Pelatihan Kerajinan Tangan Senior, Dianne Ajak Masyarakat Lebih Mandiri

Oleh : Hariyanto | Jumat, 03 Maret 2017 - 17:18 WIB

Dianne Dhamayanthi saat memberikan pelatihan kerajinan tangan (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Dianne Dhamayanthi saat memberikan pelatihan kerajinan tangan (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id -  Cikarang, Jababeka melalui Senior Living D'Khayangan mengadakan pelatihan kerajinan yang dengan tema 'Pelatihan Kerajinan Tangan Senior' yang di adakan mulai tanggal 2 hingga tanggal 4 Maret bertempat di Senior Living D'Khayangan, Jababeka-Cikarang.

Acara tersebut di ikuti oleh berbagai kelompok masyarakat dan warga yang ada di sekitar hunian senior tersebut dan di latih langsung oleh Dianne Dhamayanthi selaku Advisor Jababeka dan juga Praktisi Pemberdayaan Masyarakat peraih penghargaan dari UNESCO.

Pada kesempatan tersebut diane mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan awal dan kedepanya mungkin akan berkelanjutan. Rencananya, kegiatan tersebut akan diadakan dua minggu sekali.

"Ini kan baru awal jadi mungkin ada kelanjutannya. Rencana dua Minggu sekali, siapa yang berminat kita akan latih sampai bener bener full bisa menghasilkan produksi yang berstandar internasional," tutur Dianne kepada INDUSTRY.co.id di sela pelatihan , Jumat (3/3/2017)

Dianne menambahkan, pelatihan ini bertujuan untuk memperdayakan warga sekitar umumnya para ibu .

"Daripada ngerumpi mendingan waktunya digunakan untuk sesuatu yang positif menghasilkan produk produksi sendiri ," ujarnya.

Rencananya, apabila pelatihan yang ia berikan kepada anak didiknya mendapatkan hasil  yang maksimal, ia berencana untuk membuat home industri dengan produk-produk dari bahan daur ulang tersebut.

"Kalau itu berhasil saya mau bikin itu home industri dengan produknya ini, karena kita sudah ada jalur untuk penjualan, nanti kita akan buka di online juga, mudah-mudahan bisa booming di online," tambahnya.

Produk produk hasil kerajinan tanganya sendiri sudah banyak merambah pasar luar negeri. Bahkan, pada hari pertama pelatihan Senior Living D'Khayangan kedatangan tamu dari Negara Belanda untuk melihat secara langsung pelatihan ketrampilan kerajinan tangan senior tersebut.

"Pas dilihat itu bahanya dari koran mereka langsung kaget dan sempat tak percaya kalau barang produksi tersebut ternyata terbuat dari koran bekas, disangkanya dari rotan atau dari bambu, ternyata setelah saya kasih tau ini lho bahan-bahannya, ini lho alat-alatnya, dan setelah tau begitu sederhananya mereka kagum" lanjut Dianne.

Pada pelatihan dihari kedua ini  Senior Living D'Khayangan juga kedatangan tamu dari PT Haruna Wisata Indonesia yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa tour Jepang - Indonesia dan Indonesia - Jepang.

Dianne sendiri memiliki dua lembaga yang merupakan lembaga formal dan lembaga nonformal yang disebut pusat kegiatan belajar masyarakat (pkbm) yang didalamnya ada paket a,b dan c. Selain itu ada juga pemberdayaan kecakapan hidup perempuan

"Karna kalau pemberdayaan, itu meningkatkan kapasitas otaknya untuk bekerja , untuk berpikir dan juga ada kemampuan skillnya. dengan dia punya ketrampilan yang kita ajarkan itu dia bisa mandiri," pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…