Dukung Pemenuhan Tenaga Kerja Terampil, Petrokimia Gresik Berikan Bantuan Peralatan Workshop ke SMK

Oleh : Hariyanto | Selasa, 07 Maret 2017 - 14:12 WIB

Pemberian Bantuan Alat Las Petrogres (bg)
Pemberian Bantuan Alat Las Petrogres (bg)

INDUSTRY.co.id - Gresik, PT Petrokimia Gresik (PG) mendukung upaya pemerintah dalam mencetak tenaga kerja terampil guna memenuhi kebutuhan industri dengan memberikan bantuan peralatan workshop pengelasan kepada SMK PGRI 1 Gresik, Senin (6/3/2017).

Direktur SDM & Umum PG Rahmad Pribadi megatakan, pemberian bantuan ini sebagai tindak lanjut atas Instruksi Presiden (Inpres) RI No. 9/2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia pada September 2016.

“Inpres ini kemudian ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoU lima menteri di Jakarta pada November 2016. Salah satu poin MoU adalah bahwa pihak industri menyediakan workshop dan infrastruktur pendukung bagi pendidikan kejuruan,” ujar Rahmad Pribadi di Gresik, Senin (6/3/2017).

Acara tersebut dihadiri lima menteri yang menandatangani MoU tersebut di antaranya Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dan Menteri Tenaga Keria (Menaker) Hanif Dakhiri.

Kemudian, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto dan Menteri BUMN Rini Soemarno. PG selanjutnya bekerjasama dengan tujuh SMK di Provinsi Jawa Timur sebagai wujud tindak lanjut atas MoU lima menteri tersebut.

Adapun poin utama adalah PG memfasilitasi praktek kerja lapangan atau kerjasama menyediakan tenaga pembimbing magang bagi 150 siswa dan 50 guru SMK.

Dengan menyediakan guru pembimbing praktek sebanyak 150 orang, dilakukan uji sertifikasi kompetensi dan mengeluarkan sertifikat praktek magang, menyediakan fasilitas praktek, serta memfasilitasi tempat uji kompetensi (TUK).

Peserta praktek kerja lapangan (siswa dan guru SMK) ini berasal dari 6 Program Studi (Prodi), yaitu Listrik, Instrument/Otomasi Industri, Kimia Analisis, Kimia Industri, Perbengkelan, Pemesinan, dan Mekanik.

Peserta akan ditempatkan di sejumlah unit kerja di PG, antara lain di bagian Mekanik, Listrik, Instrument, Bengkel dan Laboratorium.

“Kami harap kerjasama ini akan menghasilkan tenaga keria terampil dan profesional yang siap diserap oleh sektor industri,” pungkas Rahmad.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkumham, Yasonna Laoly

Senin, 23 Juli 2018 - 21:40 WIB

Menkumham Hanya Bisa Stress Terkait OTT Lapas Sukamiskin

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengaku stres pasca peristiwa operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Bandung.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 23 Juli 2018 - 21:20 WIB

KPK: Kekayaan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein Rp600 juta dan 2.752 Dolar AS

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan bahwa kepatuhan menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Kementerian Hukum dan HAM masih rendah.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 23 Juli 2018 - 21:00 WIB

DPR Desak Menkumham Usut Pengelolaan Lapas

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Komisi III mendorong Menteri Hukum HAM untuk mengusut tuntas dan menyeluruh pengelolaan lembaga pemasyarakatan guna mencegah terulangnya praktik dugaan…

Indosat

Senin, 23 Juli 2018 - 20:58 WIB

Paket Super Plan Setahun dari Huawei dan Indosat Ooredoo, Siap Dinikmati Netizen Indonesia!

Sekarang para netizen Indonesia yang aktif dan mobile tidak perlu takut lagi kehabisan kuota internet tiap bulan, karena Huawei Devices Indonesia dan Indosat Ooredoo menyediakan Paket Super…

BincangShopee - diskusi mendidik anak di era digital bersama Najelaa Shihab dan Rezki Yanuar

Senin, 23 Juli 2018 - 20:50 WIB

Sambut Hari Anak Nasional 2018, Shopee Berikan Edukasi Mendidik Anak di Era Digital

Perangkat digital dan akses internet telah menjadi bagian dari kehidupan anak-anak masa kini. Menyambut Hari Anak Nasional 2018 tahun ini, BincangShopee edisi ketiga membahas topik Tips Cerdas…