Tahun Ini Telkomsigma Bidik Pendapatan Rp 4 Triliun

Oleh : Herry Barus | Jumat, 03 Maret 2017 - 04:45 WIB

Data Center Telkom Sigma-(foto Dok TelkomSigma)
Data Center Telkom Sigma-(foto Dok TelkomSigma)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Telkomsigma, anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) di bidang jasa solusi teknologi informasi pengembang perangkat lunak data center, menargetkan pendapatan selama 2017 sebesar Rp4 triliun, tumbuh 17,65 persen dibanding realisasi pendapatan 2016 sebesar Rp3,4 triliun.

"Pertumbuhan pendapatan TelkomSigma pada tahun ini (2017) didorong kenaikan bisnis pada layanan sistem integrasi, data center dan managed services," kata Direktur Utama Telkomsigma Junaidi Achmad, pada 'sharing sesion business update' Telkomsigma, di Jakarta, Kamis (2/3/3017).

Ia menjelaskan, pada tahun 2017 ketiga segmen bisnis tersebut diproyeksikan mengalami kenaikan usaha sekitar 20 persen.

"Tahun lalu (2016) kita berhasil 'monetizing' seluruh investasi yang dimiliki menjadi mesin pertumbuhan pendapatan perusahaan," katanya.

Ia menjelaskan, selama 2017 kontribusi layanan sistem integrasi menyumbang sekitar 50 persen dari total pendapatan perseroan, disusul ayanan data center (30 persen), dan Managed Service (20 persen).

Bersamaan dengan itu, layanan Big Data Telkomsigma juga mengalami pertumbuhan pendapatan dua kali lipat di anak usaha Telkom ini.

"Tahun lalu kami mengakuisisi data center milik MNDG seluas 2.500 meter persegi. Total di 2016 kita miliki kapasitas data center 120.000 meter persegi," ujarnya.

Berbagai inisiatif strategis yang dilakukan tahun 2016 sebagai transformasi Telkom Group menjadi The King of Digital, salah satunya dengan mengakuisisi Pointer sebagai channel untuk menjual Indonesia ke mancanegara.

Telkomsigma juga meluncurkan Indonesia Tourism Exchange atau ITX yang merupakan platform digital marketplace tourism yang mempertemukan penyedia produk wisata (supplier) dan pemasar (distributor) sehingga masing-masing pihak dapat mengelola inventori secara real time, berinteraksi, dan memasarkan produk secara online.

Gencarnya pembangunan di industri transportasi oleh pemerintah dari segi infrastruktur, merupakan peluang Telkomsigma untuk dapat mendukungnya dengan infrastruktur IT dan aplikasi yang dirancang khusus untuk industri transportasi.

Seperti dilansir Antara, pada sektor transportasi Telkomsigma menggarap infrastruktur teknologi informasi (IT) di sejumlah perusahaan seperti Pelindo, BUMN Perkebunan, BUMN Infrastruktur, KCJ Commuter, tol laut dan lainnya.

Di bidang perbankan, Telkomsigma mendukung pengembangan pangsa pasar segmen UKM dengan menyediakan layanan solusi banking untuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sejak tahun 2009.

"Kami yakin dengan pemikiran strategis yaitu pemikiran mega (komparatif), makro (kompetitif), dan mikro (kooperatif), tantangan-tantangan di tahun 2017 dapat dihadapi dengan terus membawa perusahaan ke arah Bigger, Broader dan Better," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…