CEO Temasek Nyatakan Minat Investasi di Indonesia

Oleh : Irvan AF | Senin, 06 Maret 2017 - 19:43 WIB

Temasek Holdings. (Munshi Ahmed/Bloomberg)
Temasek Holdings. (Munshi Ahmed/Bloomberg)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - CEO Temasek Holdings Ho Ching mendatangi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan guna menyampaikan minatnya untuk berinvestasi di Indonesia.

Luhut yang ditemui di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Senin (6/3/2017), mengatakan istri Perdana Menteri Singapura itu adalah temannya saat menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Singapura, beberapa waktu lalu.

"Beliau berkunjung menanyakan mengenai perkembangan Indonesia terakhir baik dari segi politik, keamanan maupun ekonomi. Kami banyak bicara tentang ekonomi dan beliau memberikan pandangan, juga tertarik melihat investasi Indonesia," katanya.

Mantan Menko Polhukam itu menuturkan, wanita yang kerap disapa Madam Ho Ching tersebut, menilai Indonesia tengah menjadi perhatian dunia saat ini sehingga signifikan dijadikan destinasi investasi.

Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi yang baik dinilai sebagai poin positif untuk tujuan menanamkan modal.

Singapura juga merupakan investor terbesar di Indonesia dan wajar jika ingin terus meningkatkan investasinya di Tanah Air.

"Tadi dia datang lagi ke saya untuk sebagai teman lama tanya-tanya sana-sini. Presiden juga memang mengarahkan agar bisa dorong investasi langsung," imbuhnya.

Menurut Luhut, Madam Ho Ching sempat menanyakan fokus pembangunan Indonesia di mana BUMN Singapura itu bisa bekerja sama.

"Saya bilang infrastruktur banyak, mulai dari 'water purification' (pemurnian air) sampai jalan, listrik, pelabuhan laut, bandara, pertanian juga," jelasnya.

Luhut mengatakan, Negeri Singa menyatakan ketertarikan untuk berinvestasi di kawasan Batam, Bintan, dan sekitar Karimun yang dekat dengan Singapura.

"Saya tawarkan juga kerja sama di Pulau Telok (Nias) dan Nipa (Kepulauan Riau). Dia melihat Temasek ada peluang ke sana," ucapnya.

Ada pun proyek yang bisa digarap antara lain tanki penyimpanan, pelabuhan dalam dan lainnya.

"Misal, di daerah itu kan kedalaman lautnya dalam jadi bisa saja jadi pelabuhan yang dalam. Kami juga bicara soal 'spill over' (limpahan) dari Singapura kalau ada kapal yang tidak bisa diakomodasikan Singapura ya bisa ke situ," tuturnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…