Marcella Zalianty Gelar Pameran Lukisan Karya Sidik Martowidjojo Di Museum Nasional

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 03 Maret 2017 - 09:53 WIB

Marcella Zalianty
Marcella Zalianty

INDUSTRY.co.id - Pelukis Indonesia yang sudah mengantungi beberapa penghargaan Internasional, Sidik W. Martowidjojo, memamerkan 80 karya lukisnya di Museum Nasional Jakarta, hingga tanggal 20 Maret mendatang. Pameran dibuka semalam oleh Atmadji Sumarkidjo  staf khusus Menko Maritim Luhut B Pandjaitan. Pameran tunggal itu digelar oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.  

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan, pameran tersebut merupakan wujud dukungan Kadin terhadap pelaku industri kreatif di Tanah Air.  Ia menjelaskan, ekonomi kreatif merupakan salah satu industri unggulan di Indonesia yang diyakini dapat memberikan kontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Rosan menyebut, di antara beragam produk industri kreatif di Tanah Air, seni rupa dan seni lukis merupakan salah satu yang cukup potensial. "Oleh karena itu Kadin Indonesia sebagai sebuah organisasi yang menjadi payung bagi dunia usaha merasa berkewajiban untuk mendukung secara penuh perkembangan dan kemajuan di bidang seni rupa dan seni lukis," ujar Rosan.


Untuk menunjukkan dukungan tersebut, maka Kadin akan menyelenggarakan pameran tunggal yang menampilkan karya pelukis Indonesia. Rosan melanjutkan, ekonomi kreatif di Indonesia sulit berkembang jika tidak adanya peran sinergis dari tiga pihak, yakni cendikiawan, bisnis dan pemerintah.

Ketua Pokja Kadin bidang Perfilman dan Budaya, Marcella Zalianty, menyebut saat ini dunia tengah memusatkan perhatiannya pada seni rupa di Asia Tenggara. Seni rupa di Indonesia, menurut dia, sudah jauh melangkah di depan karena telah mampu menembus pameran-pameran berskala internasional. Karenanya, Marcella yakin 160 pelaku kreatif seni rupa yang ada di Indonesia memiliki kemampuan untuk mendorong perekonomian nasional lewat ekonomi kreatif.

“Sesudah karya Sidik, Kadin juga berencana akan menyelenggarakan pameran karya-karya pelukis lainnya yang memiliki prestasi Internasional. Ini untuk memacu pelukis –pelukis muda agar memiliki karya sebaik pelukis yang kami dukung,” ujar ketua umum Parfi 1956 ini.

Pameran yang akan digelar Kadin akan mengangkat tema "Illuminate" dengan  menampilkan 80 karya maestro lukis Indonesia, Sidik W. Martowidjojo. Sidik sendiri sebelumnya sudah kerap kali mengikuti pameran lukis, baik di skala nasional maupun internasional. Ia merupakan pelukis Indonesia pertama yang meraih dua penghargaan emas dari Louvre International Art, Prancis. Ia juga pernah menerima penghargaan dari National Art Museum of China.

Jim Supangkat, selaku kurator pameran mengatakan pameran tersebut berusaha menggali seni sebagai gejala universal. “Karya-karya Sidik banyak yang bertumpu pada bingkai seni lukis Cina namun pada perkembangannya menyerap kaidah-kaidah seni lukis Barat dan seni budaya lokal Indonesia” kata Jim (Amz)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…