Iwan Fals Jadi Penutup Gelaran Java Jazz Festival 2017

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 06 Maret 2017 - 13:10 WIB

Iwan fals di Java Jazz
Iwan fals di Java Jazz

INDUSTRY.co.id - Musisi legendaris Iwan fals menjadi sajian penutup gelaran Java Jazz festival 2017 yang berlangsung dari tanggal 3 maret hingga 5 Maret di Jakarta International Expo, Kemayoran. Dalam konsernya yang dilangsungkan di Panggung BNI, Iwan tampil dalam balitan musik yang lebih ngejazz atau di Jazz kan. Apalagi saat di tiga lagu terakhir ,  Bento, Hio  dan Kuda Lumping, Iwan fals berkolaborasi dengan Pemain Saxophone asal Amerika Kirk Whalum dan Pemain Trompet peraih Grammy Award asal Amerika Maurice Brown.

Iwan membuka konser dengan lagu  “Yang Terlupakan” yang dinyanyikan bersama ribuan penonton yang memadati area pangggung.  Sementara itu di panggung-panggung lain di area Jiexpo, juga tengah berlangsung pegelaran dengan musisi jazz asing maupun lokal.

“Ini pertama kali saya manggung di Java Jazz yang udah berlangsung 13 kali. Duh saya jadi baper,” kata Iwan dari atas panggung dan disambut tawa pengunjung.

Kepada Industry.co.id, beberapa saat sebelum manggung, Iwan mengaku senang bisa tampil di ajang seperti java jazz ini. “bagi saya jazz itu musik yang asik. Karena waktu kecil ketika saya mulai tertarik musik saya menyebut musik saya musik jas, jes jos, “ katanya.

Terhadap kolaborasi nya dengan Kirk Whalum dan Maurice Brown, Iwan mengaku mendapat pengalaman yang luar biasa. “Bahkan yang tadinya hanya mau kolaborasi 2 lagu jadi 3 lagu saking asiknya,” tambah Iwan.

Memang dalam pergelaran Iwan semalam, warna musik Iwan Flas tidak sepenuhnya hilang. Kehadiran Kirk dan Maurice memberi bobot lebih pada lagu, Bento, Hio dan Kuda Lumping. Bahkan pada lagu Kuda Lumping yang ritmis dan bernuansa tradisionil, Iwan Fals berhasil memaksa Kirk dan Maurice menampilkan seluruh kemampuan terbaiknya. 

Tak pelak lagi kolaborasi ini menjadi kolaborasi terbaik dalam gelaran java jazz festival 2017.

Peter F Gontha, selaku penggagas Java jazz, mengaku senang Iwan fals mau tampil di Java jazz kali ini. “Saya mau buktikan bahwa Jazz bisa menyentuh musisi siapa saja. Termasuk Iwan fals yang katanya musisi yang susah keluar dari warna musiknya,” kata Peter yang kini menjabat sebagai Duber RI di Polandia ini.

Di belakang panggung, Peter F Gontha sempat menyarankan Iwan Fals untuk membuat lirik lagu berbahasa Inggris agar bisa tampil lebih luas di panggung-panggung internasional. “ Minimal buat terjemahan atas lagu –lagu nya agar bisa menjangkau khalayak lebih luas,” saran Peter.

 Menanggapi saran itu Iwan fals mengatakan bahwa dirinya sudah pernah membuat terjemahan lagu berbahasa Inggris. “ Tapi hasilnya gak komunikatif. Jadi waktu manggung kayak orang nunggu di terjemahin baru nyanyi lagi. Moodnya jadi hilang,” kata iwan sambil tertawa.

Kembali ke pentas Iwan fals, sangat di sayangkan promosi tentang kehadiran Iwan Fals di java jazz agak sedikit di sembunyikan. Entah alasan takut serbuan penggemar Iwan fals, atau hal lain masih kurang jelas. Juga penampilan Iwan fals yang diletakkan di jam pertunjukan yang pukul 23.30 membuat banyak penonton pulang sebelum pertunjukan benar benar usai. (Amz)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki jumlah usaha mikro yang cukup banyak mencapai 53.431 unit. Omzet yang diperoleh usaha mikro tersebut hingga Rp1,79 triliun pada 2017 naik dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp1,56 triliun.

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:51 WIB

Kinerja Usaha Mikro Kabupaten Garut Capai Rp 1,79 triliun

Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki jumlah usaha mikro yang cukup banyak mencapai 53.431 unit. Omzet yang diperoleh usaha mikro tersebut hingga Rp1,79 triliun pada 2017 naik dari tahun sebelumnya…

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla (Foto Setkab)

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:21 WIB

Presiden Jokowi Tandatangani PP THR Pensiunan ASN

Presiden Joko Widodo menandatangani peraturan pemerintah tentang pemberian tunjangan hari raya kepada aparatur sipil negara, termasuk kepada para pensiunan ASN.

PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) (Foto Ist)

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:10 WIB

Rehat Tengah Hari, Saham-Saham Sektor Keuangan Topang IHSG ke Posisi 5.830

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup menguat 1,39% atau 79 poin ke posisi 5.830 di akhir sesi pertama perdagangan Rabu (23/05/2018) ini dibandingkan posisi pada…

Ilustrasi Blok Migas (Fotos Ist)

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:06 WIB

Kementerian ESDM Sebut Investasi Migas Mulai Meningkat

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan bahwa investasi di bidang migas mulai memperlihatkan hasil peningkatan setelah pemangkasan birokrasi

Ilustri Industri Farmasi

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:05 WIB

Industri Farmasi Terpukul Akibat Pelemahan Rupiah Terhadap Dolar AS

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebut industri farmasi paling terpukul akibat nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) menembus level Rp 14.200.