Pekan Raya Sumatera Utara 2017, Targetkan 200-230 Ribu Pengunjung

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 03 Maret 2017 - 12:13 WIB

Pekan Raya Sumatera Utara 2017 (Foto:lampungpro)
Pekan Raya Sumatera Utara 2017 (Foto:lampungpro)

INDUSTRY.co.id, Medan - Tahun ini, Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2017 menargetkan mendapatkan kunjungan sekitar 200.000 - 230.000 orang saat kegiatan itu dilangsungkan di Medan mulai 17 Maret hingga 17 April menyusul sudah masuknya kegiatan tersebut sebagai kalender wisata nasional.

Melansir dari antara, "Untuk menarik minat pengunjung termasuk dari luar Sumut dan luar negeri, pengelola dan panitia PRSU sendiri memang tetap mempertahankan konsep PRSU itu sebagai miniatur Sumut yang memiliki banyak suku," kata Ketua Panitia PRSU, Nuzirwan Lubis di Medan, Kamis (2/3/2017).

Sebagai miniatur Sumut, maka di PRSU, 33 pemerintah kabupaten/kota akan tetap menggelar kesenian/kebudayaan serta memamerkan produk unggulan dan potensi daerahnya masing-masing.

Menurut Nuzirwan, konsep PRSU sebagai miniatur Sumut mengikuti anjuran Gubernur Sumut HT Erry Nuradi dimana peda tahun 2016, gubernur menegaskan bahwa di PRSU harus bisa menunjukkan potensi Sumut secara keseluruhan.

"Syukurnya konsep Gubernur Sumut itu yakni PRSU sebagai miniatur Sumut mendapat dukungan kuat dari pemerintah dimana antara lain Kementerian Pariwisata memasukkan kegiatan itu sebagai Kalender Wisata Nasional bersama dua kegiatan lainnya yakni Festival Danau Toba dan Ramadhan Fair," katanya.

Agar tetap dan semakin menarik perhatian masyarakat, penyelenggaraan PRSU yang digelar sebagai kegiatan regular terkait dengan peringatan hari jadi Provinsi Sumut, katanya, terus dievaluasi dan termasuk dengan pembenahan berbagai infrastruktur lainnya.

"PRSU memang harus menjadi kegiatan besar yang membanggakan karena PRSU merupakan satu dari dua Pekan Raya yang ada di Indonesia setelah Pekan Raya Indonesia," kata Nuzirwan.

Sofyan Sauri selaku Ketua Inspirasi Media Communication mengungkapkan, Kami optimistis target pengunjung itu tercapai karena PRSU 2017 juga menampilkan banyak acara dan kegiatan yang lebih menarik, Kami menargetkan sebantak 200-230 ribu orang, hal ini memang naik cukup besar dari realisasi 2016 yang 180 ribu.

Menurut data, kunjungan ke PRSU terbanyak atau 46 persen berasal komunitas dan keluarga, 27 persen entreprise user dan 21 persen regulator, katanya Sofyan

Pada PRSU 2017 akan menampilkan 12 artis papan atas dari ibukota sepetti Judika, Rizky Ridho. dan band ternama yakni Kotak. Sheila On 7 dan NAFF.

Dengan tema "prestige, reborn, spirit dan up to date", PRSU, PSRU akan menghadirkan konsep dan kemasan baru yang berbeda di PRSU 2017 itu antara lain dengan menghadirkan wahana atraktif lebih banyak seperti fantasi dunia terbalik. robotoc zone, menonton 8D dan adventured land.

"Adanya wisata kuliner khususnya dari bahan durian dan asal daerah dan kesenian/kebudayaan dari berbagai daerah dinilai juga menjadi daya tarik kuat untuk masyarakat mengunjungi PRSU," katanya.

Adapun hal lain yang berbeda di PRSU tahun 2017, ujar Sofyan Sauri adalah penjualan tiket dengan menggunakan kartu elektronik (e-card) diluat tiket manual atau kertas.

"Dengan penggunaan kartu elektronik, calon pengunjung juga lebih hemat karena per kartu dijual Rp130.000 yang bisa digunakan untuk selama satu bulan kegiatan untuk per orang," katanya.

Harga tiket manual sebesar Rp15.000 per orang untuk hari biasa dan Rp30.000 di akhir pekan.

Dia menjelaskan, selain pemkab dan pemkot se Sumut, stan di PRSU itu juga akan diisi perusahaan BUMD dan BUMN dan perusahaan swasta lainnya dan termasuk dari provinsi lain seperti Jawa Timur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:50 WIB

Dirjen Cipta Karya: Rehabilitasi dan Rekonstruksi Tuntas Dalam Satu Hingga Dua Tahun

Teknologi Risha menggunakan sistem modular sehingga mudah dipasang dan lebih cepat penyelesaiannya dibandingkan konstruksi rumah konvensional.

PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) (Ist)

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:30 WIB

Anak Perusahaan RNI Luncurkan Program Kemitraan Tebu Desa Penyangga

Anak Perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang bergerak dalam sektor agroindustri, PT PG Rajawali II meluncurkan Program Kemitraan Tebu Desa Penyangga dengan Pabrik Gula (PG)…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:30 WIB

Menteri Airlangga: APBN 2019 Akan Difokuskan pada Pembangunan SDM

Pemerintah telah menetapkan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019 akan difokuskan pada pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:25 WIB

Rehabilitasi Fasilitas Publik dan Rumah Tahan Gempa di Lombok Diintensifkan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya untuk merehabilitasi fasilitas publik dan rumah dalam rangka percepatan pemulihan kehidupan sosial-ekonomi masyarakat pasca…

Ditjen Cipta Karya tandatangani kontrak dengan para penyedia jasa untuk pelaksanaan konstruksi

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:10 WIB

Tiga Infrastruktur Ini Ditergetkan Rampung Akhir 2019, Ini Masing-masing Anggaranya

Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya tandatangani kontrak dengan para penyedia jasa untuk pelaksanaan konstruksi Stadion Manahan Kota Surakarta, Pasar Atas Kota Bukittinggi, dan Pasar…