Tidak Adanya Bahan Fungsional Lokal Mengakibatkan Pelaku Industri Masih Andalkan Impor

Oleh : Hariyanto | Jumat, 03 Maret 2017 - 13:38 WIB

Head of Research Center, Susana (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Head of Research Center, Susana (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Indonesia masuk dalam 10 besar pasar global untuk kesehatan dan kebugaran. Hal tersebut mengakibatkan minat yang tinggi terhadap bahan pangan yang memiliki komposisi gizi baik dan juga fungsi fisiologis bermanfaat bagi tubuh, sehingga muncul tren pangan fungsional dan nutrasetikal.

Namun tidak adanya ketersediaan bahan Fungsional dan Nutrasetikal di indonesia mengakibatkan bahan bahan untuk industri tersebut harus mengandalkan impor.

Head of Nutrifood Research Center, Susana mengatakan Bahan fungsional sendiri memiliki banyak sekali jenisnya, di Indonesia sendiri lebih potensi bahan fungsional tradisional seperti dari ekstrak jahe kemudian kunyit dan lain sebagainya .

"Industri makanan minuman fungsional contohnya, menggunakan wey protein itu dari impor. kemudian seperti Stevia itu juga masih impor dan masih banyak lainya seperti omega tiga dan banyak ingredient fungsional lainya memang masih sebagian besarnya impor," ujar Susan kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Sementara, menurut Susana, Indonesia sendiri memiliki potensi yang paling banyak di ingredient fungsional yang basisnya dari tanaman tradisional.

"Harusnya kita bergerak bagaimana supaya potensi yang kita punya bisa di besarkan dan di dengar oleh dunia luar sehingga kita bisa memperbesar ekspor untuk bahan fungsional tradisional Indonesia ke luar," tambahnya.

Bahan fungsional tradisional indonesia, lanjut Susana, mungkin sangat besar tapi diluar mungkin masih terbatas orang yang tau tentang hal ini.

"Jadi mungkin menggiatkan penelitian penelitian terhadap bahan fungsional tradisional Indonesia mengenalkannya ke industri luar salah satunya melalui Health Ingredient South East Asia 2017 ini akan membantu untuk dunia luar itu tau bahwa Indonesia punya tradisional ingredient seperti ini yang punya sifat fungsional" pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

Dian Sastro dan Mikha Tambayong dalam jumpa pers Torch Relay Asian Games 2018. (Foto: Detik.com)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:30 WIB

Ini Deretan Seleb yang Jadi Pembawa Obor Torch Relay Asian Games 2018

Pagelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga se-Asia ini diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Ini menjadi momentum berharga…

Inneke Koesherawati, artis (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:14 WIB

KPK Segera Jelaskan Keterlibatan Inneke Koesherawati Saat OTT di Lapas Sukamiskin

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut mengamankan artis Inneke Koesherawati, istri terpidana perkara korupsi Fahmi Darmawansyah dalam kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) di Lapas Sukamiskin…