Jadi, pertama-petama, kami naikkan dulu pendapatan mereka, kemudian kami akan menawarkan pinjaman untuk pemilikan rumah lewat skema KPR Mikro,” tegas Maryono.

Maryono mengungkapkan, petani sangat berpotensi untuk digarap menjadi nasabah BTN, baik nasabah dana maupun nasabah kredit. Untuk itu, BTN berperan aktif bersama BUMN lainnya agar dapat meningkatkan kesejahteraan petani dengan memberikan Kartu Tani.

“Kami bisa juga mendatangi petani di daerah lain untuk mempercepat program swasembada pangan, swasembada beras, dan bahkan kita bisa punya lebih, sehingga kita bisa jual ke negara lain,” katanya.

Sementara itu, demikian Maryono, melalui Kartu Tani tersebut, petani akan memperoleh subsidi untuk pembelian pupuk. Selain itu, Kartu Tani tersebur juga dapat digunakan untuk memperoleh Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan juga menjual hasil produksinya.***

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…