Undang 50 Merek Global, API Bakal Pamerkan Ketangguhan Industri Tekstil Nasional

Oleh : Ridwan | Selasa, 24 September 2019 - 10:40 WIB

Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Luar Negeri Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Anne P. Sutanto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Luar Negeri Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Anne P. Sutanto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mengundang 50 merek dan peritel global dari negara-negara importir garmen dunia datang ke Indonesia guna memaksimalkan ajang ekspor terbesar RI Trade Expo Indinesia (TEI) 2019.

"Kami undnag 50 merek global tersebut untuk menunjukkan kemampuan industri tekstil Indonesia dari hulu ke hilir kepada rantai pasok tekstil dunia, dan kami akan all out. Ini sangat positif," kata Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Luar Negeri API Anne P. Sutanto di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Anne, delegasi dari merek global tersebut akan melakukan kunjungan ke 11 pabrik tekstil dan garmen yang tersebar di empat provinsi, antara lain, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Rencananya, lanjut Anne, pertama meraka akan mendarat di Yogyakarta untuk menikmati culture budaya Indonesia, kemudian akan visit ke pabrik-pabrik tekstil dan garmen. Selanjutnya, mereka akan terbang ke Jakarta untuk ajang TEI 2019.

"Kita memang hanya visit 11 pabrik, tapi kami akan showcase pabrik-pabrik yang memang mampu untuk ekspor, sehingga buyer-buyer ini melihatnya sebagai satu portofolio," terangnya.

Tak hanya itu, terang Anne, delegasi merek global tersebut juga akan mengikuti Trade Expo Indonesia Tesktil Showcase Summit (TEITSS) untuk mengetahui dan memahami industri tekstil Indonesia secara keseluruhan. 

Dimana nantinya, lanjut Anne, mereka dapat berkomunikasi dengan pihak pemerintah RI untuk mengetahui visi perekonomian Indonesia ke depan untuk menyakinkan para calon investor agar mau berinvestasi di Tanah Air. "Mereka bisa bertanya apa saja tentang tekstil dan produk tesktil Indonesia," ungkap Anne.

Anne berharap nilai transaksi produk tekstil dalam perhelatan TEI tahun ini bisa naik 20 persen dari tahun kemarin. "Kalau untuk invetasi kemungkinan baru bisa direalisasikan tahun depan, mengingat perhelatan TEI yang sudah memasuki akhir tahun," tutup Anne.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkop dan UKM Teten Masduki bersama Staf Khusus Presiden Putri Tanjung saat berdialog dengan sejumlah pengurus Koperasi, di Desa Wisata Candirejo, Borobudur

Senin, 24 Februari 2020 - 20:31 WIB

Menkop dan UKM Ajak Pengurus Koperasi Kembangkan Wisata Super Prioritas

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan, dirinya ditugaskan Presiden Joko Widodo untuk membantu mengembangkan pariwisata super prioritas di Indonesia. Salah satunya adalah Borobudur…

Mendag Agus bertemua industri gula india

Senin, 24 Februari 2020 - 20:10 WIB

Mendag Agus Rayu Industri Gula India Benamkan Modal di Indonesia

ISMA adalah asosiasi industri tertua di India. Asosiasi ini beranggotakan lebih dari 650 pabrik gula dan memproduksi lebih dari 50 persen total gula India.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Senin, 24 Februari 2020 - 19:36 WIB

Menteri Teten Dorong Pelatihan SDM KUMKM di Daerah Wisata Super Prioritas

Menteri Teten minta kepada Deputi Bidang SDM pendidikan/pelatihan SDM KUMKM terutama untuk Kewirausahaan/Vocational untuk diperluas dan diperbanyak, khususnya daerah wisata super prioritas (bali…

Arind Kunto

Senin, 24 Februari 2020 - 17:32 WIB

Arind Kunto Presentasikan Dunia Otomotif Lewat Kanal Youtube

Arind YouTuber yang penuh eksplorasi, berorientasi dengan pandangan ke depan yang positif, dan fokus pada kualitas konten Vlog yang sajikan.

Samsung Giga Party Audio

Senin, 24 Februari 2020 - 16:06 WIB

Samsung Hadirkan Samsung Giga Party Audio

Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan Samsung Giga Party Audio, penambahan terbaru ke jajaran home audio dan entertainment. Dengan Built-in Woofer, Bass Booster, dan fungsi Karaoke Mode,…