Tidak Adanya Bahan Fungsional Lokal Mengakibatkan Pelaku Industri Masih Andalkan Impor

Oleh : Hariyanto | Jumat, 03 Maret 2017 - 13:38 WIB

Head of Research Center, Susana (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Head of Research Center, Susana (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Indonesia masuk dalam 10 besar pasar global untuk kesehatan dan kebugaran. Hal tersebut mengakibatkan minat yang tinggi terhadap bahan pangan yang memiliki komposisi gizi baik dan juga fungsi fisiologis bermanfaat bagi tubuh, sehingga muncul tren pangan fungsional dan nutrasetikal.

Namun tidak adanya ketersediaan bahan Fungsional dan Nutrasetikal di indonesia mengakibatkan bahan bahan untuk industri tersebut harus mengandalkan impor.

Head of Nutrifood Research Center, Susana mengatakan Bahan fungsional sendiri memiliki banyak sekali jenisnya, di Indonesia sendiri lebih potensi bahan fungsional tradisional seperti dari ekstrak jahe kemudian kunyit dan lain sebagainya .

"Industri makanan minuman fungsional contohnya, menggunakan wey protein itu dari impor. kemudian seperti Stevia itu juga masih impor dan masih banyak lainya seperti omega tiga dan banyak ingredient fungsional lainya memang masih sebagian besarnya impor," ujar Susan kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Sementara, menurut Susana, Indonesia sendiri memiliki potensi yang paling banyak di ingredient fungsional yang basisnya dari tanaman tradisional.

"Harusnya kita bergerak bagaimana supaya potensi yang kita punya bisa di besarkan dan di dengar oleh dunia luar sehingga kita bisa memperbesar ekspor untuk bahan fungsional tradisional Indonesia ke luar," tambahnya.

Bahan fungsional tradisional indonesia, lanjut Susana, mungkin sangat besar tapi diluar mungkin masih terbatas orang yang tau tentang hal ini.

"Jadi mungkin menggiatkan penelitian penelitian terhadap bahan fungsional tradisional Indonesia mengenalkannya ke industri luar salah satunya melalui Health Ingredient South East Asia 2017 ini akan membantu untuk dunia luar itu tau bahwa Indonesia punya tradisional ingredient seperti ini yang punya sifat fungsional" pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BookMyShow Hadirkan Fitur Terbaru Pemesanan Karaoke (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 15:00 WIB

BookMyShow Hadirkan Fitur Terbaru Pemesanan Karaoke

Mendengarkan musik dan bernyanyi adalah rutinitas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Untuk mengakomodasi kebutuhan hiburan tersebut, BookMyShow hari ini memperkenalkan…

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:30 WIB

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

LOral Professionnel kembali majukan talenta hairdresser lokal terbaik untuk berkontribusi dalam perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 pada 20-26 Oktober 2018 mendatang.

Penggagas Program LUAS IndoRunners Holil Soekawan saat menyerahkan secara simbolis total Kilometer pelari kepada Ketua Pelaksana Harian Artha Graha Peduli Heka Hertanto (Foto: Herlambang/Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:25 WIB

AGP Ganti Setiap Kilometer Pelari IndoRunner Dalam Bentuk Bantuan untuk Korban Gempa Palu

Bentuk kepedulian bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya seperti yang dilakukan Artha Graha Peduli (AGP) yang bekerjasama dengan program LUAS (Lari Untuk Amal Sosial) IndoRunners.…

TAUZIA Hotels (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 13:40 WIB

TAUZIA Move Awards 2018, Penghargaan Diberikan Rayakan Para Karyawan - Kreativitas

Even perdana TAUZIA Move Awards - kompetisi tarian para karyawan dari jaringan hotel TAUZIA, baru saja digelar di Jumat 12 Oktober 2018 di hadapan seluruh General Managers, Hotel Managers maupun…

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga

Minggu, 21 Oktober 2018 - 11:35 WIB

Puspayoga Ajak Masyarakat Gunakan Alat Musik Lokal Kualitas Ekspor

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengajak masyarakat dan para pecinta musik untuk berbelanja alat musik buatan para produsen lokal di Ajang Smesco Music Expo 2018 yang digelar di Gedung Smesco…