Indonesia Tekuk Vietnam 2-1 Pada Leg Petama Piala AFF 2016

Oleh : Hariyanto | Minggu, 04 Desember 2016 - 08:03 WIB

Boaz Solossa
Boaz Solossa

INDUSTRY.co.id - Cibinong, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam pada laga semifinal pertama Piala AFF 2016. Tim Merah Putih berhasil memaksimalkan performanya melalui gol-gol yang di hasilkan dalam melawan Vietnam 2-1 lewat gol Hansamu Yama Pranata dan Boaz Solossa di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (3/12).

Timnas Garuda membuka keunggulan pada menit ketujuh. Gol berawal dari serangan Boaz Solossa yang dibuang oleh bek Vietnam. Indonesia mendapatkan tendangan sudut dan diambil oleh Rizky Pora.

Hansamu yang datang dari belakang berhasil menyelinap di tengah pemain Vietnam untuk menyambut bola sepak pojok dengan tandukannya. Kiper Tran Nguyen Manh hanya bisa terdiam melihat bola tandukan Hansamu menjebol gawangnya.

Presiden Joko Widodo yang ikut menyaksikan laga ikut larut dalam kegembiraan dan berdiri merayakan gol Hansamu. Keunggulan Indonesia atas Vietnam hanya bertahan sepuluh menit. Vietnam membalas menjadi 1-1 pada menit ke-17 lewat gol Nguyen Van Quyet dari titik putih.

Penalti diberikan wasit Jarred Gillet Gavan setelah menilai Beny Wahyudi melakukan pelanggaran saat hendak menghalau bola udara.Nguyen Van Quyet dengan dingin menipu Kurnia Meiga dengan mengarahkan bola ke kiri bawah. Babak pertama berakhir imbang 1-1.

Pada paruh kedua indonesia segera mengambil inisiatif serangan. Hasilnya, baru lima menit babak kedua berjalan, tim Garuda kembali memimpin, kali ini lewat Boaz Solossa.Boaz menaklukkan kiper Tran Nguyen Manh dari titik putih. Tendangan kaki kirinya mengecoh Nguyen Manh yang melompat ke kanan.

Penalti didapat Indonesia setelah Stefano Lilipaly dijatuhan oleh Que Ngoc Hai saat hendak berakselerasi dari sisi kiri. Wasit asal Australia tanpa ragu menunjuk titik putih. Keunggulan 2-1 bertahan hingga permainan berakhir.

Kemenangan dengan selisih satu gol dan kebobolan sebenarnya tak begitu menguntungkan Indonesia. Pasalnya, jika kalah 0-1 pada pertandingan di Vietnam pekan depan, Indonesia akan tersingkir.

Indonesia akan lolos jika bisa menahan imbang Vietnam dengan skor berapapun atau kalah dengan selisih satu gol dengan skor besar (2-3, 3-4, dan seterusnya).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…