Berjualan Susu, Mahasiswa Unnes Raup Omzet Rp1 Miliar per Bulan

Oleh : Irvan AF | Selasa, 07 Maret 2017 - 19:15 WIB

Gerai It's Milk. (Foto: IST)
Gerai It's Milk. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id,  Semarang - Mohamad Faizal Hidayat (23), mahasiswa Universitas Negeri Semarang, membuka bisnis susu dengan merek "Its Milk" yang mampu menghasilkan omzet sekitar Rp1 miliar per bulan.

"Saya mulai rintis bisnis ini pas kuliah semester 4 dengan modal sekitar Rp1,3 juta," katanya usai mengikuti upacara Wisuda Periode I Unnes yang berlangsung di Auditorium Unnes Semarang, Selasa (7/3/2017).

Baru saat semester 5 atau tepatnya pada 2 September 2013, outlet "Its Milk" mulai resmi diluncurkan dan berangsur-angsur pundi keuntungan diraihnya, apalagi dengan membuka lebih banyak outlet.

Putra pasangan Eko Susihno dan Elinawati itu kini sudah bekerja sama membuka 15 outlet resmi yang tersebar di berbagai daerah, mulai Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

"Kenapa outlet jadi banyak dan berkembang? Karena ada kerja sama dan tidak berorientasi profit. Profit dikembalikan lagi untuk mengembangkan outlet agar semakin berkembang," kata pemuda asal Brebes itu.

Sebanyak 15 outlet itu, kata pria kelahiran Bekasi, 2 September 1993 tersebut, belum termasuk tiga outlet yang sudah bekerja sama dengannya tetapi belum menggunakan "Its Milk" sebagai "branden".

Di setiap outlet "Its Milk", Faizal menyebutkan setiap bulannya mampu meraup omzet rata-rata Rp60 juta/bulan sehingga jika dikalikan 15 outlet mencapai angka Rp900 juta atau mendekati Rp1 miliar.

"Ya, rata-rata omzet dari setiap outlet Rp30 juta/bulan. Namun, ada satu outlet 'Its Milk' di Jember, Jatim yang selalu ramai pembeli sehingga omzetnya bisa mencapai Rp400 juta/bulan," katanya.

Pemuda yang baru lulus Program D3 Teknik Elektro Unnes itu, mengakui kuliahnya sempat molor gara-gara sibuk menekuni bisnis dan berorganisasi, tetapi kini bisnisnya sudah bisa dinikmati hasilnya.

"Saya selalu gandeng peternak sapi perah lokal di sekitar outlet. Kalau di Semarang ambil susu dari Gunungpati, di Salatiga ambil dari Kopeng," kata Faizal yang kini mempunyai 150 karyawan.

Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman mengaku bangga melihat salah satu lulusan universitas konservasi yang mampu mengembangkan wirausaha dengan meraup omzet fantastis.

"Ini didasari karakter yang dibangun di Unnes. Faizal bisa menginspirasi bagi banyak mahasiswa di Indonesia untuk di samping belajar, juga mengembangkan wirausaha," katanya.

Selama ini, kata Fathur, Unnes berkomitmen mendidik mahasiswa agar berprestasi dan berkarakter sehingga bisa membangun reputasi, baik bagi diri sendiri, Unnes, dan Bangsa Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 20:31 WIB

Masuk Tahun Kelima Jokowi-JK, Moeldoko Ajak Kembangkan Politik Cinta Kasih

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan, seandainya saja bangsa kita dikelola dengan cinta kasih, maka politik kita pun akan menjadi politik yang sejuk, jauh dari rasa kebencian dan memusuhi.…

FOUNDA Startup Baru Ajak Milennials Berbisnis (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 18:00 WIB

FOUNDA Startup Baru Ajak Milennials Berbisnis

Dalam rangka meningkatkan kesadaran berwirausaha pada kalangan milennials, FOUNDA sebagai perusahaan rintisan atau startup hadir dengan tujuan untuk menciptakan founder muda (Founda) dengan…

Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih saat berfoto bersama 27 pelaku usaha kreatif dalam program Creative Business Incubator (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 17:30 WIB

Ciptakan Pengusaha Muda di Sektor Ekonomi Kreatif, Kemenperin Gelar Creative Business Incubator

Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian melalui Bali Creative Industry Center (BCIC) menggelar program "Creative Business Incubator (CBI)".

Andrew Keily Juarai Ajang Herbalife Bali International Triathlon 2018 (Foto Rizki Meirino)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 17:00 WIB

Andrew Keily Juarai Ajang Herbalife Bali International Triathlon 2018

Herbalife Bali International Triathlon 2018 telah selesai digelar di Pantai Mertasari, Sanur, Bali, Minggu (21/10/2018). Dalam kategori Olympic Distance Course Pria, Triatlit asal Amerika Serikat,…

HM Sampoerna Tbk Dukung Pemberdayaan UKM di Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 16:30 WIB

HM Sampoerna Tbk Dukung Pemberdayaan UKM di Indonesia

PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) memiliki komitmen yang besar untuk mendukung upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.…