Pekan Raya Sumatera Utara 2017, Targetkan 200-230 Ribu Pengunjung

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 03 Maret 2017 - 12:13 WIB

Pekan Raya Sumatera Utara 2017 (Foto:lampungpro)
Pekan Raya Sumatera Utara 2017 (Foto:lampungpro)

INDUSTRY.co.id, Medan - Tahun ini, Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2017 menargetkan mendapatkan kunjungan sekitar 200.000 - 230.000 orang saat kegiatan itu dilangsungkan di Medan mulai 17 Maret hingga 17 April menyusul sudah masuknya kegiatan tersebut sebagai kalender wisata nasional.

Melansir dari antara, "Untuk menarik minat pengunjung termasuk dari luar Sumut dan luar negeri, pengelola dan panitia PRSU sendiri memang tetap mempertahankan konsep PRSU itu sebagai miniatur Sumut yang memiliki banyak suku," kata Ketua Panitia PRSU, Nuzirwan Lubis di Medan, Kamis (2/3/2017).

Sebagai miniatur Sumut, maka di PRSU, 33 pemerintah kabupaten/kota akan tetap menggelar kesenian/kebudayaan serta memamerkan produk unggulan dan potensi daerahnya masing-masing.

Menurut Nuzirwan, konsep PRSU sebagai miniatur Sumut mengikuti anjuran Gubernur Sumut HT Erry Nuradi dimana peda tahun 2016, gubernur menegaskan bahwa di PRSU harus bisa menunjukkan potensi Sumut secara keseluruhan.

"Syukurnya konsep Gubernur Sumut itu yakni PRSU sebagai miniatur Sumut mendapat dukungan kuat dari pemerintah dimana antara lain Kementerian Pariwisata memasukkan kegiatan itu sebagai Kalender Wisata Nasional bersama dua kegiatan lainnya yakni Festival Danau Toba dan Ramadhan Fair," katanya.

Agar tetap dan semakin menarik perhatian masyarakat, penyelenggaraan PRSU yang digelar sebagai kegiatan regular terkait dengan peringatan hari jadi Provinsi Sumut, katanya, terus dievaluasi dan termasuk dengan pembenahan berbagai infrastruktur lainnya.

"PRSU memang harus menjadi kegiatan besar yang membanggakan karena PRSU merupakan satu dari dua Pekan Raya yang ada di Indonesia setelah Pekan Raya Indonesia," kata Nuzirwan.

Sofyan Sauri selaku Ketua Inspirasi Media Communication mengungkapkan, Kami optimistis target pengunjung itu tercapai karena PRSU 2017 juga menampilkan banyak acara dan kegiatan yang lebih menarik, Kami menargetkan sebantak 200-230 ribu orang, hal ini memang naik cukup besar dari realisasi 2016 yang 180 ribu.

Menurut data, kunjungan ke PRSU terbanyak atau 46 persen berasal komunitas dan keluarga, 27 persen entreprise user dan 21 persen regulator, katanya Sofyan

Pada PRSU 2017 akan menampilkan 12 artis papan atas dari ibukota sepetti Judika, Rizky Ridho. dan band ternama yakni Kotak. Sheila On 7 dan NAFF.

Dengan tema "prestige, reborn, spirit dan up to date", PRSU, PSRU akan menghadirkan konsep dan kemasan baru yang berbeda di PRSU 2017 itu antara lain dengan menghadirkan wahana atraktif lebih banyak seperti fantasi dunia terbalik. robotoc zone, menonton 8D dan adventured land.

"Adanya wisata kuliner khususnya dari bahan durian dan asal daerah dan kesenian/kebudayaan dari berbagai daerah dinilai juga menjadi daya tarik kuat untuk masyarakat mengunjungi PRSU," katanya.

Adapun hal lain yang berbeda di PRSU tahun 2017, ujar Sofyan Sauri adalah penjualan tiket dengan menggunakan kartu elektronik (e-card) diluat tiket manual atau kertas.

"Dengan penggunaan kartu elektronik, calon pengunjung juga lebih hemat karena per kartu dijual Rp130.000 yang bisa digunakan untuk selama satu bulan kegiatan untuk per orang," katanya.

Harga tiket manual sebesar Rp15.000 per orang untuk hari biasa dan Rp30.000 di akhir pekan.

Dia menjelaskan, selain pemkab dan pemkot se Sumut, stan di PRSU itu juga akan diisi perusahaan BUMD dan BUMN dan perusahaan swasta lainnya dan termasuk dari provinsi lain seperti Jawa Timur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…

Petani Padi (Ilustrasi)

Minggu, 18 November 2018 - 10:46 WIB

Agroekologi Bisa Jadi Solusi Pertanian Masa Depan

Agroekologi sesungguhnya memiliki kemampuan menghasilkan produksi pertanian lebih tinggi dibanding pola pertanian konvensional. Sayangnya, agroekologi masih belum mendapatkan perhatian dan dukungan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:34 WIB

KTT APEC akan Bahas Konektivitas Untuk Pertumbuhan Inklusif

Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018 hari kedua, Minggu (18/11/2018) di Port Moresby, Papua Nugini, antara lain akan membahas konektivitas untuk pertumbuhan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:29 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan Dewan Bisnis APEC

Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan Dewan Bisnis Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC Business Advisory Council (ABAC) di Port Moresby, Papua Nugini, Sabtu (17/11/2018).