Berjualan Susu, Mahasiswa Unnes Raup Omzet Rp1 Miliar per Bulan

Oleh : Irvan AF | Selasa, 07 Maret 2017 - 19:15 WIB

Gerai It's Milk. (Foto: IST)
Gerai It's Milk. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id,  Semarang - Mohamad Faizal Hidayat (23), mahasiswa Universitas Negeri Semarang, membuka bisnis susu dengan merek "Its Milk" yang mampu menghasilkan omzet sekitar Rp1 miliar per bulan.

"Saya mulai rintis bisnis ini pas kuliah semester 4 dengan modal sekitar Rp1,3 juta," katanya usai mengikuti upacara Wisuda Periode I Unnes yang berlangsung di Auditorium Unnes Semarang, Selasa (7/3/2017).

Baru saat semester 5 atau tepatnya pada 2 September 2013, outlet "Its Milk" mulai resmi diluncurkan dan berangsur-angsur pundi keuntungan diraihnya, apalagi dengan membuka lebih banyak outlet.

Putra pasangan Eko Susihno dan Elinawati itu kini sudah bekerja sama membuka 15 outlet resmi yang tersebar di berbagai daerah, mulai Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

"Kenapa outlet jadi banyak dan berkembang? Karena ada kerja sama dan tidak berorientasi profit. Profit dikembalikan lagi untuk mengembangkan outlet agar semakin berkembang," kata pemuda asal Brebes itu.

Sebanyak 15 outlet itu, kata pria kelahiran Bekasi, 2 September 1993 tersebut, belum termasuk tiga outlet yang sudah bekerja sama dengannya tetapi belum menggunakan "Its Milk" sebagai "branden".

Di setiap outlet "Its Milk", Faizal menyebutkan setiap bulannya mampu meraup omzet rata-rata Rp60 juta/bulan sehingga jika dikalikan 15 outlet mencapai angka Rp900 juta atau mendekati Rp1 miliar.

"Ya, rata-rata omzet dari setiap outlet Rp30 juta/bulan. Namun, ada satu outlet 'Its Milk' di Jember, Jatim yang selalu ramai pembeli sehingga omzetnya bisa mencapai Rp400 juta/bulan," katanya.

Pemuda yang baru lulus Program D3 Teknik Elektro Unnes itu, mengakui kuliahnya sempat molor gara-gara sibuk menekuni bisnis dan berorganisasi, tetapi kini bisnisnya sudah bisa dinikmati hasilnya.

"Saya selalu gandeng peternak sapi perah lokal di sekitar outlet. Kalau di Semarang ambil susu dari Gunungpati, di Salatiga ambil dari Kopeng," kata Faizal yang kini mempunyai 150 karyawan.

Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman mengaku bangga melihat salah satu lulusan universitas konservasi yang mampu mengembangkan wirausaha dengan meraup omzet fantastis.

"Ini didasari karakter yang dibangun di Unnes. Faizal bisa menginspirasi bagi banyak mahasiswa di Indonesia untuk di samping belajar, juga mengembangkan wirausaha," katanya.

Selama ini, kata Fathur, Unnes berkomitmen mendidik mahasiswa agar berprestasi dan berkarakter sehingga bisa membangun reputasi, baik bagi diri sendiri, Unnes, dan Bangsa Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Timnas Prancis berhasil menjuarai Piala Dunia usai menumbangkan Kroasia 4-2 dalam laga final Piala Dunia 2018. (FOTO: @FIFAWorldCup /Twitter)

Senin, 16 Juli 2018 - 01:31 WIB

Prancis Juara Piala Dunia 2018 di Rusia

Prancis keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 di Rusia. Les Blues menekuk Kroasia 4-2 pada laga final yang digelar di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7).

Suasana Nobar Final Piala Dunia di Kementerian PUPR (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Minggu, 15 Juli 2018 - 22:26 WIB

Nobar Final Piala Dunia, Menteri Basuki Jagokan Tim Kroasia

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar acara nonton bareng atau Nonton Bareng Final Piala bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beserta seluruh jajaran keluarga besar…

Piaggio Indonesia Kembali Hadirkan Pameran Mall to Mall

Minggu, 15 Juli 2018 - 21:52 WIB

Piaggio Indonesia Kembali Hadirkan Pameran Mall to Mall

Sebagai kelanjutan dari Strategi Roadmap Premiumisasi, PT Piaggio Indonesia kembali menghadirkan pameran Mall to Mall di Main Atrium Pondok Indah Mall 2, dari tanggal 9 Juli hingga 15 Juli 2018.…

PLTS Ilustrasi (ist)

Minggu, 15 Juli 2018 - 20:02 WIB

Tingkatkan Pemanfaatan PLTS, Kementerian ESDM Siapkan Regulasi PLTS Atap

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mendorong peningkatkan pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Ilustrasi Migas (ist)

Minggu, 15 Juli 2018 - 19:30 WIB

Kementerian ESDM: Komitmen Pasti Investasi Migas Senilai US$1 Miliar Lebih Besar Dari Tahun Sebelumnya

Sebanyak 25 kontrak migas gross split yang ada, menghasilkan total komitmen pasti investasi sekitar US$1 miliar atau Rp 14 triliun.