Indonesia Tekuk Vietnam 2-1 Pada Leg Petama Piala AFF 2016

Oleh : Hariyanto | Minggu, 04 Desember 2016 - 08:03 WIB

Boaz Solossa
Boaz Solossa

INDUSTRY.co.id - Cibinong, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam pada laga semifinal pertama Piala AFF 2016. Tim Merah Putih berhasil memaksimalkan performanya melalui gol-gol yang di hasilkan dalam melawan Vietnam 2-1 lewat gol Hansamu Yama Pranata dan Boaz Solossa di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (3/12).

Timnas Garuda membuka keunggulan pada menit ketujuh. Gol berawal dari serangan Boaz Solossa yang dibuang oleh bek Vietnam. Indonesia mendapatkan tendangan sudut dan diambil oleh Rizky Pora.

Hansamu yang datang dari belakang berhasil menyelinap di tengah pemain Vietnam untuk menyambut bola sepak pojok dengan tandukannya. Kiper Tran Nguyen Manh hanya bisa terdiam melihat bola tandukan Hansamu menjebol gawangnya.

Presiden Joko Widodo yang ikut menyaksikan laga ikut larut dalam kegembiraan dan berdiri merayakan gol Hansamu. Keunggulan Indonesia atas Vietnam hanya bertahan sepuluh menit. Vietnam membalas menjadi 1-1 pada menit ke-17 lewat gol Nguyen Van Quyet dari titik putih.

Penalti diberikan wasit Jarred Gillet Gavan setelah menilai Beny Wahyudi melakukan pelanggaran saat hendak menghalau bola udara.Nguyen Van Quyet dengan dingin menipu Kurnia Meiga dengan mengarahkan bola ke kiri bawah. Babak pertama berakhir imbang 1-1.

Pada paruh kedua indonesia segera mengambil inisiatif serangan. Hasilnya, baru lima menit babak kedua berjalan, tim Garuda kembali memimpin, kali ini lewat Boaz Solossa.Boaz menaklukkan kiper Tran Nguyen Manh dari titik putih. Tendangan kaki kirinya mengecoh Nguyen Manh yang melompat ke kanan.

Penalti didapat Indonesia setelah Stefano Lilipaly dijatuhan oleh Que Ngoc Hai saat hendak berakselerasi dari sisi kiri. Wasit asal Australia tanpa ragu menunjuk titik putih. Keunggulan 2-1 bertahan hingga permainan berakhir.

Kemenangan dengan selisih satu gol dan kebobolan sebenarnya tak begitu menguntungkan Indonesia. Pasalnya, jika kalah 0-1 pada pertandingan di Vietnam pekan depan, Indonesia akan tersingkir.

Indonesia akan lolos jika bisa menahan imbang Vietnam dengan skor berapapun atau kalah dengan selisih satu gol dengan skor besar (2-3, 3-4, dan seterusnya).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…