Berjualan Susu, Mahasiswa Unnes Raup Omzet Rp1 Miliar per Bulan

Oleh : Irvan AF | Selasa, 07 Maret 2017 - 19:15 WIB

Gerai It's Milk. (Foto: IST)
Gerai It's Milk. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id,  Semarang - Mohamad Faizal Hidayat (23), mahasiswa Universitas Negeri Semarang, membuka bisnis susu dengan merek "Its Milk" yang mampu menghasilkan omzet sekitar Rp1 miliar per bulan.

"Saya mulai rintis bisnis ini pas kuliah semester 4 dengan modal sekitar Rp1,3 juta," katanya usai mengikuti upacara Wisuda Periode I Unnes yang berlangsung di Auditorium Unnes Semarang, Selasa (7/3/2017).

Baru saat semester 5 atau tepatnya pada 2 September 2013, outlet "Its Milk" mulai resmi diluncurkan dan berangsur-angsur pundi keuntungan diraihnya, apalagi dengan membuka lebih banyak outlet.

Putra pasangan Eko Susihno dan Elinawati itu kini sudah bekerja sama membuka 15 outlet resmi yang tersebar di berbagai daerah, mulai Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

"Kenapa outlet jadi banyak dan berkembang? Karena ada kerja sama dan tidak berorientasi profit. Profit dikembalikan lagi untuk mengembangkan outlet agar semakin berkembang," kata pemuda asal Brebes itu.

Sebanyak 15 outlet itu, kata pria kelahiran Bekasi, 2 September 1993 tersebut, belum termasuk tiga outlet yang sudah bekerja sama dengannya tetapi belum menggunakan "Its Milk" sebagai "branden".

Di setiap outlet "Its Milk", Faizal menyebutkan setiap bulannya mampu meraup omzet rata-rata Rp60 juta/bulan sehingga jika dikalikan 15 outlet mencapai angka Rp900 juta atau mendekati Rp1 miliar.

"Ya, rata-rata omzet dari setiap outlet Rp30 juta/bulan. Namun, ada satu outlet 'Its Milk' di Jember, Jatim yang selalu ramai pembeli sehingga omzetnya bisa mencapai Rp400 juta/bulan," katanya.

Pemuda yang baru lulus Program D3 Teknik Elektro Unnes itu, mengakui kuliahnya sempat molor gara-gara sibuk menekuni bisnis dan berorganisasi, tetapi kini bisnisnya sudah bisa dinikmati hasilnya.

"Saya selalu gandeng peternak sapi perah lokal di sekitar outlet. Kalau di Semarang ambil susu dari Gunungpati, di Salatiga ambil dari Kopeng," kata Faizal yang kini mempunyai 150 karyawan.

Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman mengaku bangga melihat salah satu lulusan universitas konservasi yang mampu mengembangkan wirausaha dengan meraup omzet fantastis.

"Ini didasari karakter yang dibangun di Unnes. Faizal bisa menginspirasi bagi banyak mahasiswa di Indonesia untuk di samping belajar, juga mengembangkan wirausaha," katanya.

Selama ini, kata Fathur, Unnes berkomitmen mendidik mahasiswa agar berprestasi dan berkarakter sehingga bisa membangun reputasi, baik bagi diri sendiri, Unnes, dan Bangsa Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Crown Group (Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:30 WIB

Dalam Satu Malam Crown Group Berhasil Meraih Dua Penghargaan Bergengsi

Sebuah menara apartemen di kawasan Sydney Utara yang dibangun oleh pengembang Australia terkemuka telah memenangkan hadiah utama pada acara penghargaan industri konstruksi terkemuka di benua…

Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:22 WIB

KPK Periksa Istri Setya Novanto Sebagai Mantan Komisaris

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto terkait kasus KTP-elektronik (KTP-e) dalam kapasitasnya sebagai mantan Komisaris PT Mondialindo…

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:14 WIB

Perusahaan Batu Bara Indonesia Siap Dominasi Pasar Tiongkok

PT Borneo Pasifik Global (BPG) yang mendapatkan kepercayaan mewakili Indonesia pada pameran pertambangan batu bara atau "China Coal and Mining Expo (CCME)" di Beijing beberapa waktu lalu, menyatakan…

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

Senin, 20 November 2017 - 14:00 WIB

2018, Kadin Prediksi Perekonomian Indonesia Tumbuh 5,3 Persen

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan kondisi perekonomian Indonesia di tahun 2018 diperkirakan akan lebih baik dari tahun ini.

Agincourt Resources Resmikan Amphitheatre Sopo Daganak di Tapanuli Selatan

Senin, 20 November 2017 - 13:59 WIB

Agincourt Resources Resmikan Amphitheatre Sopo Daganak di Tapanuli Selatan

Perusahaan pengelola tambang emas Martabe PT Agincourt Resources meresmikan gedung baru gelanggang pertunjukan terbuka(amphitheatre) Sopo Daganak berkapasitas 500 penonton di Jalan 2 Desa Napa,…