Festival Barongan Nusantara, Keindahan Wisata Seni Budaya Blora

Oleh : Hariyanto | Minggu, 04 Desember 2016 - 10:03 WIB

Kesenian Barongan Blora
Kesenian Barongan Blora

INDUSTRY.co.id - Blora, Pemkab Blora melalui Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) menggelar Festival Barongan Nusantara 3 pada Sabtu (26/11). Festival Barongan Nusantara 3 merupakan arak-arakan parade barong yang dilaksanakan dari Alun-alun menuju DPRD Blora.

Ribuan wisatawan lokal dan beberapa tampak wisatawan asing turut berbaur untuk menyaksikan parade barongan yang ditampilkan dalam bentuk arak-arakan. Parade di mulai Sejak pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB, para pengunjung rela berpanas-panasan sepanjang rute untuk menyaksikan Parade arak-arakan Barongan tersebut.

“Sudah ketiga kalinya ini saya pasti nonton, kebetulan memang suka dengan kesenian barongan. Barongan Blora berbeda dengan barongan dari kota lainnya. Musik pengiringnya rancak, penuh semangat sehingga ngangeni,” ucap Yoyok, salah satu penonton asal Kabupaten Tuban, Jatim.

Arak-arakan dilepas secara langsung oleh Bupati H.Djoko Nugroho dari depan Pendopo Kabupaten. Dalam sambutannya, Bupati yang telah menjabat dua periode ini mengapresiasi dan mendukung pengembangan barongan sebagai salah satu potensi unggulan Blora di bidang seni budaya.

Berdasarkan keterangan Kepala DPPKKI Slamet Pamudji SH, M.Hum setidaknya ada 26 grup yang mengikuti arak-arakan. Keduapuluh enam grup tersebut menampilkan ratusan barongan dengan berbagai kreatifitas dan tampilan seni.

“Arak-arakan dibuka dengan tampilan tim eksebisi dari Paguyuban Barongan Blora Risang Guntur Seto Kelurahan Kunden diikuti tim duta kesenian Tari Topeng Ireng dari Boyolali, Barongan Godong dari Jepara dan Barong Glagahwangi dari Demak. Setelah itu baru peserta ampyak-ampyak barong dan barong brai yang dilombakan dari perwakilan kecamatan serta umum,” jelasnya.

Sebelum berjalan menyusuri rute arak-arakan yang telah ditetapkan panitia, setiap peserta diwajibkan menampilkan garapan atau atraksi budayanya selama kurang lebih 3 menit di depan panggung kehormatan untuk dinilai dewan juri.

Barong Blora merupakan kesenian budaya yang berasal dari Kabupaten Blora. Barongan Blora dibawa dan dikembangkan oleh Samin Suro Sentiko setelah tinggal di Sumoroto, Ponorogo , tempat leluhurnya dimana nama Reyog di sumoroto saat itu lebih populer dikenal Barongan.  

Dari segi bentuk saat itu juga kepala Reyog dengan mulut terbuka dengan mahkota merak yang besar, namun saat di Blora sangat sulit untuk mendapatkan bulu merak, sehingga di ganti dengan bahan ijuk yang di bentuk seperti dadak merak dan di selipkan beberapa bulu merak saja di ijuk sebagai rambut barongan Blora.Hingga saat ini kesenian barongan Blora masih tetap di lestarikan dan terus berkembang di Kabupaten Blora .

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aktris Lee Se Young dalam drama Hwayugi. (Dok Allkpop)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:15 WIB

Ingin Tampil Sempurna di "Hwayugi", Lee Se Young Sering Ikut Diskusi Bareng Sutradara

Aktris cantik asal Korea Selatan, Lee Se Young memang tengah disibukkan membintangi drama Korea "Hwayugi". Didalam drama ini, Lee Se Young dari awal sudah diminta untuk memerankan dua karakter…

Press Confrence Malam Juara GO-FOOD pada Jumat (23/2). (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 19:50 WIB

Apresiasi UMKM Kuliner, GO-JEK Adakan Malam Juara GO-FOOD Untuk Seluruh Merchant

GO-JEK, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi kembali menegaskan komitmennya dalam membantu pengusaha mikro, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam layanan GO-FOOD. GO-JEK…

Oprah Winfrey berpidato saat di acara Golden Globe 2018. (Dok FOX)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 19:30 WIB

Kunjungan Oprah Winfrey Buat Marah Donald Trump

Beberapa waktu lalu pada acara penghargaan Golden Globe 2018, pidato Oprah Winrey menarik banyak perhatian publik di Amerika Serikat, termasuk Presiden Amerika Serikat yang saat ini menjabat,…

Wakil Ketua BAZNAS, Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, melakukan tendangan pertama (kick off) menandai dimulainya pertandingan turnamen futsal bersama lembaga amil zakat (LAZ) nasional, di Grand Futsal Kuningan, Jakarta, Sabtu (24/2/2018). (Foto:Ist)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 18:53 WIB

BAZNAS dan BNIS Gelar Turnamen Futsal Bersama LAZ

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan BNI Syariah (BNIS) menggelar turnamen futsal bersama lembaga amil zakat (LAZ) nasional.

Boyband Korea Selatan, Infinite. (Dok Soompi)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 18:15 WIB

Boyband VIXX dan Infinite Susul BTS Masuk Nominasi Spanyol Music Awards 2018

Boyband Bangtan Boys atau BTS belum lama ini dikabarkan menjadi artis K-Pop pertama yang masuk nominasi di Spanyol Music Awards 2018. Ternyata, tak hanya boyband BTS saja yang masuk nominasi…