Jokowi dan Presiden Sri Lanka Teken Kerjasama Perikanan

Oleh : Irvan AF | Rabu, 08 Maret 2017 - 14:45 WIB

Presiden Jokowi bersalaman dengan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena, usai konperensi pers bersama, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/3). (Rahmat/Setkab.go.id)
Presiden Jokowi bersalaman dengan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena, usai konperensi pers bersama, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/3). (Rahmat/Setkab.go.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo dan Presiden Sri Lanka, Maithiripala Sirisena, telah menyaksikan penandatanganan dua Nota Kesepahaman kerja sama di bidang maritim, khususnya perikanan, oleh para menteri terkait.

Di ruang Kredensial, Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (8/3/2017), menteri-menteri yang menyepakati kerja sama itu adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Perikanan dan Pembangunan Sumber Daya Perairan Dilip Wedaarachchi.

Kedua negara sepakat untuk memperkuat kerja sama kelautan dan perikanan serta kerja sama pemberantasan penangkapan ikan ilegal, tidak dilaporkan dan tidak berizin serta promosi pengelolaan perikanan yang berkelanjutan.

Kerja sama itu juga mencakup pembentukan komunike bersama untuk menangani penangkapan ikan ilegal, tidak dilaporkan dan tidak berizin.

Selain itu, Jokowi juga menjelaskan Indonesia siap mendukung pembangunan ekonomi yang tengah dilakukan oleh Sri Lanka.

"Dalam pembicaraan tadi kami membahas beberapa hal, yang pertama penguatan kerja sama di bidang ekonomi. Indonesia menyampaikan kesediaannya untuk mendukung pembangunan di Sri Lanka," ujar Jokowi.

Sementara itu, Presiden Sirisena menyampaikan apresiasinya atas keramahtamahan bangsa Indonesia menyambut para delegasi dari Sri Lanka.

Sirisena menyatakan harapannya agar kedua negara terus mempererat hubungan antar masyarakat dalam mempererat hubungan bilateral.

"Bagi kami, Indonesia dan Sri Lanka memiliki kedekatan historis tersendiri. Sri Lanka dan Indonesia menggagas banyak insisasi kerja sama internasional," ujar Sirisena.

Presiden mengatakan sejumlah kerja sama internasional yang berpotensi diperkuat yaitu di bidang ekonomi, pertanian, perikanan, pendidikan, kesehatan, penelitian dan pelatihan pendidikan kejuruan.

Presiden Sri Lanka melakukan kunjungan kenegaraan ke Istana Merdeka pada pukul 10.00 WIB. Kedua kepala negara melakukan agenda pertemuan yang diakhiri dengan jamuan siang bersama pada sekitar pukul 12.30 WIB.

Menurut rencana, Sirisena akan kembali ke Ibu Kota Sri Lanka, Colombo, pada Rabu sore.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…