Festival Barongan Nusantara, Keindahan Wisata Seni Budaya Blora

Oleh : Hariyanto | Minggu, 04 Desember 2016 - 10:03 WIB

Kesenian Barongan Blora
Kesenian Barongan Blora

INDUSTRY.co.id - Blora, Pemkab Blora melalui Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) menggelar Festival Barongan Nusantara 3 pada Sabtu (26/11). Festival Barongan Nusantara 3 merupakan arak-arakan parade barong yang dilaksanakan dari Alun-alun menuju DPRD Blora.

Ribuan wisatawan lokal dan beberapa tampak wisatawan asing turut berbaur untuk menyaksikan parade barongan yang ditampilkan dalam bentuk arak-arakan. Parade di mulai Sejak pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB, para pengunjung rela berpanas-panasan sepanjang rute untuk menyaksikan Parade arak-arakan Barongan tersebut.

“Sudah ketiga kalinya ini saya pasti nonton, kebetulan memang suka dengan kesenian barongan. Barongan Blora berbeda dengan barongan dari kota lainnya. Musik pengiringnya rancak, penuh semangat sehingga ngangeni,” ucap Yoyok, salah satu penonton asal Kabupaten Tuban, Jatim.

Arak-arakan dilepas secara langsung oleh Bupati H.Djoko Nugroho dari depan Pendopo Kabupaten. Dalam sambutannya, Bupati yang telah menjabat dua periode ini mengapresiasi dan mendukung pengembangan barongan sebagai salah satu potensi unggulan Blora di bidang seni budaya.

Berdasarkan keterangan Kepala DPPKKI Slamet Pamudji SH, M.Hum setidaknya ada 26 grup yang mengikuti arak-arakan. Keduapuluh enam grup tersebut menampilkan ratusan barongan dengan berbagai kreatifitas dan tampilan seni.

“Arak-arakan dibuka dengan tampilan tim eksebisi dari Paguyuban Barongan Blora Risang Guntur Seto Kelurahan Kunden diikuti tim duta kesenian Tari Topeng Ireng dari Boyolali, Barongan Godong dari Jepara dan Barong Glagahwangi dari Demak. Setelah itu baru peserta ampyak-ampyak barong dan barong brai yang dilombakan dari perwakilan kecamatan serta umum,” jelasnya.

Sebelum berjalan menyusuri rute arak-arakan yang telah ditetapkan panitia, setiap peserta diwajibkan menampilkan garapan atau atraksi budayanya selama kurang lebih 3 menit di depan panggung kehormatan untuk dinilai dewan juri.

Barong Blora merupakan kesenian budaya yang berasal dari Kabupaten Blora. Barongan Blora dibawa dan dikembangkan oleh Samin Suro Sentiko setelah tinggal di Sumoroto, Ponorogo , tempat leluhurnya dimana nama Reyog di sumoroto saat itu lebih populer dikenal Barongan.  

Dari segi bentuk saat itu juga kepala Reyog dengan mulut terbuka dengan mahkota merak yang besar, namun saat di Blora sangat sulit untuk mendapatkan bulu merak, sehingga di ganti dengan bahan ijuk yang di bentuk seperti dadak merak dan di selipkan beberapa bulu merak saja di ijuk sebagai rambut barongan Blora.Hingga saat ini kesenian barongan Blora masih tetap di lestarikan dan terus berkembang di Kabupaten Blora .

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pejualan Indihome di masyarakat.

Senin, 25 Maret 2019 - 20:24 WIB

The Next IndiHome Luncurkan Digital Movement

Jakarta - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia. The Next IndiHome membawa…

Dok Foto (Samsung)

Senin, 25 Maret 2019 - 20:15 WIB

Samsung Menghadirkan Produk Terbaru yang Meningkatkan Pengalaman Hidup Terkoneksi

Samsung Electronics Co., Ltd hari ini memperlihatkan inovasi terbarunya serta menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas di Samsung Forum…

Rapat Komite Kebijakan Menetapkan Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihadiri oleh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 19:01 WIB

Bunga Dipangkas, Kucuran KUR capai 17% hingga akhir Februari

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga Februari 2019, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai 17% dari target tahun ini.

Dok Vivo mobile Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 18:00 WIB

Vivo Umumkan Kolaborasi dengan Tencent Games dan PUBG Corporation untuk PUBG MOBILE Club Open 2019

Vivo mengumumkan kemitraan dengan mobile game – Player Unknown's Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corporation, sebagai sponsor utama dari PUBG…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau proses pengemasan nanas dalam kaleng di pabrik PT Great Giant Pinapple,Lampung (Foto: Kemenperin)

Senin, 25 Maret 2019 - 17:15 WIB

Menperin Siapkan Tiga Strategi Jitu Dongkrak Industri Mamin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meyiapkan tiga strategi jitu guna memacu pertumbuhan industri makanan dan minuman berbasis industri 4.0.