Kadin Dorong Pengembangan Industri Kreatif Bidang Seni

Oleh : Herry Barus | Rabu, 08 Maret 2017 - 05:02 WIB

Museum Nasional (NurPhoto/Contributor/Getty Images)
Museum Nasional (NurPhoto/Contributor/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Industri kreatif di Indonesia memiliki peluang untuk menjadi salah satu pilar kekuatan ekonomi apabila pelaku usaha di bidang tersebut diberi kesempatan dan peluang untuk mengembangkan produknya.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dalam keterangan persnya yang diterima awak media di Jakarta, Selasa (7/3/2017)  menjelaskan salah satu kunci pengembangan industri kreatif adalah melalui perluasan peluang dan kesempatan pelaku industri tersebut.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif, Erik Hidayat mengatakan saat ini Kadin mendorong industri kreatifagar bisa lebih berkembang dan perlu mendapat perhatian lebih serius.

Menurut Erik, seiring dengan bergaungnya sektor ekonomi kreatif di Indonesia, sektor seni rupa Indonesia pun memiliki potensi besar baik secara kualitas, kuantitas, pelaku kreatif, produktivitas hingga potensi pasarnya.

"Seni rupa Indonesia sebenarnya memiliki jaringan yang lebih baik di luar negeri," katanya.

Erik mengatakan banyak potensi seni rupa Indonesia yang belum ditampilkan secara maksimal sehingga belum banyak dikenal di negeri sendiri.

Padahal bila dimaksimalkan ragam karya, seni rupa khususnya seni lukis selain dapat menjadi sumber devisa kebudayaan yang bernilai tinggi juga dapat mengangkat nama Indonesia ke mata dunia karena bidang ini memiliki standar penilaian internasional dan menjadi ukuran kemajuan peradaban budaya sebuah bangsa.

Menurut dia, langkah ini sejalan dengan arahan cetak biru Ekonomi Kreatif Indonesia yang memandang pentingnya kerja sama diantara cendekiawan, bisnis dan pemerintah dalam upaya memajukan sektor ekonomi kreatif Indonesia.

Dalam rangka mendorong pengembangan ekonomi kreatif untuk sektor seni rupa, Kadin Indonesia menggelar Pameran Lukisan Karya Sidik W. Martowidjojo dengan tema "ILLUMINATE" (pencerahan) yang dilaksanakan 2-20 Maret 2017 di di Museum Nasional, Jakarta.

Sidik W. Martowidjojo adalah pelukis Indonesia yang karya-karyanya telah diakui secara internasional dan memenangkan dua penghargaan gold dari dari Louvre Internationals Arts di Carrousel du Louvre, Paris.

Selain itu Sidik juga telah memenangkan berbagai penghargaan lain dari kompetisi lukisan berskala internasional termasuk dari National Art Museum of China (NAMoC), Beijing dan dinobatkan sebagai anggota peneliti pada Chinese Academy Of Art di Beijing, mulai 2007.

Menurut Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani, prestasi yang diraih Sidik telah mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia dan layak untuk diapresiasi.


Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vivo V15 Pro

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:10 WIB

Sebelum Beli Smartphone, Ini Keunggulan Vivo V15 Pro yang Harus Kamu Tau

Vivo V15 Pro bukan hanya mengintegrasikan fitur kamera terbaru untuk selfie atau portrait saja, namun juga semakin eksploratif untuk berbagai kebutuhan mobile photography lainnya dengan fitur-fitur…

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…