KADIN Gelar Pameran Lukisan Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif Seni Rupa

Oleh : Ridwan | Senin, 06 Maret 2017 - 15:32 WIB

Museum Nasional (NurPhoto/Contributor/Getty Images)
Museum Nasional (NurPhoto/Contributor/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar Pameran Lukisan Karya Sidik W. Martowidjojo dengan tema "ILLUMINATE" (pencerahan) yang dilaksanakan 2-20 Maret 2017 di di Museum Nasional.

Hal ini dalam rangka mendorong pengembangan ekonomi kreatif untuk sektor seni rupa. Sektor seni rupa mempunyai potensi besar baik secara kualitas, kuantitas, pelaku kreatif, produktivitas hingga potensi pasarnya.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif, Erik Hidayat mengatakan saat ini Kadin tengah mendorong agar industri kreatif bisa lebih berkembang dan perlu mendapat perhatian lebih serius.

"seiring dengan bergaungnya sektor ekonomi kreatif di Indonesia, Seni rupa Indonesia sebenarnya memiliki jaringan yang lebih baik di luar negeri" ungkap Erik di Jakarta (6/3/2017).

Saat ini banyak potensi seni rupa Indonesia yang belum ditampilkan secara maksimal sehingga belum banyak dikenal di negeri sendiri. Seni rupa khususnya seni lukis selain dapat menjadi sumber devisa kebudayaan yang bernilai tinggi juga dapat mengangkat nama Indonesia ke mata dunia karena bidang ini memiliki standar penilaian internasional dan menjadi ukuran kemajuan peradaban budaya sebuah bangsa.

"Melihat peluang ini, kami berupaya secara aktif mendukung dan memfasilitasi insan kreatif Indonesia yang memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar. Ini yang akan mulai kami lakukan" terang Erik.

Langkah ini sinergis dengan arahan blue print Ekonomi Kreatif Indonesia yang memandang pentingnya kolaborasi diantara Cendekiawan (Intellectuals), Bisnis (Business), dan Pemerintah (Goverment) dalam upaya memajukan sektor ekonomi kreatif Indonesia.

Seperti diketahui, Sidik W. Martowidjojo adalah pelukis Indonesia yang karya-karyanya telah diakui secara internasional dan memenangkan 2 (dua) penghargaan gold dari dari Louvre Internationals Arts di Carrousel du Louvre, Paris.

Selain itu Sidik juga telah memenangkan berbagai penghargaan lain dari kompetisi lukisan berskala internasional termasuk dari National Art Museum of China (NAMoC), Beijing dan dinobatkan sebagai anggota peneliti (Research Fellow) pada Chinese Academy Of Art di Beijing, mulai 2007.

Disisi Lain Ketua Umum KADIN, Rosan P. Roeslani mengatakan, KADIN Indonesia optimis penyelenggaraan pameran ini juga dapat menjadi pintu gerbang diplomasi kebudayaan yang membuka mata dunia akan kekayaan potensi industri kreatif di Indonesia kata Rosan.

Dengan mengusung tema "PENCERAHAN", pameran ini akan menampilkan 80 buah karya lukisan Sidik yang memadukan gaya impresionisme, ekspresionisme dan abstrak dari barat dan timur sebagai wujud kolaborasi seni lukis dengan kaidah seni lukis barat dan seni kebudayaan Indonesia. Kurator pameran Jim Supangkat menyebutnya seni sebagai gejala universal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…