Iwan Fals Jadi Penutup Gelaran Java Jazz Festival 2017

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 06 Maret 2017 - 13:10 WIB

Iwan fals di Java Jazz
Iwan fals di Java Jazz

INDUSTRY.co.id - Musisi legendaris Iwan fals menjadi sajian penutup gelaran Java Jazz festival 2017 yang berlangsung dari tanggal 3 maret hingga 5 Maret di Jakarta International Expo, Kemayoran. Dalam konsernya yang dilangsungkan di Panggung BNI, Iwan tampil dalam balitan musik yang lebih ngejazz atau di Jazz kan. Apalagi saat di tiga lagu terakhir ,  Bento, Hio  dan Kuda Lumping, Iwan fals berkolaborasi dengan Pemain Saxophone asal Amerika Kirk Whalum dan Pemain Trompet peraih Grammy Award asal Amerika Maurice Brown.

Iwan membuka konser dengan lagu  “Yang Terlupakan” yang dinyanyikan bersama ribuan penonton yang memadati area pangggung.  Sementara itu di panggung-panggung lain di area Jiexpo, juga tengah berlangsung pegelaran dengan musisi jazz asing maupun lokal.

“Ini pertama kali saya manggung di Java Jazz yang udah berlangsung 13 kali. Duh saya jadi baper,” kata Iwan dari atas panggung dan disambut tawa pengunjung.

Kepada Industry.co.id, beberapa saat sebelum manggung, Iwan mengaku senang bisa tampil di ajang seperti java jazz ini. “bagi saya jazz itu musik yang asik. Karena waktu kecil ketika saya mulai tertarik musik saya menyebut musik saya musik jas, jes jos, “ katanya.

Terhadap kolaborasi nya dengan Kirk Whalum dan Maurice Brown, Iwan mengaku mendapat pengalaman yang luar biasa. “Bahkan yang tadinya hanya mau kolaborasi 2 lagu jadi 3 lagu saking asiknya,” tambah Iwan.

Memang dalam pergelaran Iwan semalam, warna musik Iwan Flas tidak sepenuhnya hilang. Kehadiran Kirk dan Maurice memberi bobot lebih pada lagu, Bento, Hio dan Kuda Lumping. Bahkan pada lagu Kuda Lumping yang ritmis dan bernuansa tradisionil, Iwan Fals berhasil memaksa Kirk dan Maurice menampilkan seluruh kemampuan terbaiknya. 

Tak pelak lagi kolaborasi ini menjadi kolaborasi terbaik dalam gelaran java jazz festival 2017.

Peter F Gontha, selaku penggagas Java jazz, mengaku senang Iwan fals mau tampil di Java jazz kali ini. “Saya mau buktikan bahwa Jazz bisa menyentuh musisi siapa saja. Termasuk Iwan fals yang katanya musisi yang susah keluar dari warna musiknya,” kata Peter yang kini menjabat sebagai Duber RI di Polandia ini.

Di belakang panggung, Peter F Gontha sempat menyarankan Iwan Fals untuk membuat lirik lagu berbahasa Inggris agar bisa tampil lebih luas di panggung-panggung internasional. “ Minimal buat terjemahan atas lagu –lagu nya agar bisa menjangkau khalayak lebih luas,” saran Peter.

 Menanggapi saran itu Iwan fals mengatakan bahwa dirinya sudah pernah membuat terjemahan lagu berbahasa Inggris. “ Tapi hasilnya gak komunikatif. Jadi waktu manggung kayak orang nunggu di terjemahin baru nyanyi lagi. Moodnya jadi hilang,” kata iwan sambil tertawa.

Kembali ke pentas Iwan fals, sangat di sayangkan promosi tentang kehadiran Iwan Fals di java jazz agak sedikit di sembunyikan. Entah alasan takut serbuan penggemar Iwan fals, atau hal lain masih kurang jelas. Juga penampilan Iwan fals yang diletakkan di jam pertunjukan yang pukul 23.30 membuat banyak penonton pulang sebelum pertunjukan benar benar usai. (Amz)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…