Warga Resah Limbah PLTU Buleleng Cemari Laut

Oleh : Irvan AF | Rabu, 08 Maret 2017 - 16:26 WIB

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)
Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Singaraja - Warga Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, resah akibat limbah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) mencemari wilayah laut di daerah itu.

"Terus terang saja warga yang tinggal di wilayah dekat sini sudah risih dengan debu yang sangat mengganggu kesehatan," kata Mangku Wijana, salah satu warga di daerah itu, Rabu (8/3/2017).

Ia mengatakan, limbah-limbah batubara kini ditumpuk begitu saja dan sebagian sudah diurug tanah oleh pengelola PLTU Celukan Bawang karena dapat mengancam lingkungan sekitarnya.

Wijana juga mengungkapkan, limbah cair hasil pembakaran batubara mencemari perairan di daerah itu menyebabkan air laut berwarna kecoklatan dan terlihat sangat keruh.

Dikatakan pula, air di wilayah tersebut lebih hangat dari kondisi di sekitarnya. Hal tersebut disebabkan karena limbah PLTU mengalir begitu saja ke wilayah perairan.

Pihaknya juga mengamati bahwa pipa pembuangan limbah sudah dua bulan pecah, tidak tertangani hingga saat ini. Bahkan, tidak mendapatkan respon dari pihak PLTU.

"Kami juga sempat protes namun tidak ada hasil jelas. Kami harapkan ada tanggapan dari pihak PLTU karena permasalahan ini sangat mengganggu kami disini," paparnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng, Nyoman Genep. menjelaskan, pihaknya akan segera mengambil langkah atas keluhan warga tersebut. Ia pun mengaku, akan mengecek standar keamanan lingkungan yang diakibatkan oleh limbah PLTU Celukan Bawang.

"Saya akan mengambil langkah sesuai dengan standar keamanan lingkungan. Termasuk juga, kami akan melakukan pengecekan terhadap laporan berkala setiap tiga bulan oleh PLTU Celukan Bawang," pungkas Genep.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka dok

Sabtu, 23 Juni 2018 - 20:57 WIB

Setelah Morotai dan Tanjung Lesung, Jababeka Incar KEK di Bangka Belitung

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (kode saham KIJA) memberi sinyal hendak mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) di Provinsi Bangka Belitung.

Penyanyi Ed Sheeran. (Foto: NME)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 19:30 WIB

Ed Sheeran Akui Tak Gunakan Layanan Streaming Musik

Ed Sheeran rupanya tidak pernah menggunakan jasa layanan streaming musik untuk mempromosikan lagu-lagunya. Seperti yang diketahui, Shape of You milik Ed Sheeran menjadi salah satu lagu yang…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:52 WIB

Kemenperin Tengah Godok Insentif Penerapan Industri Hijau

Kementerian Perindustrian mewacanakan insentif fiskal dan nonfiskal sebagai upaya untuk menerapkan industri hijau yang bersifat wajib.

Ribuan UMKM memadati acara sosialisasi PPh Final UMKM 0,5% yang dilakukan Presiden Jokowi di Sanur, Bali, Sabtu (23/6). (Dok: Kemenkop)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:44 WIB

UMKM Bali Antusias Sambut Penurunan PPh Final 0,5 Persen

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi Bali menyambut baik kebijakan pemerintah menurunkan pajak penghasilan (PPh) final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018…

Aktris Scarlett Johansson, menjadi Black Widow. (Foto: Independent)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 17:35 WIB

Marvel Kantongi Tiga Sutradara Wanita untuk Garap Black Widow

Marvel Studios semakin menseleksi daftar sutradara wanita untuk menggarap proyek film Black Widow. Marvel sendiri sudah mengantongi tiga nama kandidat, yakni Cate Shortland, Amme Asante dan…