Kadin Dorong Pengembangan Industri Kreatif Bidang Seni

Oleh : Herry Barus | Rabu, 08 Maret 2017 - 05:02 WIB

Museum Nasional (NurPhoto/Contributor/Getty Images)
Museum Nasional (NurPhoto/Contributor/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Industri kreatif di Indonesia memiliki peluang untuk menjadi salah satu pilar kekuatan ekonomi apabila pelaku usaha di bidang tersebut diberi kesempatan dan peluang untuk mengembangkan produknya.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dalam keterangan persnya yang diterima awak media di Jakarta, Selasa (7/3/2017)  menjelaskan salah satu kunci pengembangan industri kreatif adalah melalui perluasan peluang dan kesempatan pelaku industri tersebut.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif, Erik Hidayat mengatakan saat ini Kadin mendorong industri kreatifagar bisa lebih berkembang dan perlu mendapat perhatian lebih serius.

Menurut Erik, seiring dengan bergaungnya sektor ekonomi kreatif di Indonesia, sektor seni rupa Indonesia pun memiliki potensi besar baik secara kualitas, kuantitas, pelaku kreatif, produktivitas hingga potensi pasarnya.

"Seni rupa Indonesia sebenarnya memiliki jaringan yang lebih baik di luar negeri," katanya.

Erik mengatakan banyak potensi seni rupa Indonesia yang belum ditampilkan secara maksimal sehingga belum banyak dikenal di negeri sendiri.

Padahal bila dimaksimalkan ragam karya, seni rupa khususnya seni lukis selain dapat menjadi sumber devisa kebudayaan yang bernilai tinggi juga dapat mengangkat nama Indonesia ke mata dunia karena bidang ini memiliki standar penilaian internasional dan menjadi ukuran kemajuan peradaban budaya sebuah bangsa.

Menurut dia, langkah ini sejalan dengan arahan cetak biru Ekonomi Kreatif Indonesia yang memandang pentingnya kerja sama diantara cendekiawan, bisnis dan pemerintah dalam upaya memajukan sektor ekonomi kreatif Indonesia.

Dalam rangka mendorong pengembangan ekonomi kreatif untuk sektor seni rupa, Kadin Indonesia menggelar Pameran Lukisan Karya Sidik W. Martowidjojo dengan tema "ILLUMINATE" (pencerahan) yang dilaksanakan 2-20 Maret 2017 di di Museum Nasional, Jakarta.

Sidik W. Martowidjojo adalah pelukis Indonesia yang karya-karyanya telah diakui secara internasional dan memenangkan dua penghargaan gold dari dari Louvre Internationals Arts di Carrousel du Louvre, Paris.

Selain itu Sidik juga telah memenangkan berbagai penghargaan lain dari kompetisi lukisan berskala internasional termasuk dari National Art Museum of China (NAMoC), Beijing dan dinobatkan sebagai anggota peneliti pada Chinese Academy Of Art di Beijing, mulai 2007.

Menurut Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani, prestasi yang diraih Sidik telah mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia dan layak untuk diapresiasi.


Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…