KADIN Gelar Pameran Lukisan Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif Seni Rupa

Oleh : Ridwan | Senin, 06 Maret 2017 - 15:32 WIB

Museum Nasional (NurPhoto/Contributor/Getty Images)
Museum Nasional (NurPhoto/Contributor/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar Pameran Lukisan Karya Sidik W. Martowidjojo dengan tema "ILLUMINATE" (pencerahan) yang dilaksanakan 2-20 Maret 2017 di di Museum Nasional.

Hal ini dalam rangka mendorong pengembangan ekonomi kreatif untuk sektor seni rupa. Sektor seni rupa mempunyai potensi besar baik secara kualitas, kuantitas, pelaku kreatif, produktivitas hingga potensi pasarnya.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif, Erik Hidayat mengatakan saat ini Kadin tengah mendorong agar industri kreatif bisa lebih berkembang dan perlu mendapat perhatian lebih serius.

"seiring dengan bergaungnya sektor ekonomi kreatif di Indonesia, Seni rupa Indonesia sebenarnya memiliki jaringan yang lebih baik di luar negeri" ungkap Erik di Jakarta (6/3/2017).

Saat ini banyak potensi seni rupa Indonesia yang belum ditampilkan secara maksimal sehingga belum banyak dikenal di negeri sendiri. Seni rupa khususnya seni lukis selain dapat menjadi sumber devisa kebudayaan yang bernilai tinggi juga dapat mengangkat nama Indonesia ke mata dunia karena bidang ini memiliki standar penilaian internasional dan menjadi ukuran kemajuan peradaban budaya sebuah bangsa.

"Melihat peluang ini, kami berupaya secara aktif mendukung dan memfasilitasi insan kreatif Indonesia yang memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar. Ini yang akan mulai kami lakukan" terang Erik.

Langkah ini sinergis dengan arahan blue print Ekonomi Kreatif Indonesia yang memandang pentingnya kolaborasi diantara Cendekiawan (Intellectuals), Bisnis (Business), dan Pemerintah (Goverment) dalam upaya memajukan sektor ekonomi kreatif Indonesia.

Seperti diketahui, Sidik W. Martowidjojo adalah pelukis Indonesia yang karya-karyanya telah diakui secara internasional dan memenangkan 2 (dua) penghargaan gold dari dari Louvre Internationals Arts di Carrousel du Louvre, Paris.

Selain itu Sidik juga telah memenangkan berbagai penghargaan lain dari kompetisi lukisan berskala internasional termasuk dari National Art Museum of China (NAMoC), Beijing dan dinobatkan sebagai anggota peneliti (Research Fellow) pada Chinese Academy Of Art di Beijing, mulai 2007.

Disisi Lain Ketua Umum KADIN, Rosan P. Roeslani mengatakan, KADIN Indonesia optimis penyelenggaraan pameran ini juga dapat menjadi pintu gerbang diplomasi kebudayaan yang membuka mata dunia akan kekayaan potensi industri kreatif di Indonesia kata Rosan.

Dengan mengusung tema "PENCERAHAN", pameran ini akan menampilkan 80 buah karya lukisan Sidik yang memadukan gaya impresionisme, ekspresionisme dan abstrak dari barat dan timur sebagai wujud kolaborasi seni lukis dengan kaidah seni lukis barat dan seni kebudayaan Indonesia. Kurator pameran Jim Supangkat menyebutnya seni sebagai gejala universal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 19:10 WIB

Menteri Airlangga: Peningkatan Investasi Dorong Tumbuhnya Populasi Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan investasi dapat mendorong pertumbuhan populasi industri.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…