Festival Barongan Nusantara, Keindahan Wisata Seni Budaya Blora

Oleh : Hariyanto | Minggu, 04 Desember 2016 - 10:03 WIB

Kesenian Barongan Blora
Kesenian Barongan Blora

INDUSTRY.co.id - Blora, Pemkab Blora melalui Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) menggelar Festival Barongan Nusantara 3 pada Sabtu (26/11). Festival Barongan Nusantara 3 merupakan arak-arakan parade barong yang dilaksanakan dari Alun-alun menuju DPRD Blora.

Ribuan wisatawan lokal dan beberapa tampak wisatawan asing turut berbaur untuk menyaksikan parade barongan yang ditampilkan dalam bentuk arak-arakan. Parade di mulai Sejak pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB, para pengunjung rela berpanas-panasan sepanjang rute untuk menyaksikan Parade arak-arakan Barongan tersebut.

“Sudah ketiga kalinya ini saya pasti nonton, kebetulan memang suka dengan kesenian barongan. Barongan Blora berbeda dengan barongan dari kota lainnya. Musik pengiringnya rancak, penuh semangat sehingga ngangeni,” ucap Yoyok, salah satu penonton asal Kabupaten Tuban, Jatim.

Arak-arakan dilepas secara langsung oleh Bupati H.Djoko Nugroho dari depan Pendopo Kabupaten. Dalam sambutannya, Bupati yang telah menjabat dua periode ini mengapresiasi dan mendukung pengembangan barongan sebagai salah satu potensi unggulan Blora di bidang seni budaya.

Berdasarkan keterangan Kepala DPPKKI Slamet Pamudji SH, M.Hum setidaknya ada 26 grup yang mengikuti arak-arakan. Keduapuluh enam grup tersebut menampilkan ratusan barongan dengan berbagai kreatifitas dan tampilan seni.

“Arak-arakan dibuka dengan tampilan tim eksebisi dari Paguyuban Barongan Blora Risang Guntur Seto Kelurahan Kunden diikuti tim duta kesenian Tari Topeng Ireng dari Boyolali, Barongan Godong dari Jepara dan Barong Glagahwangi dari Demak. Setelah itu baru peserta ampyak-ampyak barong dan barong brai yang dilombakan dari perwakilan kecamatan serta umum,” jelasnya.

Sebelum berjalan menyusuri rute arak-arakan yang telah ditetapkan panitia, setiap peserta diwajibkan menampilkan garapan atau atraksi budayanya selama kurang lebih 3 menit di depan panggung kehormatan untuk dinilai dewan juri.

Barong Blora merupakan kesenian budaya yang berasal dari Kabupaten Blora. Barongan Blora dibawa dan dikembangkan oleh Samin Suro Sentiko setelah tinggal di Sumoroto, Ponorogo , tempat leluhurnya dimana nama Reyog di sumoroto saat itu lebih populer dikenal Barongan.  

Dari segi bentuk saat itu juga kepala Reyog dengan mulut terbuka dengan mahkota merak yang besar, namun saat di Blora sangat sulit untuk mendapatkan bulu merak, sehingga di ganti dengan bahan ijuk yang di bentuk seperti dadak merak dan di selipkan beberapa bulu merak saja di ijuk sebagai rambut barongan Blora.Hingga saat ini kesenian barongan Blora masih tetap di lestarikan dan terus berkembang di Kabupaten Blora .

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi melantik Siwi Sukma Adji sebagai KSAL, dan menaikkan pangkat jadi Laksamana, di Istana Negara (Foto: Rahmat/Humas)

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:45 WIB

DPR Harap KASAL Tingkatkan Profesionalisme Prajurit

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan berharap Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji mampu meningkatkan profesionalisme para prajuritnya agar mampu menghadapi…

Ketua Umum Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan Nasional (KTNA Nasional), saat berbicara di acara Forum Promoter 2018 Polri yang membahas tema Solusi Menuju Indonesia yang Berdaulat Adil dan Makmur Melalui Ketahanan Pangan, Rabu, 23 Mei 2018

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:35 WIB

Indonesia Bisa Menjadi Lumbung Pangan Dunia Pada 2045

Pangan tidak hanya merupakan komoditas dan kebutuhan pokok dalam kehidupan setiap orang. Tetapi pangan juga menjadi kepentingan nasional dan keamanan nasional bagi sebuah negara. Pangan memiliki…

Universitas Prasetiya Mulya Optimis Lulusan Lokal Mampu Bersaing di Era Global

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:33 WIB

Universitas Prasetiya Mulya Optimis Lulusan Lokal Mampu Bersaing di Era Global

Era globalisasi dan makin terbukanya Indonesia bagi pasar asing menuntut lulusan perguruan tinggi di Indonesia memahami tantangan dan tuntutan bisnis saat ini sehingga mampu bersaing. Potensi…

PT.Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD)

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:00 WIB

BSDE Anggarkan Belanja Modal Rp6 Triliun di 2018

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) menganggarkan Capital Expenditure (Capex) atau belanja modal sebesar Rp4 triliun-Rp6 triliun pada tahun 2018.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Rabu, 23 Mei 2018 - 18:45 WIB

Harga Minyak Mentah Global Naik, CPO Malaysia Lanjutkan Penguatan Harga Pekan ini

Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia pada perdagangan Rabu (23/05/18) dibuka pada level RM2.468 per ton, atau lebih rendah 0,36% dibandingkan harga pada penutupan sesi perdagangan…