Tidak Adanya Bahan Fungsional Lokal Mengakibatkan Pelaku Industri Masih Andalkan Impor

Oleh : Hariyanto | Jumat, 03 Maret 2017 - 13:38 WIB

Head of Research Center, Susana (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Head of Research Center, Susana (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Indonesia masuk dalam 10 besar pasar global untuk kesehatan dan kebugaran. Hal tersebut mengakibatkan minat yang tinggi terhadap bahan pangan yang memiliki komposisi gizi baik dan juga fungsi fisiologis bermanfaat bagi tubuh, sehingga muncul tren pangan fungsional dan nutrasetikal.

Namun tidak adanya ketersediaan bahan Fungsional dan Nutrasetikal di indonesia mengakibatkan bahan bahan untuk industri tersebut harus mengandalkan impor.

Head of Nutrifood Research Center, Susana mengatakan Bahan fungsional sendiri memiliki banyak sekali jenisnya, di Indonesia sendiri lebih potensi bahan fungsional tradisional seperti dari ekstrak jahe kemudian kunyit dan lain sebagainya .

"Industri makanan minuman fungsional contohnya, menggunakan wey protein itu dari impor. kemudian seperti Stevia itu juga masih impor dan masih banyak lainya seperti omega tiga dan banyak ingredient fungsional lainya memang masih sebagian besarnya impor," ujar Susan kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Sementara, menurut Susana, Indonesia sendiri memiliki potensi yang paling banyak di ingredient fungsional yang basisnya dari tanaman tradisional.

"Harusnya kita bergerak bagaimana supaya potensi yang kita punya bisa di besarkan dan di dengar oleh dunia luar sehingga kita bisa memperbesar ekspor untuk bahan fungsional tradisional Indonesia ke luar," tambahnya.

Bahan fungsional tradisional indonesia, lanjut Susana, mungkin sangat besar tapi diluar mungkin masih terbatas orang yang tau tentang hal ini.

"Jadi mungkin menggiatkan penelitian penelitian terhadap bahan fungsional tradisional Indonesia mengenalkannya ke industri luar salah satunya melalui Health Ingredient South East Asia 2017 ini akan membantu untuk dunia luar itu tau bahwa Indonesia punya tradisional ingredient seperti ini yang punya sifat fungsional" pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tapai Ketan Kuliner Khas Kuningan (Foto:beritagar.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 19:00 WIB

Berkunjung ke Kuningan, Jangan Lupa Icip Empat Kulinernya yang Melegenda

Berbicara tentang Kabupaten Kuningan, Jawa Barat terkenal akan wisata alamnya yaitu berupa curug, Taman Wisata Gunung Gunung Ceremai, Curug Putri, Cadas Gantung. Selain itu, Kuningan juga banyak…

Kementerian Pariwisata mendukung kegiatan Touring Manaqib ke Pantai Santolo Kabupaten Garut Jawa Barat (Foto: Kemenpar)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 18:00 WIB

Mengenal Wisata Religi Lewat Touring Manaqib ke Pantai Santolo, Garut

Selain wisata budaya dan alam, Indonesia juga memiliki wisata religinya. Salah satunya yaitu Touring Manaqib yang berlangung pada hari ini, Sabtu (20/1/2018) dan Kementerian Pariwisata mendukung…

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 17:00 WIB

Oktober 2018 Mendatang, AirAsia Pastikan Buka Penerbangan dari Manado ke Malaysia

Bulan Oktober 2018 mendatang, maskapai penerbangan AirAsia memastika membuka rute penerbangan internasional dari Manado ke Malaysia.

Astra Otoparts Gandeng Pirelli Luncurkan Ban Sepeda Motor Underbone

Sabtu, 20 Januari 2018 - 16:05 WIB

Astra Otoparts Gandeng Pirelli Luncurkan Ban Sepeda Motor Underbone

PT Astra Otoparts Tbk (AUTO)melalui PT Evoluzione Tyres bekerja sama dengan Pirelli Tyre S.p.A menghadirkan Ban Diablo Rosso Corsa II yang dirancang khusus untuk sepeda motor underbone yang…

Taman Laut Tumbak, Manado, Sulawesi Utara (Foto:traviamgz.com)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 16:00 WIB

Sriwijaya Air Optimis Jumlah Penumpang ke Manado Meningkat di Tahun 2018

Dengan dipermudahkannya akses menuju ke berbagai destinasi wisata di Indonesia, Sriwijaya Air Group mengatakan bahwa tahun ini jumlah penumpang dari dan menuju Kota Manado Provinsi Sulawesi…