Inilah Kunci Sukses Mahasiswa President University di INCHALL 2017

Oleh : Hariyanto | Kamis, 09 Maret 2017 - 16:01 WIB

Erwin Vernatha,Voni dan Jefferson Leona Patty, Anggota tim IE PresUniv
Erwin Vernatha,Voni dan Jefferson Leona Patty, Anggota tim IE PresUniv

INDUSTRY.co.id - Jakarta, President University kembali meraih prestasi dari ajang kompetisi prestisius bidang Industrial Engineering tingkat Asia bernama INCHALL 2017 (Industrial Challenge 2017). Kompetisi ini mempertandingkan masing-masing tim untuk diuji kemampuannya dalam penguasaan aspek-aspek Teknik Industri berdasarkan isu-isu terkait yang berupa Analytical and Industrial System Engineering Quiz, Simulation Gaming and Real Case study.

Kompetisi yang mengangkat tema "Zero Losses: A Goal Towards Business Process Sustainability" kali ini menampilkan 15 universitas yang masuk semifinal, baik dari Indonesia seperti UGM, ITB, ITS, UI, UII, USU, Unbra, Atmajaya, Ubaya, dan dari luar negeri seperti Technological Institute of The Philippines dan Universiti Teknologi MARA Malaysia.

Kegemilangan Mahasiswa Teknik Industri President University ini menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) diantara 5 Besar pemenang dari keseluruhan peserta.

Selain karena ditunjang oleh pengantar perkuliahan FULL berbahasa Inggris, sistem serta mekanisme pembelajaran dan ditambah program magang (internship) yang berdurasi 8 bulan, yang dirancang secara komprehensif berbasis Link and Match dengan dunia Industri khususnya di Kawasan Industri Jababeka. Keberhasilan para mahasiswa ini karena adanya penguatan penguasaan materi secara teori dan praktek melalui proses pembelajaran sehari-hari.

"Kami tidak punya bentuk pembinaan khusus untuk kompetisi, namun penguatan penguasaan materi secara teori dan praktek kami lakukan melalui proses pembelajaran sehari-hari. Jadi kurikulum dan proses belajar-mengajar memang dirancang sedemikian rupa, sehingga mahasiswa tidak hanya menguasai teori tetapi juga mampu menemukan dan menyelesaikan masalah di lapangan," tutur Kaprodi Teknik Industri President University Ir. Andira Taslim, MT melalui keterangan resminya, Kamis (9/3/2017).

"Selain di kelas, mereka juga akan banyak mendapat tugas yang mengharuskan mereka untuk terjun langsung ke lapangan seperti pabrik, worksop dan lain-lain,” ujar dosen yang bergabung dengan President University sejak tahun 2010 ini.

Andira juga menekankan, sekitar 2 minggu sebelum lomba Tim Dosen melakukan enrichment pengetahuan mereka dengan membekali pengetahuan terkini yang berkembang di dunia industri. Dan untuk mendorong mereka berprestasi, selain mengirimnya ke kompetisi-kompetisi yang berkaitan dengan Teknik Industri, kami juga punya event internal yang diberi nama IE (Industrial Engineering) AWARD.

“Hampir setiap mata kuliah memiliki project atau tugas besar. Dan setiap project selalu kami kompetisikan. IE Award ini adalah event untuk penyerahan penghargaan bagi student dengan achivement terbaik pada tugas besar di setiap mata kuliah selama 1 tahun. Pada kesempatan itu pula diberikan penghargaan bagi mahasiswa dengan Indeks Prestasi terbaik di setiap angkatan. Juga kepada mahasiswa yang memiliki progress atau loncatan perbaikan Indeks Prestasi yang paling tinggi pada semester terakhir sebelum IE Award digelar. IE Award ini adalah event tahunan program studi bekerja sama dengan PUMA IE (President University Major Association)," ujarnya.

"Semoga berbagai harapan, optimisme dan fasilitas dari segenap pemangku kepentingan pengelola Kawasan Industri Jababeka yang menjadi homebase mahasiswa President Universityini dapat terwujud serta semakin gemilang dengan prestasinya," tambahnya

Andira juga berharap para peserta mampu menjaga motivasi dan peningkatan daya juangnya dengan menjadi duta dan representasi keunggulan sistem dan mekanisme edukasi Teknik Industri, President University melalui kompetisi, uji interaksi-pengalaman dari perwujudan kesungguhan para dosen, staf dan pembimbing Tim IE PresUniv guna melahirkan pemimpin-pemimpin besar dibidangnya masing-masing, sebagaimana dituturkan olah Askar Triwiyanto, Ph.D, dosen Mechanincal Engineering President University.

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…