Pekan Raya Sumatera Utara 2017, Targetkan 200-230 Ribu Pengunjung

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 03 Maret 2017 - 12:13 WIB

Pekan Raya Sumatera Utara 2017 (Foto:lampungpro)
Pekan Raya Sumatera Utara 2017 (Foto:lampungpro)

INDUSTRY.co.id, Medan - Tahun ini, Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2017 menargetkan mendapatkan kunjungan sekitar 200.000 - 230.000 orang saat kegiatan itu dilangsungkan di Medan mulai 17 Maret hingga 17 April menyusul sudah masuknya kegiatan tersebut sebagai kalender wisata nasional.

Melansir dari antara, "Untuk menarik minat pengunjung termasuk dari luar Sumut dan luar negeri, pengelola dan panitia PRSU sendiri memang tetap mempertahankan konsep PRSU itu sebagai miniatur Sumut yang memiliki banyak suku," kata Ketua Panitia PRSU, Nuzirwan Lubis di Medan, Kamis (2/3/2017).

Sebagai miniatur Sumut, maka di PRSU, 33 pemerintah kabupaten/kota akan tetap menggelar kesenian/kebudayaan serta memamerkan produk unggulan dan potensi daerahnya masing-masing.

Menurut Nuzirwan, konsep PRSU sebagai miniatur Sumut mengikuti anjuran Gubernur Sumut HT Erry Nuradi dimana peda tahun 2016, gubernur menegaskan bahwa di PRSU harus bisa menunjukkan potensi Sumut secara keseluruhan.

"Syukurnya konsep Gubernur Sumut itu yakni PRSU sebagai miniatur Sumut mendapat dukungan kuat dari pemerintah dimana antara lain Kementerian Pariwisata memasukkan kegiatan itu sebagai Kalender Wisata Nasional bersama dua kegiatan lainnya yakni Festival Danau Toba dan Ramadhan Fair," katanya.

Agar tetap dan semakin menarik perhatian masyarakat, penyelenggaraan PRSU yang digelar sebagai kegiatan regular terkait dengan peringatan hari jadi Provinsi Sumut, katanya, terus dievaluasi dan termasuk dengan pembenahan berbagai infrastruktur lainnya.

"PRSU memang harus menjadi kegiatan besar yang membanggakan karena PRSU merupakan satu dari dua Pekan Raya yang ada di Indonesia setelah Pekan Raya Indonesia," kata Nuzirwan.

Sofyan Sauri selaku Ketua Inspirasi Media Communication mengungkapkan, Kami optimistis target pengunjung itu tercapai karena PRSU 2017 juga menampilkan banyak acara dan kegiatan yang lebih menarik, Kami menargetkan sebantak 200-230 ribu orang, hal ini memang naik cukup besar dari realisasi 2016 yang 180 ribu.

Menurut data, kunjungan ke PRSU terbanyak atau 46 persen berasal komunitas dan keluarga, 27 persen entreprise user dan 21 persen regulator, katanya Sofyan

Pada PRSU 2017 akan menampilkan 12 artis papan atas dari ibukota sepetti Judika, Rizky Ridho. dan band ternama yakni Kotak. Sheila On 7 dan NAFF.

Dengan tema "prestige, reborn, spirit dan up to date", PRSU, PSRU akan menghadirkan konsep dan kemasan baru yang berbeda di PRSU 2017 itu antara lain dengan menghadirkan wahana atraktif lebih banyak seperti fantasi dunia terbalik. robotoc zone, menonton 8D dan adventured land.

"Adanya wisata kuliner khususnya dari bahan durian dan asal daerah dan kesenian/kebudayaan dari berbagai daerah dinilai juga menjadi daya tarik kuat untuk masyarakat mengunjungi PRSU," katanya.

Adapun hal lain yang berbeda di PRSU tahun 2017, ujar Sofyan Sauri adalah penjualan tiket dengan menggunakan kartu elektronik (e-card) diluat tiket manual atau kertas.

"Dengan penggunaan kartu elektronik, calon pengunjung juga lebih hemat karena per kartu dijual Rp130.000 yang bisa digunakan untuk selama satu bulan kegiatan untuk per orang," katanya.

Harga tiket manual sebesar Rp15.000 per orang untuk hari biasa dan Rp30.000 di akhir pekan.

Dia menjelaskan, selain pemkab dan pemkot se Sumut, stan di PRSU itu juga akan diisi perusahaan BUMD dan BUMN dan perusahaan swasta lainnya dan termasuk dari provinsi lain seperti Jawa Timur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…