Warga Resah Limbah PLTU Buleleng Cemari Laut

Oleh : Irvan AF | Rabu, 08 Maret 2017 - 16:26 WIB

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)
Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Singaraja - Warga Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, resah akibat limbah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) mencemari wilayah laut di daerah itu.

"Terus terang saja warga yang tinggal di wilayah dekat sini sudah risih dengan debu yang sangat mengganggu kesehatan," kata Mangku Wijana, salah satu warga di daerah itu, Rabu (8/3/2017).

Ia mengatakan, limbah-limbah batubara kini ditumpuk begitu saja dan sebagian sudah diurug tanah oleh pengelola PLTU Celukan Bawang karena dapat mengancam lingkungan sekitarnya.

Wijana juga mengungkapkan, limbah cair hasil pembakaran batubara mencemari perairan di daerah itu menyebabkan air laut berwarna kecoklatan dan terlihat sangat keruh.

Dikatakan pula, air di wilayah tersebut lebih hangat dari kondisi di sekitarnya. Hal tersebut disebabkan karena limbah PLTU mengalir begitu saja ke wilayah perairan.

Pihaknya juga mengamati bahwa pipa pembuangan limbah sudah dua bulan pecah, tidak tertangani hingga saat ini. Bahkan, tidak mendapatkan respon dari pihak PLTU.

"Kami juga sempat protes namun tidak ada hasil jelas. Kami harapkan ada tanggapan dari pihak PLTU karena permasalahan ini sangat mengganggu kami disini," paparnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng, Nyoman Genep. menjelaskan, pihaknya akan segera mengambil langkah atas keluhan warga tersebut. Ia pun mengaku, akan mengecek standar keamanan lingkungan yang diakibatkan oleh limbah PLTU Celukan Bawang.

"Saya akan mengambil langkah sesuai dengan standar keamanan lingkungan. Termasuk juga, kami akan melakukan pengecekan terhadap laporan berkala setiap tiga bulan oleh PLTU Celukan Bawang," pungkas Genep.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTA Batangtoru di Medan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:42 WIB

Warga Batangtoru: Percayakan Keselamatan Orangutan Kepada Kami, Mereka Keluarga Kami Ratusan Tahun

Medan Masyarakat di sekitar lokasi pembangunan PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terus menyuarakan dukungan terhadap proyek energi bersih terbarukan itu. Mereka menuding, penolakan…

Pejualan Indihome di masyarakat.

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:33 WIB

Telkom Umumkan Pemenang Grand Prize IndiHome Family Vaganza

Jakarta Bertempat di Trans TV Jakarta, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melaksanakan pengundian Grand Prize Program IndiHome, dalam sebuah acara bertajuk Grand Prize - IndiHome Family…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:00 WIB

Dukungan Pemda Penting Bagi Industri Sawit

Keberadaan perkebunan dan industri sawit sebagai investasi padat karya telah menjadi solusi Pemerintah untuk mendorong peningkatan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja daerah.

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Foto Ilustrasi Kawasan Kumuh

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:33 WIB

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Tata Kawasan Kumuh Capai 24 Ribu Hektar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan melakukan melaksanakan penataan terhadap 888 hektare (ha) kawasan kumuh pada 2019.