Festival Barongan Nusantara, Keindahan Wisata Seni Budaya Blora

Oleh : Hariyanto | Minggu, 04 Desember 2016 - 10:03 WIB

Kesenian Barongan Blora
Kesenian Barongan Blora

INDUSTRY.co.id - Blora, Pemkab Blora melalui Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) menggelar Festival Barongan Nusantara 3 pada Sabtu (26/11). Festival Barongan Nusantara 3 merupakan arak-arakan parade barong yang dilaksanakan dari Alun-alun menuju DPRD Blora.

Ribuan wisatawan lokal dan beberapa tampak wisatawan asing turut berbaur untuk menyaksikan parade barongan yang ditampilkan dalam bentuk arak-arakan. Parade di mulai Sejak pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB, para pengunjung rela berpanas-panasan sepanjang rute untuk menyaksikan Parade arak-arakan Barongan tersebut.

“Sudah ketiga kalinya ini saya pasti nonton, kebetulan memang suka dengan kesenian barongan. Barongan Blora berbeda dengan barongan dari kota lainnya. Musik pengiringnya rancak, penuh semangat sehingga ngangeni,” ucap Yoyok, salah satu penonton asal Kabupaten Tuban, Jatim.

Arak-arakan dilepas secara langsung oleh Bupati H.Djoko Nugroho dari depan Pendopo Kabupaten. Dalam sambutannya, Bupati yang telah menjabat dua periode ini mengapresiasi dan mendukung pengembangan barongan sebagai salah satu potensi unggulan Blora di bidang seni budaya.

Berdasarkan keterangan Kepala DPPKKI Slamet Pamudji SH, M.Hum setidaknya ada 26 grup yang mengikuti arak-arakan. Keduapuluh enam grup tersebut menampilkan ratusan barongan dengan berbagai kreatifitas dan tampilan seni.

“Arak-arakan dibuka dengan tampilan tim eksebisi dari Paguyuban Barongan Blora Risang Guntur Seto Kelurahan Kunden diikuti tim duta kesenian Tari Topeng Ireng dari Boyolali, Barongan Godong dari Jepara dan Barong Glagahwangi dari Demak. Setelah itu baru peserta ampyak-ampyak barong dan barong brai yang dilombakan dari perwakilan kecamatan serta umum,” jelasnya.

Sebelum berjalan menyusuri rute arak-arakan yang telah ditetapkan panitia, setiap peserta diwajibkan menampilkan garapan atau atraksi budayanya selama kurang lebih 3 menit di depan panggung kehormatan untuk dinilai dewan juri.

Barong Blora merupakan kesenian budaya yang berasal dari Kabupaten Blora. Barongan Blora dibawa dan dikembangkan oleh Samin Suro Sentiko setelah tinggal di Sumoroto, Ponorogo , tempat leluhurnya dimana nama Reyog di sumoroto saat itu lebih populer dikenal Barongan.  

Dari segi bentuk saat itu juga kepala Reyog dengan mulut terbuka dengan mahkota merak yang besar, namun saat di Blora sangat sulit untuk mendapatkan bulu merak, sehingga di ganti dengan bahan ijuk yang di bentuk seperti dadak merak dan di selipkan beberapa bulu merak saja di ijuk sebagai rambut barongan Blora.Hingga saat ini kesenian barongan Blora masih tetap di lestarikan dan terus berkembang di Kabupaten Blora .

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mendikbud, Muhadjir Effendy

Minggu, 21 Oktober 2018 - 04:18 WIB

Pemerintah Segera Bangun Lapangan Bola Setiap Zonasi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan mulai tahun depan pihaknya akan membangun lapangan sepak bola di setiap zonasi.

 Sutopo Purwo Nugroho, Humas BNPB

Minggu, 21 Oktober 2018 - 04:11 WIB

Sutopo: Pemulihan Dampak Bencana Sulteng Diintensifkan

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan penanganan darurat dampak gempa bumi dan tsunami di Sulawesi…

Gunung Anak Krakatau (Foto banten)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 04:06 WIB

Gunung Anak Krakatau Alami 63 Kegempaan Letusan

BMKG menyatakan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mengalami 63 kegempaan letusan sepanjang Jumat (19/10) sampai dengan Sabtu dini hari, namun visual…

Presiden Jokowi hari santri ke IV yang di pusatkan di Kota Solo (Foto Okezone)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 03:59 WIB

Presidem Jokowi Minta Ukhuwah Islamiyah Terus Dijaga

Puncak hari santri ke IV yang di pusatkan di Kota Solo, dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di hadapan peserta di Apel Akbar Hari Santri Nusantara yang digelar di Benteng Vastenburg…

Foto Doc Kementan

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 20:44 WIB

Hasilkan 20 Triliun dalam 3,5 Tahun, Ekspor Obat Hewan Indonesia Meningkat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Dalam kurun waktu 3,5 tahun, ekspor obat hewan telah signifikan mendatangkan devisa negara yang cukup besar. Berdasarkan data Direktorat…